Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Berikan Bantuan 154.500 Kg Bibit Jagung kepada 477 Poktan

TARUTUNG, DNT News – Pertanian sebagai garda terdepan ketahanan pangan harus mampu improvisasi dan kreatifitas. Seluruh petugas pertanian harus banyak inovasi dan bergerak ke bawah agar para petani kita semakin giat berupaya. Dalam masa wabah Corona saat ini, kita harus persiapkan ketahanan pangan dan ternak.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi dalam arahannya ketika menyerahkan bantuan benih bibit jagung 154.500 kg dan penanaman perdana, Selasa 19 Mei 2020, di Desa Hutaraja, Sipoholon.

“Apa yang bisa kita kerjakan pada area kita, harus kita upayakan demi penyediaan terutama yang terkait dengan sembilan bahan pokok. Semangat seluruh komponen sudah ada dan harus disikapi dengan perencanaan pertanian yang baik untuk pengembangan pertanian. PPL semakin kerja keras agar peningkatan semakin signifikan. Kelompok Tani juga harus turut beternak,” katanya.

Pada penyerahan tersebut, Bupati didampingi SEY Pasaribu (Kepala Dinas Pertanian) dan beberapa pimpinan OPD, Perusda Pertanian, para pemerhati pertanian, serta Ratna Gultom (Kepala UPTD Balai Benih Padi Gabe Hutaraja). Bantuan itu diserahkan kepada 477 kelompok tani (Poktan) secara simbolis melalui perwakilan dari 11 kecamatan.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 477 kelompok tani dari 11 kecamatan
Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi melakukan penanaman perdana benih jagung pada lahan anggota kelompok tani Desa Hutaraja

Pada kesempatan itu, Bupati Drs Nikson Nababan MSi menjelaskan bagaimana strategi pengembangan pertanian dan peternakan dengan perencanaan yang bagus, lokasi, musim tanam, dan pola tanam akan didukung penuh dengan mekanisasi.

Selain itu juga dipertimbangkan apabila musim panen suatu komoditi pertanian mengalami harga anjlok, diperkirakan dengan baik agar harga tidak merugikan petani. Dengan perencanaan yang sudah baik, pasti akan didukung mekanisasi karena sesuai dengan visi misi pemerintah.


“Harus ada perencanaan yang matang agar dana yang kita gelontorkan tidak sia-sia. Masyarakat dan Pemerintah harus bergandengan tangan untuk Tapanuli Utara. Mari kita bermimpi dan dilanjutkan dengan berusaha, pasti bisa tercapai apabila ada keinginan,” tegas Bupati mengakhiri arahannya.

Selanjutnya, Bupati bersama undangan melakukan penanaman perdana benih jagung pada lahan anggota kelompok tani Desa Hutaraja.


Dalam laporan Kepala Dinas Pertanian, SEY Pasaribu mengatakan bahwa penerima bantuan saat ini perwakilan kelompok tani dari 11 kecamatan. “Pelaksanaan pemberian bantuan benih jagung ini sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan dan juga sesuai dengan program Kementerian Pertanian ‘Gerakan Percepatan Tanam’,” katanya.

Bantuan benih jagung ini sebanyak 154.500 kg kepada 477 kelompok tani dengan luas lahan 10.300 hektar. Varietas benih jagung ini adalah Betras 1 dan HJ21 Agritan. Aneka Tanaman Provinsi Sumatera Utara. (MAR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel