DPP Gerakan Pembumian Pancasila: Gelar Peringatan HUT RI Ke-75 Via Online Pekik “Salam Pancasila” dan “Merdeka”

JAKARTA, DNT News – Gerakan Pembumian Pancasila dari seluruh Indonesia mengikuti peringatan HUT RI ke-75 tahun yang dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi zoom, Senin 17 Agustus 2020. Pekik “Salam Pancasila” dan “Merdeka” menggema diteriakkan oleh para pengurus dan kader.

Pada peringatan HUT RI ke-75 tahun ini dirangkai dengan pelantikan secara serentak 11 Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Pembumian Pancasila (DPD GPP) Provinsi yakni DPD GPP Sumatera Utara, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Bali, Sulawesi Utara, dan Papua serta sejumlah DPC GPP.

Acara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya (3 stanza) dipimpin Dudi Adam Haryadi MKM (Sekretaris DPD GPP Banten) dan mengheningkan cipta oleh Ketum DPP GPP. Doa pembukaan dipimpin Drs Kiagus Zaenal Mubarok MAP (Ketua DPD GPP Jawa Barat), Teks Pancasila dibacakan Drs Viktor Pekpekai MSi (Ketua DPD GPP Papua), Teks Pembukaan UUD1945 oleh Drs Dadang Darmawan Pasaribu MSi (Ketua DPD GPP Sumatera Utara), Teks Proklamasi oleh Js Liem Liliany Lontoh MAg (Ketua VI DPP GPP), dan menyanyikan MARS GPP.

Acara dilanjutkan dengan sambutan disampaikan Ketua Organizing committee (OC) Drs Nengah Dharma SH (Ketua III DPP GPP), Ketua Sterring Committee (SC) Bondan Wicaksono SE ME (Ketua I DPP GPP), dan RD Florens Maxi Un Bria MAg (Sekretaris Dewan Pembina). Setelah itu refleksi kemerdekaan disampaikan Keynote Speaker Dr Antonius DR Manurung MSi (Ketua Umum DPP GPP yang juga Doktor Psikologi UMB Jakarta).

DPP Gerakan Pembumian Pancasila menggelar peringatan HUT RI Ke-75 via online dengan pekik “Salam Pancasila” dan “Merdeka

Peringatan 75 Tahun RI dan Peringatan 70 Tahun Kembali ke NKRI ini mengusung tema “Membangkitkan Kesadaran Baru Generasi Muda Nusantara dalam Upaya Pembumian Pancasila secara Progresif Revolusioner”.

Pada acara itu dilakukan Dialog Kebangsaan dengan menghadirkan tiga narasumber yakni Eros Djarot (Budayawan dan Pembina DPP GPP), Dr Bondan Kanumoyoso MHum (Sekjen DPP GPP dan Sejarawan UI), dan Dr Ir Andri Hernandi MPS (Ketua IV DPP GPP Bidang Pengembangan Budaya, Presidium MLKI, dan Dosen ITB).

Sementara moderator diperankan dr Stellon Salim (Bendahara Umum DPP GPP), MC oleh Octavia Nur Cahyanti (Duta Pembumian Pancasila), dan Reflektor Kemerdekaan oleh Resti Luthfiani (The Best Participant of NPCB dan Sekretaris Humas DPP GPP).

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 157/Agustus 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 157/Agustus 2020

Kegiatan tersebut berlangsung penuh hikmat dan penuh persaudaraan sebagai saudara sebangsa dan setanah air, sekandung, serta seideologi. Acara ditutup dengan closing statement oleh Ketua Umum DPP GPP dan diakhiri dengan doa penutup dipimpin Dr Noor Sudiyati MSn (Ketua DPD GPP DI Yogyakarta).

Setelah itu seluruh peserta terdiri dari Dewan Pembina, Dewan Pengurus, Dewan Pakar, Dewan Pengawas DPP GPP beserta para Pembina dan Pengurus DPD GPP dari 11 Provinsi, sejumlah pengurus dan calon pengurus DPC, serta kader GPP yang hadir menyatukan hati dan jiwa dalam lagu “Bagimu Negeri”.

Merdeka. Salam Pancasila. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel