BATAK CENTER: Gelar Perayaan Syukuran Satu Tahun dan Peluncuran Website

JAKARTA, DNT News – BATAK CENTER merayakan hari ulang tahun pertama yang dihadiri ratusan orang aktivisnya terdiri dari unsur pendiri, penasihat, pengawas, pengurus, dan intelectual think tank beserta undangan lainnya. Perayaan itu ditandai dengan peniupan dan pemotongan kue ulang tahun sambil menyanyikan selamat ulang tahun.

Perayaan syukuran satu tahun BATAK CENTER yang dipandu MC Benyamin Sinaga dan Freddy Pandiangan itu digelar, Minggu 18 Agustus 2019, di rumah Kelurga St Dr Pontas Sinaga/br Sinambela (Ompu Reiner) Wakil Ketua Umum BATAK CENTER, Kawasan Cilangkap, Jakarta Timur. Perayaan ini diisi dengan jamuan kasih berupa makan siang bersama.

Seremoni perayaan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dengan dirigen Lesteria Siahaan. Mengheningkan cipta dipimpin Drs Jerry R Sirait (Sekretaris Jenderal BATAK CENTER) untuk mengenang para pahlawan serta mengenang dua orang pendiri BATAK CENTER yaitu almarhum Toni Panggabean dan Dr Cosmas Batubara.

St Dr Pontas Sinaga sebagai tuan rumah (bolakan amak) dalam sambutannya menyampaikan rasa sukacita dengan semangat dimana perayaan itu disambut sangat antusias yang terlihat dari banyaknya undangan yang hadir. Selanjutnya perkenalan seluruh fungsionaris BATAK CENTER dengan pembacaan nama-nama yang telah ditetapkan dalam surat “Berita Acara Rapat Tim Formatur Mengenai Personalia Kepengurusan BATAK CENTER Periode 2019-2024. Acara pun berlanjut dengan pemberian kata sambutan.

Ketua Umum Ir Sintong M Tampubolon (ketiga kanan) bersama fungsionaris lainnya memotong kue hari ulang tahun satu tahun BATAK CENTER
St Dr Pontas Sinaga dan Ibu sebagai tuan rumah memberikan sambutan dengan menyampaikan rasa sukacita dengan banyaknya undangan yang hadir
Ketua Umum FK-Par Balige Ir Parlin Sianipar MT menyampaikan testimoni kondisi dan keprihatian di daerah Toba pada perayaan satu tahun BATAK CENTER
Ketua Umum Ir Sintong M Tampubolon didampingi Sekretaris Jenderal Drs Jerry R Sirait meresmikan peluncuran website BATAK CENTER

Ketua Umum Dewan Mangaraja LABB Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu menyampaikan bahwa tata kelola adat Batak saat ini tidak efisien dan efektif. Seolah-olah pertunjukan bagi yang punya kemampuan ekonomi sehingga tergantung kesesuaian dan keinginan yang punya acara. “Kita berharap agar BATAK CENTER dapat memperhatikan hal-hal yang perlu dibenahi dalam adat Batak semacam itu. Terima kasih atas masukan hasil diskusi BATAK CENTER tentang tata kelola adat di lingkungan Batak Raya,” katanya.

Ketua Umum YPDT Drs Maruap Siahaan MBA mewakili lembaga penggagas memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada BATAK CENTER. Ia berharap agar BATAK CENTER bisa berjalan dengan baik dalam menjalankan visi dan misi serta belajar dari kegagalan organisasi habatakon lainnya. “Jangan melakukan pekerjaan yang tidak kelihatan wujud karya nyatanya padahal sudah mengeluarkan tenaga, pikiran, dan material cukup besar,” imbuhnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 148/September 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 148/September 2019

Sementara Ketua Umum Forum Komunikasi Pa-Balige (FK-Par Balige) Ir Parlin Sianipar MT dalam testimoni menyampaikan kondisi dan keprihatian di daerah Toba saat ini. Dikatakannya, telah terjadi penggerusan nilai habatakon antara lain kemerosotan moral dalam hubungan berkeluarga serta pola pikir kebodohan dengan ketidakmampuan mengangkat harkat keluar dari kemiskinan. “Kita berharap agar BATAK CENTER touch down dengan turun langsung ke bona pasogit untuk melihat, membahas, dan membantu pemberdayaan masyarakat. BATAK CENTER dapat melakukan aksi kegiatan di Balige dan kita siap menjamu sebagai tuan rumah,” katanya.

Drs H Ramses Hutagalung MM sebagai tokoh masyarakat Tapanuli Tengah di Jakarta dan juga pengurus Presidium Permas Sumut-Tapteng mengharapkan agar BATAK CENTER mengkaji tentang kekerabatan puak-puak di lingkungan Batak Raya mulai dari Alas Gayo sampai ke Pasaman karena ada kesamaan nilai-nilai Batak. “Perbedaan dalam adat, budaya, sosial, dan agama bukan memisahkan suku Batak namun seharusnya memperkuat identitas habatakon. Kita berharap BATAK CENTER menjadi penguat identitas budaya Batak,” ujarnya.


Ketua Dewan Pembina Nasional BATAK CENTER, Laksamana (Purn) Ir Drs Bonar L Simangunsong MSc menyampaikan selamat ulang tahun kepada BATAK CENTER dan berharap agar nilai habatakon terus digali sehingga bisa menjadi warisan budaya bagi generasi berikutnya. “Kita mengajak agar BATAK CENTER memulai kegiatan dengan menggunakan baju motif Batak. Serta dibuatkan website atau link dengan website kota/kabupaten kawasan Batak Raya untuk menjadi cikal bakal cyber kampung,” ucapnya.

Pada kesempatan itu dilakukan peluncuran Website BATAK CENTER. Ir Mardi FN Sinaga MBA sebagai Ketua Depertemen Teknologi, Informasi dan Inovasi mengatakan bahwa IT BATAK CENTER adalah milik semua komponen BATAK CENTER dan mengajak untuk bersama-sama turut mengembangkan website tersebut. Peluncuran website itu diresmikan Ir Sintong M Tampubolon selaku Ketua Umum BATAK CENTER dengan homepage WWW.BATAKCENTER.OR.ID. (BK)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel