Budi P. Sinambela, B.B.A.: Menyatukan Cara Pandang untuk Melaksanakan Nilai Habatahon dengan Efisien, Efektif, dan Ekonomis Terutama Dalam Pelaksanaan Adat

JAKARTA, DNT News – Lokus Adat Budaya Batak terbentuk atas kerinduan dan keinginan dari perkumpulan marga, perkumpulan marga-marga, dan organisasi sosial budaya Batak. Sejak dideklarasikan tanggal 05 Desember 2018 lalu banyak yang sudah kami lakukan, walau dalam kenyataannya belum terlihat hasil yang signifikan.

Hal inilah dikatakan Ketua Umum DPP Lokus Adat Budaya Batak (LABB) Budi P Sinambela BBA dalam sambutannya pada “Pra Horja Bolon LABB 2019” yang merupakan Sidang Tahunan Dewan Mangaraja LABB bertajuk “Girgir Holong Masihaholongan Dohot Harentaon” yang digelar Kamis 05 Desember 2019, di Auditorium Universitas Mpu Tantular, Jln Cipinang Besar No 2, Jakarta Timur.

“Ternyata tidak mudah untuk melaksanakan program habatahon yang sudah ditetapkan melalui Gurat-gurat Bolon LABB (Garis-garis besar kebijakan atau program) sesuai dengan Visi LABB yaitu mewujudkan bangso Batak yang bersatu, beriman, cerdas, sejahtera, beradat, beradab, beridentitas dalam rangka memperkukuh kebangsaan dan kesatuan NKRI,” katanya.

Disampaikannya, untuk mewujudkan Visi itu maka LABB telah menetapkan Misi. Pertama, melindungi segenap bangso Batak dan tanah ulayatnya. Kedua, mencerdaskan kehidupan bangso Batak. Ketiga, mengupayakan kesejahteraan bangso Batak. Keempat, mengembangkan, memanfaatkan, membina kebudayaan dan cagar budaya bangso Batak.

Ketua Umum DPP LABB Budi P Sinambela BBA (kanan) bersama Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu, Pdt Midian KH Sirait MTh, Marsda TNI (Purn) JFP Sitompul, dan Dr Pontas Sinaga MSc
Ketua Umum DPP LABB Budi P Sinambela BBA (berdiri keempat kanan) bersama Sekjen Ir Santiamer Silalahi (kedua kanan), dan para pengurus lainnya
Ketua Umum DPP LABB Budi P Sinambela BBA (ketiga kiri) bersama para pengurus DPP LABB dan DM LABB

Selanjutnya Kelima, menghadirkan ruhut-ruhut atau pedoman praktis adat-istiadat yang efektif dan efisien serta Patik Uhum habatahon bangso Batak. Keenam, mengembangkan dan melestarikan seni budaya bangso Batak. Ketujuh, melaksanakan ketertiban umum berdasarkan etika adat Dalihan Na Tolu, etika agama sesuai dengan ajaran masing-masing, dan etika kasih bangsa.

Budi P Sinambela BBA yang juga merupakan Ketua Yayasan Budi Murni Jakarta ini mengakui bahwa untuk menjalankan Misi tersebut harus berpedoman pada warisan nilai-nilai Habatahon yakni manat mardongan tubu (mawas diri terhadap sesama satu marga), somba marhula-hula (hormat dan santun terhadap hula-hula), dan elek marboru (pandai mengambil hati saudara perempuan).

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 151/Desember 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 151/Desember 2019

Pada kesempatan berbahagia Pra Horja Bolon LABB 2019 ini, pihaknya mengajak semua menyatukan cara pandang untuk melaksanakan nilai-nilai habatahon dengan efisien, efektif, dan ekonomis terutama dalam pelaksanaan adat.

“Untuk itulah, dalam menindaklanjuti salah satu program jangka pendek maka kami dari DPP LABB telah membuat suatu buku Ruhut-Ruhut Paradaton yang tujuannya untuk menyatukan konsep setiap marga dalam melaksanakan paradaton,” ujarnya.


Dia juga berharap agar buku tersebut dapat diimplementasikan di setiap perkumpulan marga serta mengharapkan masukan untuk penyempurnaannya.

“Kami memohon agar seluruh hadirin dapat mensosialisasikan Pra Horja Bolon LABB 2019 ini sebagai suatu tahap awal untuk melaksanakan Horja Bolon di kemudian hari. Selamat hari Natal dan Selamat Menyambut Tahun Baru 2020,” pungkasnya. (YAN)

Komentar (1)

One Comment on “Budi P. Sinambela, B.B.A.: Menyatukan Cara Pandang untuk Melaksanakan Nilai Habatahon dengan Efisien, Efektif, dan Ekonomis Terutama Dalam Pelaksanaan Adat”

  1. Untuk kita dan generasi yang akan datang,agar tetap bersama sama ,menjaga ,dan melestarikan Budaya ,serta seluruh yang berhubungan dengan habatahon,baik bumi ,asal muasalnya ( ulayat) tanah nya,,agar jangan sampai terkikis waktu dan tergilas zaman.CERDAS dan Teliti,menanggap setiap masalah, BIJAK,mengambil dan membuat kesepakatan untuk Kedamaianbersama,TEGAS, Membuat KEPUTUSAN, untuk KEADILAN bersama.Mohon maaf bila ada kekurangan atas tautan saya, mungkin dapat disempurnakan lagi oleh setiap dongan BANGSO ki.Mauliate.GBU, LABB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (1)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel