Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, MSi.: Apresiasi Kepedulian YNPS Terhadap Pembinaan Generasi Muda Melalui Olahraga Catur di Tapanuli Utara

SIATAS BARITA, DNT News – Tuhan bekerja dalam kegiatan Turnamen Catur yang dilaksanakan Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul (YNPS) ini. Karena dilandasi kepedulian berbuat dengan ketulusan hati yang luhur. Kita harapkan semakin banyak perantau sukses yang mau peduli terhadap pembinaan di bona pasogit seperti yang dilakukan YNPS ini.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi dalam sambutannya pada “Hiburan Penutupan Turnamen Catur Antar Pelajar Se-Tapanuli Utara Serta Penyerahan Hadiah” yang digelar Kamis 15 Agustus 2019 malam, di Area Tugu Raja Toga Sitompul, Desa Sitompul, Kecamatan Siatas Barita, Tapanuli Utara.

“Kami dari Pemerintah Daerah Tapanuli Utara sangat mengapresiasi kepedulian Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM yang tidak henti-henti berbuat pembinaan terhadap generasi muda melalui pencarian bakat tarik suara Taput Mencari Bakat (TMB), mencari bibit olahraga Turnamen Catur, dan terhadap Keluarga Besar Sitompul,” katanya.

Kehadiran Bupati Tapanuli Utara mendapat sambutan hangat dari hadirin. Dia didampingi unsur Muspida lainnya yakni Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat SH, Kapolres AKBP Horas Marasi Silaen MPsi, Dandim 0210/TU Letkol Rico Julyanto Siagian SSos, dan Ketua DPRD Ir Poltak Pakpahan.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM berdiskusi tentang pembinaan generasi muda di Tapanuli Utara
Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi didampingi unsur Muspida lainnya serta Pendiri dan Ketua Pembina YNPS Nelson P Sitompul SE MM menyerahkan hadiah kepada para pemenang kelompok SD


Diungkapkannya, dulu di Tapanuli Raya banyak pecatur tangguh dan terkenal karena Batak tidak jauh dari permainan catur. Namun sekarang berkurang karena minimnya turnamen catur yang bisa diikuti masyarakat. “Dengan adanya Turnamen Catur Antar Pelajar yang digelar YNPS ini akan muncul bibit-bibit baru yang dapat melahirkan pecatur tangguh berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Dia berharap apa yang sudah dilakukan YNPS bisa berlanjut terus dan kalau memungkinkan ada turnamen catur lain sehingga bisa berlangsung tiga kali setahun. “Kita akan bantu dari KONI. Kita akan bantu dari APBD. Namun harus ada goal, harus ada sasaran, dan harus ada target. Untuk itu kita harus serius dan berkomitmen agar terwujud impian melahirkan pecatur tangguh dari Tapanuli Utara,” imbuhnya.


Drs Nikson Nababan MSi menghimbau untuk tahun-tahun mendatang YNPS meningkatkan turnamen catur ini menjadi Se-Tapanuli Raya. Setelah itu nanti se-Sumatera Utara dan selanjutnya tingkat nasional. “Karena Orang Batak suka catur, lari marathon, dan tinju maka kita fokuskan di bidang olahraga ini saja. Intinya kita dari pihak pemerintah lebih melihat yang prioritas sesuai dengan karakter, alam, dan bakat anak-anak. Ini pekerjaan kita ke depan,” ucapnya.

Kepada para juara di setiap kelompok, Bupati berpesan agar jangan berhenti berlatih. Jangan hanya mampu juara di tingkat lokal. Berlatih terus agar bisa lebih meningkat dan berprestasi di tingkat daerah, nasional dan internasional. Bupati juga berkenan memberi tambahan hadiah sebesar Rp 5 juta kepada para pemenang. “Bagi yang juara, saya akan undang ke rumah untuk bertanding melawan saya,” ajaknya.

Dia pun tidak memungkiri bahwa sinegitas antara Pemerintah Daerah dengan para perantau yang telah berhasil sangat diharapkan untuk dijadikan sebagai salah satu faktor percepatan pembangunan dan peningkatan pariwisata di bona pasogit. “Ini contoh baik. Semoga apa yang dilakukan Nelson P Sitompul SE MM melalui YNPS dapat diikuti para perantau lainnya,” serunya.

Pada kesempatan itu Bupati juga bicara tentang percepatan pembangunan di Tapanuli Utara terutama dalam pembangunan tambahan infrastruktur untuk mendukung sektor ekonomi, pariwisata, dan pendidikan. “Maka itu kepada seluruh pejabat di Tapanuli Utara, kita instruksikan agar bekerja mengikuti program pemerintah yang dicanangkan Presiden Jokowi. Sehingga apa yang diimpikan masyarakat bona pasogit segera dapat terwujud,” pungkusnya. (TON)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel