Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus: Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Mendaftar ke KPUD Sumatera Utara Diusung Dua Partai Politik

MEDAN, DNT News – Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur ke KPUD Sumatera Utara (Sumut). Mereka maju memperebutkan kursi Sumut-1 dan Sumut-2 periode 2018-2023 pada Pilkada serentak tahap ketiga yang akan digelar Rabu 27 Juni 2018 mendatang.

Pasangan ini menempuh jalur partai politik yang diusung 2 (dua) partai dengan total 20 kursi yakni PDI-Perjuangan (16 kursi) dan PPP (4 kursi). Perjalanan pasangan “Djoss” ini berjalan alot dan akhirnya mendapatkan tiket pemilihan gubernur (Pilgub) Sumut setelah PPP ikut berkoalisi dengan PDI-Perjuangan.

Merapatnya PPP akhirnya menggenapi 20 kursi DPRD sebagai syarat untuk bisa maju pada Pilgub Sumut 2018. Di balik dukungan ini, PPP menyodorkan kontrak politik untuk Djarot-Sihar Sitorus.

Mereka merupakan pasangan yang ketiga mendaftar ke KPUD Sumut, Rabu 10 Januari 2018, sekitar pukul 16.45 WIB, di Jln Perintis Kemerdekaan, Medan. Mereka beserta pendukungnya berjalan kaki sekitar 300 meter. Setiba di tempat, mereka disambut reog dan tarian Karo.

Teriakan Djarot-Sihar Sitorus dan yel-yel “Sumut Bersih” dan “Sumut Hebat” terus terdengar sepanjang jalan hingga masuk ke Kantor KPUD Sumut. Mereka kemudian masuk ke kantor KPUD mengikuti proses pendaftaran.

Kedatangan pasangan ini ditemani pimpinan partai politik pengusung. Seperti anggota DPR-RI Junimart Girsang dan Trimedya Panjaitan (Anggota DPR-RI), Japorman Saragih dan Soetarto (Ketua dan Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Sumut), serta H Ihsan Nahromi Lc (Ketua DPP PPP Korwil Sumbagsel).

Pengamanan di kantor KPUD Sumut cukup ketat dan terlihat hadir Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw.


Setelah lima jam melalui proses pendaftaran, Komisioner KPUD Sumut, Benget Silitonga, mengatakan berkas pendaftaran pasangan bakal calon Djarot-Sihar Sitorus dinyatakan lengkap. Mereka kemudian dijadwalkan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP H Adam Malik, Medan, Kamis 11 Desember 2017. Pemeriksaan itu bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia, himpunan psikolog, dan BNN Provinsi Sumut.

Setelah mengikuti proses pendaftaran, Djarot mengatakan semua proses untuk hari itu dilalui dengan baik. Dia mengucapkan terima kasih serta memohon doa restu dan dukungan masyarakat Sumut. Dia berharap proses berjalan baik hingga pencoblosan. “Saya dan Pak Sihar akan memberikan yang terbaik untuk Sumatera Utara. Untuk bikin Sumatera Utara bangkit. Sumatera Utara betul-betul hebat,” katanya.

Dengan diterimanya pendaftaran Djarot-Sihar Sitorus sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, maka ada tiga pasangan calon yang mendaftar ke KPUD Sumut. Sebelumnya telah mendaftar pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan JR Saragih-Ance Selian. (Yan)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel