Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si: Resmikan Ruang Isolasi COVID-19 di RSUD Tarutung

TARUTUNG, DNT News – Saat ini kita sudah bisa menyelesaikan tugas penting dalam penanganan COVID-19 dengan diresmikannya ruang isolasi ini. Ruang Isolasi ini dinamakan ruang isolasi Munson Lyman dengan harapan akan muncul Munson Lyman baru yang berani dalam berjuang. Pada kesempatan yang diberikan yang kuasa kepada saya, saya selalu memikirkan pasien yang harus dirujuk dengan jarak tempuh yang jauh.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi ketika meresmikan ruang isolasi COVID-19, Sabtu 30 Mei 2020, di lokasi Rumah Sakit Umum Tarutung. “Sungguh kasihan. Sehingga saya berpikir keras dan bertindak cepat untuk realisasi ruang isolasi ini,” katanya.

Pada peresmian itu, Bupati bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi Agus Widodo, Kajari Taput Tatang Darmi SH MH, Kapolres Taput diwakili Wakapolres Taput Muhmin Rambe, didampingi Asisten I Parsaoran Hutagalung, Direktur Rumah Sakit dr Janri Nababan, dan beberapa Pimpinan OPD.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa tenaga medis di sini harus membuktikan bahwa bapak ibu adalah orang-orang hebat dalam melayani. Sehingga pasti sanggup mengobati pasien COVID-19 hingga sembuh. Virus ini kemungkinan tidak akan hilang, jadi harus selalu siap termasuk dalam SDM.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi Agus Widodo, Kajari Taput Tatang Darmi SH MH, Wakapolres Taput Muhmin Rambe meresmikan ruang isolasi COVID-19 di RSUD Tarutung

“Di samping itu halaman ini harus ditanami bunga, jadi tetap asri. Ini juga sebagai pendukung pasien cepat sembuh. Jadi pasien tidak makin terbebani, tetapi sedikit bahagia melihat keindahan. Tolong benahi segera. Untuk Direktur Rumah Sakit, tenaga medis juga harus diperhatikan. Kesejahteraan dan psikis mereka harus dijaga betul,” ujar Bupati.

Dandim 0210 Letkol Czi Agus Widodo dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas keputusan Bupati Taput membuat ruang isolasi ini. “Terus terang Bupati Nikson ini sangat konsen dalam penanganan COVID-19 ini. Diantara 4 kabupaten, Bupati yang memiliki jiwa militan adalah Bupati Nikson. Kalo untuk kepentingan orang banyak, Bupati Nikson langsung mengambil keputusan. Bagi suspect nantinya sudah memiliki fasilitas isolasi yang memadai,” katanya.


Dandim berharap dari pihak RS agar tetap menginformasikan ke TNI/Polri sehingga ada penanganan cepat. Kondisi Taput masih terkendali, sudah bisa melakukan sedikit pelonggaran tetapi dengan penuh kehati-hatian.

“Dengan adanya ruang isolasi ini, pelayanan kita bagi pasien COVID-19 akan lebih maksimal. Paramedis dengan jam kerja yang lebih banyak dan berat, tolong diperhatikan kesejahteraannya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membimbing kita dalam penanganan, sehingga Taput bisa bebas dari COVID-19,” ujarnya.


Direktur Rumah Sakit dr Janri Nababan menyampaikan bahwa dasar pembangunan ruang isolasi ini adalah adanya penunjukkan RSUD Tarutung sebagai rumah sakit rujukan COVID-19 pada bulan Maret 2020 lalu. “Respon Bapak Bupati sangat cepat, sangat respek, dan cepat bertindak. Sehingga ruang isolasi ini bisa kita resmikan saat ini untuk kelengkapan perawatan bagi pasien COVID-19 sebagai rumah sakit rujukan. Terima kasih pak Bupati,” katanya.

Pada kesempatan itu, dr Tunggul Pasaribu SpOG menyampaikan rasa terima kasih kepada bapak Bupati. Saat ini RSUD Tarutung telah memiliki 31 dokter spesialis. “Kami tenaga medis, semua siap melakukan pelayanan dalam melaksanakan tugas, terutama menangani COVID-19. Apabila COVID-19 bisa kita akhiri di Taput, ruang isolasi ini juga sangat kita butuhkan bagi pasien pasien infeksi khusus,” ujarnya. (TAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel