Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Kehadiran Universitas Negeri Tapanuli Raya Kelak akan Melahirkan Pemimpin di Indonesia

TARUTUNG, DNT News – Kami inginkan agar Tapanuli Raya ini bisa berdikari dengan menunggu keputusan dari pusat. Universitas Negeri di Tapanuli sudah kami ajukan. Kiranya Pak Ketua dapat menandatangani Surat Pernyataan Dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam hal pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Utara.

Hal ini disampaikan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi kepada Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo SE MBA yang menjadi narasumber pada “Sosialisasi Empat Pilar MPR RI” yang digelar Jumat 07 Februari 2020, di Sopo Partungkoan, Tarutung, Tapanuli Utara.

“Usulan ke pusat telah kita sampaikan. Untuk saat ini juga sedang dikerjakan studi kelayakan dan naskah akademiknya. Jika semua ini telah selesai, kami akan paparkan di hadapan Presiden Jokowi. Kehadiran Universitas Negeri di Tapanuli akan melahirkan pemimpin bangsa di Indonesia. Semoga mimpi ini dapat segera terwujud yang tinggal menunggu ketokan,” katanya.

Pada kesempatan itu Drs Nikson Nababan MSi menyampaikan tiga hal strategis dalam mempercepat pembangunan di Tapanuli Raya. Pertama, pembangunan jalan tol dari Danau Toba hingga Tapanuli Tengah agar wisatawan mudah menuju Nias. Kedua, membuka dan membangun jalan menuju kawasan Sei Mangke yang dekat dengan Kecamatan Garoga. Ketiga, pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya.

Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo SE MBA menandatangani Surat Pernyataan Dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam hal pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Utara
Ketua KMDT Edison Manurung SH MM menyerahkan Surat Pernyataan Dukungan pendirian Universitas Negeri di Kabupaten Tapanuli Utara dengan meningkatkan status IAKN menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya
Diabadikan (ki-ka) Brigjen TNI (Purn) Dr Harangan Sitorus SIP MSc MSi (Han), Dr Tuntun Sinaga MHum, dan Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM seusai “Sosialisasi Empat Pilar MPR RI” di Sopo Partungkoan, Tarutung

Sementara itu, Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo SE MBA memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam hal pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Utara. Dia menilai, hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka percepatan pembangunan di kawasan Danau Toba dan sekitarnya.

Dia mendukung perubahan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Sipohon Tapanuli Utara menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya. Sehingga pembangunan kualitas SDM di wilayah Tapanuli tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. “Dengan adanya Universitas Negeri ini akan melahirkan multiple effect melalui peningkatan akses pendidikan tinggi dan kualitas SDM untuk percepatan pembangunan ekonomi delapan kabupaten di kawasan Danau Toba. Selain mendukung Danau Toba sebagai destinasi pariwisata dunia,” katanya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 153/Februari 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 153 Februari 2020

Dia juga mendorong tokoh masyarakat Batak untuk bersama membujuk presiden agar secepatnya menandatangi pendirian Universitas Negeri ini demi kemajuan daerah Tapanuli. Keindahan dan potensi kekayaan alam di sekitar kawasan Danau Toba perlu terus dikembangkan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. “Karena itu, dibutuhkan SDM yang tak hanya pintar dalam ilmu pengetahuan namun juga memiliki pemahaman tentang kebudayaan dan kearifan lokal,” ujarnya.

Bambang Soesatyo SE MBA tak hanya sekedar mendukung secara lisan. Dia langsung menandatangani Surat Pernyataan Dukungan pembentukan Universitas Negeri Tapanuli Raya dengan disaksikan Bupati Tapanuli Utara dan seluruh peserta sosialisasi. Dia berjanji sekembalinya ke Jakarta akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat.


“Dengan adanya Universitas Negeri ini akan melahirkan multi dampak antara lain peningkatan akses pendidikan tinggi dan kualitas SDM dalam rangka percepatan pembangunan serta peningkatan makro dan mikro ekonomi kabupaten se-Kawasan Danau Toba dan Kabupaten/Kota sekitarnya sekaligus mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,” katanya.

Pada kesempatan itu DPP KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba) juga menyerahkan Surat Pernyataan Dukungan pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Utara dengan meningkatkan status IAKN menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya. Hadir pengurus DPP KMDT dari Jakarta di antaranya Edison Manurung SH MM (Ketua Umum), Dr Ir Irian Sitorus (Sekretaris Jenderal), Sepri Situmeang SPi MM (Bendahara Umum), Denny Lumbangaol SSas (Wakil Bendahara). Sementara Dewan Pembina hadir Drs Martua Situngkir Ak, Dr Poltak Siahaan STh, Ir Darsono Manurung, dan Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM. Dewan Pakar hadir Brigjen TNI (Purn) Dr Harangan Sitorus SIP MSc MSi (Han) dan Dr Tuntun Sinaga MHum. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel