Diskusi Publik dengan Pemkab Tobasa: Menuju “Tobasa Hebat 2020” Topik “Tobasa Sejahtera, Tobasa Membangun, Tobasa Sehat, dan Tobasa Cerdas”

JAKARTA, DNT News – Meningkatnya pertumbuhan ekonomi sebesar 4,55 persen tahun 2015 menjadi 4,80 persen tahun 2016. Meningkatnya PDRB per kapita atas dasar harga berlaku sebesar Rp 29,015 juta tahun 2015 menjadi sebesar Rp 33,982 juta tahun 2016. Menurunnya tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,47 persen tahun 2015 menjadi sebesar 1,98 persen tahun 2016.

Hal inilah yang diungkapkan Bupati Tobasa, Ir Darwin Siagian, pada Diskusi Publik dengan Pemkab Tobasa Menuju “Tobasa Hebat 2020” topik “Tobasa Sejahtera, Tobasa Membangun, Tobasa Sehat, dan Tobasa Cerdas” yang digelar, Jumat 16 Maret 2018 pagi, di Tobok Hall, Komplek Ompu Tobok, Jln H Dogol No 71A, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 73,40 tahun 2015 menjadi sebesar 73,61 tahun 2016. Ini menunjukkan bahwa Kabupaten Tobasa merupakan peringkat ke-4 di antara kabupaten/kota Se-Provinsi Sumatera Utara setelah Kota Medan, Kota Pematangsiantar, dan Kota Binjai,” ujarnya.

Kegiatan tersebut diawali dengan ibadah dipimpin Pdt David Martua Simatupang. Selanjutnya diskusi dipandu moderator Drs Robert Pardede dengan penyampaian kata sambutan dari Ketua Panitia Tagor R Simanjuntak, dan sambutan dari Penggagas Acara Ir Parlin Sianipar MT.

Dari ki-ka: Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian bersama Ir Parlin Sianipar MT dan Ibu br Silaban
Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian bersama SKPD diabadikan dengan moderator Drs Robert Pardede dan para peserta
Dari ki-ka: Darlis Pangaribuan, Jurnal Effendy Siahaan SH MSi, dan Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM
Dari ki-ka: dr Pontas Batubara MKes, Budiman Napitupulu, Hotlan Siahaan, Tulus Hutabarat SSos, dan Ir Jhon Piter Silalahi MT

Pada kesempatan itu Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian memaparkan berbagai perkembangan di Tobasa meliputi bidang pertanian yang merupakan sektor utama penggerak perekonomian dengan komoditi unggulan padi, jagung, dan kopi. “Produksi padi di Kabupaten Tobasa tahun 2017 sebesar 156.801 ton telah terjadi peningkatan produksi sebesar 10.100 ton dibandingkan produksi tahun 2016,” terangnya.

Selain itu disampaikan juga perkembangan bidang pariwisata untuk mendukung KSPN Danau Toba dengan penataan Kawasan Wisata Ajibata, Lumban Bulbul Balige, Pantai Pasir Putih Porsea, dan lainnya dimana berbagai promosi dan even wisata berskala lokal, nasional, dan internasional seperti lawatan budaya Vinculos Spanyol dan kunjungan Diplomat Muda Asean. “Kemajuan pariwisata Kabupaten Tobasa dapat dilihat dari kunjungan wisatawan 436.000 tahun 2016 meningkat menjadi 741.566 tahun 2017,” serunya.

Bupati Tobasa juga memperlihatkan kemajuan di bidang pendidikan dengan banyaknya diterima masuk PTN lulusan DEL, Yayasan Soposurung, Sekolah Negeri, dan Sekolah Katolik. Bidang kesehatan dengan adanya 13 dokter spesial di RSU Porsea yang juga melayani di RSU HKBP Balige. Bidang perdagangan dengan luas pasar yang telah direvitalisasi 67,11 persen tahun 2017, dimana tahun 2018 direncanakan penambahan 13,13 persen, sehingga total revitalisasi menjadi 80,24 persen. Bidang kesehatan dimana masyarakat sekitar Danau Toba dapat dilayani dengan Puskesmas Air/Kapal, peningkatan kepesertaan BPJS baik iuran melalui APBD kabupaten maupun iuran melalui APBD provinsi.

Dalam bidang infrastruktur melalui peningkatan jalan kabupaten, pedesaan, termasuk mendukung KSPN dari Kementerian PUPR dan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi. Bidang irigasi dengan rehabilitasi jaringan, rumah tangga terakses air bersih, penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), dan rumah tangga berakses ipal komunal. Pembagunan infrastruktur dari Kementerian PUPR. Penggunaan dana desa dalam kegiatan sarana prasarana. Pembangunan drainase. Dana hibah bantuan pendanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Pada akhir paparannya, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian menyampaikan kondisi Kota Balige untuk mengatasi kemacetan dengan pembangunan jalan Balige By Pass dari Tambunan Lumban Pea tembus ke Longat. Termasuk menunjang KSPN dengan rekonstruksi jalan menuju Bandara Sibisa, landasan pacu Bandara Sibisa, dan Pelabuhan Ajibata. Listrik dengan capaian sebanyak 44 dusun dan diharapkan tahun 2021 seluruh desa di Tobasa terang. Serta penanganan rumah tidak layak huni 372 unit.


Dalam diskusi yang digagas Ir Parlin Sianipar MT, Budiman Napitupulu, Tagor R Simanjuntak, Drs Robert Pardede, Jurnal Effendy Siahaan SH MSi, Pangaranto Tobasa, dan Pemkab Tobasa ini terjadi dialog, tanya jawab antara Pemkab Tobasa, Ir Darwin Siagian (Bupati Tobasa) dan beberapa SKPD Tobasa dengan publik “Pangaranto Tobasa” sehubungan perkembangan terkini di Tobasa.

Moderator diskusi memberi kesempatan kepada 12 pemberi tanggapan yakni dari Batara Sirait, Hasudungan Tampubolon, Darlis Pangaribuan, Alfonso Napitupulu, Ricardo Siahaan, Hotlan Siahaan, Saut Poltak Tambunan, Yuskes Pardede, Ida Manur Simanjuntak, Hotasi Simamora, Ramot Gultom, dan Jurnal Effendy Siahaan.

Dari diskusi yang berjalan lancar dan demokratis itu diperoleh empat rangkuman. Pertama, issue kondisi sosial masyarakat di Tobasa yang sangat memprihatinkan seperti kasus kemanusiaan-kemiskinan, kasus narkoba, kasus HIV/AIDS, kasus pelacuran, hubungan inses/pemerkosaan, sementara para stakeholders yakni tokoh masyarakat, tokoh gereja, tokoh adat, dan aparat pengawas intern pemerintah (APIP) tidak atau kurang responsif. Kedua, issue SDM yang terbatas di Pemkab Tobasa. Ketiga, issue korupsi dan berbagai penyimpangan di Pemkab Tobasa. Keempat, melihat saat ini “Hatespeech/Hoax/Ujaran Kebencian” di wilayah Tobasa mulai masuk pada tingkat mengkhawatirkan maka Pemkab diharapkan cepat tanggap atas berbagai issue di medsos.

Diskusi pun berakhir sore hari dengan menyanyikan lagu “O Tano Batak” dipimpin Raymond Pardede SH MH dan ditutup dengan doa yang dipanjatkan Pdt David Martua Simatupang. (Hutanta)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel