DPP KERABAT DAN DPN KERMAHUDATARA: Gerakan Sosial Budaya “Pagelaran Jabodetabek Manortor”

JAKARTA, DNT News – Desa-desa di seluruh nusantara sesungguhnya merupakan sumber para pejuang melawan penjajah dan sumber utama para pemimpin bangsa. Setiap desa di nusantara menjadi sumber tenaga dengan kejuangan yang tinggi dalam pembangunan Indonesia sejak pra-kemerdekaan hingga saat ini.

Hal ini dikatakan Ketua Umum DPP KERABAT Dr HP Panggabean SH MS didamping Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM (Ketua Harian) dan Novesto Evendy Hutabarat SE SH MSi (Sekretaris Umum) pada “Pagelaran Jabodetabek Manortor”, Minggu 24 Maret 2019, di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jl MH Thamrin No 8, Jakarta Pusat.

“Hampir semua orang yang hidup di perkotaan yang disebut Anak Rantau secara kultural dan sosial masih terikat dengan desa asal. Hampir semua Anak Rantau memiliki hubungan khusus atau emosional dengan akar budayanya dan aneka bentuk tanggung jawab dengan desa asal,” katanya.

Pagelaran Jabodetabek Manortor yang merupakan Gerakan Sosial Budaya (GSB) dilaksanakan DPP KERABAT dan DPN KERMAHUDATARA ini dipandu MC Irmando Manullang. Acara diawali dengan doa pembukaan dipanjatkan Ir Ika Effendy Sinaga MSi STh, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin Dr Ir Serirama Butarbutar SE SH MSi, dan mengheningkan cipta oleh Dr HP Panggabean SH MS.

Dari ki-ka: Dinar Boang Manalu, Ir Mika Panusunan Lumban Tobing BSc, Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu, Andy Situmorang, dan lainnya
Para penari dari Rudang Mayang menghibur hadirin dengan menampilkan tortor dari berbagai daerah yang mampu memukau hadirin
Permainan angklung dengan lagu perjuangan dan daerah dibawakan Komisi Perempuan PGI Wilayah DKI Jakarta Sektor Barat

Selanjutnya sambutan dan laporan dari panitia Dr Sabar Martin Sirait MBA (Ketua) didampingi Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM (Sekretaris) dan Dr Marihot Siringoringo SH MH (Bendahara).

Para penari dari Rudang Mayang menghibur hadirin dengan menampilkan tortor dari berbagai daerah yakni tortor “Mbiring Manggis” dari Karo, tortor “Tolu Sahundulan” dari Simalungun, tortor “Hata Sopisik” dari Toba, tortor “Cikala Le Pongpong” dari Pakpak Dairi, tortor “Balun-balun Bide” dari Tapanuli Selatan, tortor “Yamko Rambe Yamko” dari Papua, dan lainnya.

Selain itu tampil permainan angklung dengan berbagai lagu perjuangan dan daerah yang dibawakan Komisi Perempuan PGI Wilayah DKI Jakarta Sektor Barat meliputi HKBP Slipi, HKBP Taman Mini, HKBP Petojo, dan HKBP Cengkareng. Serta penampilan artis batak Andy Situmorang dan Siringoringo.

Dr Ir Serirama Butarbutar SE SH MSi didampingi suami Marpaung melelang Kulkas TG yang diserahkan Ketua Umum KERABAT Dr HP Panggabean SH MS didampingi Novesto Evendy Hutabarat SE SH MSi
Ketua Umum KERABAT Dr HP Panggabean SH MS melelang Microcomputer yang diserahkan panitia Dr Sabar Martin Sirait MBA, Dr Marihot Siringoringo SH MH, dan Novesto Evendy Hutabarat SE SH MSi
Frans Meroga Surung Raja Panggabean (kiri), Imelda Berwanty Purba SSos (ketiga kiri) diulosi DPP KERABAT dan DPN KERMAHUDATARA sebagai bentuk penghargaan, persaudaraan, dan pengharapan

Pagelaran ini juga dirangkai dengan peduli pemilihan legislatif (Pileg) agar utusan suku semakin mengenal calon legislatif (Caleg) sesuai dengan thema “Pemberdayaan Lembaga Adat Budaya Suku-Suku Nusantara Sebagai Mitra Kerja Pemerintah Pusat, Daerah, dan Desa sesuai Pancasila UUD ’45 & UU Desa No 6 Tahun 2014”.

Para Caleg yang hadir Tigor Doris Sitorus SE Caleg DPRD Jawa Barat dari PDI-P Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok Nomor urut 8, Imelda Berwanty Purba SSos Caleg DPRD DKI Jakarta dari PSI Dapil DKI Jakarta 8 nomor urut 3, dan Frans Meroga Surung Raja Panggabean Caleg DPR-RI dari PSI Dapil Jawa Barat IV nomor urut 2, menyampaikan gagasan tentang pembangunan sosial budaya dan pemberdayaan lembaga adat suku-suku nusantara. Para Caleg ini pun diulosi sebagai bentuk penghargaan, persaudaraan, dan pengharapan.


Pada kesempatan itu dilelang kulkas TG, microcomputer, dan tas gucci. Selain itu berbagai doorprize dibagikan berdasarkan nomor undian keberuntungan berupa kulkas, dispenser, blender, presto 4 liter, rice com, steamer, seterika, madame chef 20 cm, teko rigolero, dan tas fila.

Pada acara itu terlihat hadir Drs Sahala Panggabean MBA (Presiden Komisaris Nasari Group), Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu (Ketua Umum DM LABB), Dr Harry Panggabean (Penasihat Punguan Raja Panggabean), Dinar Boang Manalu (Tokoh budaya Pakpak), Ir Panusunan Lumban Tobing BSc (Penasihat KERABAT), Donna Simanjuntak (Rohaniwan), Bahwan Pakpahan (Profesional), dan lainnya. (DN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel