Dewan Pimpinan Pusat PIKI: Melantik DPD PIKI Provinsi Jambi Menjadi Mitra Strategis Pemerintah Memberikan Kritis Konstruktif Melalui Kajian Akademik

JAMBI, DNT News – Kehadiran PIKI di Propinsi Jambi bisa menjadi mitra strategis pemerintah dalam membangun Jambi. Kita berharap kehadiran PIKI sebagai lembaga yang mampu bersinergi dengan ormas lain yang ada di Jambi dalam bentuk kajian akademis untuk pembangunan Provinsi Jambi ke depan.

Hal ini dikatakan Robinson Hutapea SPd setelah dilantik menjadi Ketua DPD PIKI (Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia) Provinsi Jambi, Sabtu 22 Februari 2020 malam, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi. “Kita juga bisa menjadi mitra strategis pemerintah dan juga memberikan kritis terhadap pemerintah yang konstruktif melalui kajian akademik demi kemajuan Provinsi Jambi,” katanya.

Seperti diketahui, DPP PIKI dipimpin Baktinendra Prawiro MSc MH (Ketua Umum), Audy WMR Wuisang STh MSi (Sekretaris Umum), dan Carol D Kadang SE MM (Bendahara Umum). Pelantikan DPD PIKI Provinsi Jambi ini dilakukan Wakil Ketua DPP PIKI Bidang Hukum dan HAM, Nikson Gans Lalu SH MH yang ditandai dengan pembacaan SK Pengangkatan dan penyerahan bendera pataka organisasi.

Pelantikan dengan tema “Kebenaran Meninggikan Derajat Bangsa” itu dihadiri Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj Rahima Fachrori, Ketua Komisi Kejaksaan RI Dr Barita Simanjuntak SH MH CFrA, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, organisasi kemahasiswaan, dan lainnya.

Anggota Dewan Pakar Prof Dr Johannes Simatupang menyerahkan cinderamata kepada Ketua Komisi Kejaksaan RI Dr Barita Simanjuntak SH MH CFrA
Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum bersama anggota Dewan Penasehat DPD PIKI Provinsi Jambi Robert Pasaribu AMd
Dari ki-ka: Robinson Hutapea SPd (Ketua DPD PIKI Provinsi Jambi), Nikson Gans Lalu SH MH (Wakil Ketua DPP PIKI Bidang Hukum dan HAM), dan lainnya

Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung kehadiran PIKI di Jambi. “Saya mendukung secara penuh kehadiran DPD PIKI di Provinsi Jambi yang nantinya dapat menjadi mitra kritis bagi pembangunan Jambi ke depan. Kehadiran DPD PIKI merupakan wujud nyata bahwasanya Jambi merupakan rumah bagi keberagaman,” katanya.

“Entah keturunan dari Cina, keturunan Medan, keturunan Jawa, keturunan Sunda, keturunan Sulawesi, keturunan Papua, pokoknya kalau sudah menetap di Jambi adalah merupakan warga Jambi. Saya tidak pernah membeda-bedakannya. Kita sebagai masyarakat Jambi bertanggung jawab untuk memajukan Jambi,” sambungnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 154/Maret 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 154/Maret 2020

Disampaikannya, setelah pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi dilantik maka sangat dinantikan kontribusi pemikiran yang cerdas dan konstruktif bagi pembangunan Provinsi Jambi demi kemajuan peningkatan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi Kejaksaan RI Dr Barita Simanjuntak SH MH CFrA yang bertindak sebagai keynote speaker menyampaikan tentang hukum dan HAM dalam perspektif negara hukum modern dan kaitannya dengan omnibus law yang saat ini sedang digodok pemerintah dan legislatif.


Para pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi yang dilantik. Dewan Penasehat: Ir Dopang Tambunan (Ketua), Hotman Sitanggang SH, Bahari SH MSi, Tiopan Purba BBA, St P Simorangkir SP ME, Liphan Pasaribu SH, Ir Daulat Sitorus, Hendry Attan SE, Luhut Silaban SH, Robert Pasaribu AMd, Dedi Wang, Fasa Aro Zebua SH MM, Pembina Sitepu SE, AKBP (Purn) Basoka Sagala, Awal Damanik SE MM, Jefri Pardede, Ketua PGIW Jambi, dan Ketua PGPI Jambi.

Dewan Pakar: Prof Dr Dompak Napitupulu MSc (Ketua), Prof Dr Johannes Simatupang, Dr Dra Rosinta Norawati Butarbutar MA, Dr Drs Jodion Siburian MSi, Hasurungan Ambarita SE MM, dan Nyoman Tambunan SE. Dewan Pimpinan Daerah: Robinson Hutapea SPd (Ketua), Hendra Ambarita SH (Sekretaris), dan Hetty Nurhaida Purba ST (Bendahara). Mereka dibantu 15 Wakil Ketua, 15 Wakil Sekretaris, 2 Wakil Bendahara, serta 3 Koordinator Wilayah. (BS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel