Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Bangun Sambungan Rumah Air Bersih untuk Kecamatan Tarutung, Sipoholon, dan Siatas Barita Senilai Kurang Lebih 70 Milyar

TARUTUNG, DNT News – Paparan ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi saya, karena masalah air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat sampai sekarang belum terpenuhi. Bahkan sempat saya akan mengalihkan pembangunan satu tahun APBD agar dianggarkan pada pembangunan air bersih. Ternyata Tuhan mendengar doa masyarakat Tapanuli Utara.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi didampingi Indra Sahat Simaremare (Sekretaris Daerah), Osmar Silalahi (Asisten II), dan Lamtagon Manalu (Direktur PDAM Mual Natio) ketika digelar ekspose tentang rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tarutung dan sekitarnya dari sumber air baku Aek Butar, Senin 27 Juli 2020, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Tarutung.

“Saya bahagia. Tuhan telah menjawab doa kami. Kami ibarat ‘Mauas di Toru Ni Sampuran’ selama ini,” katanya.

Rencana tersebut dipaparkan oleh pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II tentang rencana akan membangun intake, reservoir, dan pipa transmisi. Pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPWS) akan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan jaringan distribusi utama. Pada kesempatan itu, pihak konsultan juga menyampaikan paparannya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 157/Agustus 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 157/Agustus 2020

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa kehadiran para peserta membawa kegembiraan bagi pihaknya yang tiap hari banyak menerima keluhan air bersih dari masyarakat. “Terima kasih bapak ibu. Kami akan fasilitasi apa yang dibutuhkan dari Pemkab Taput. Doa kita bersama dalam waktu dekat segera terealisasi,” ujar Bupati mengakhiri.

Pembangunan IPA 2 (dua) unit dan reservoir 2 (dua) unit untuk kebutuhan air bersih bagi tiga kecamatan yakni Tarutung, Sipoholon, dan Siatas Barita diperkirakan akan menelan biaya kurang lebih 70 milyar dari dana APBN Dirjen Sumber Daya Air dan Dirjen Cipta Karya.

Tim BWSS II yang hadir pada kesempatan itu yakni Maman Nopriyaman (Kepala), Mayjen Telaumbanua (Kasi Perencanaan), Herbert Sihite (Kasi Pelaksana), Hastiono (PPK Fisik). Sementara Tim dari BPPWS yakni Marlina R Sihombing (Kasi Perencanaan), Hizkia pasaribu (PPK Fisik), dan konsultan perencana. (MAR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel