DPP KERABAT: Menggelar Gerakan Sosial Budaya Berupa Pagelaran Jabodetabek Manortor

JAKARTA, DNT News – Tortor merupakan suatu produk seni budaya Batak yang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Batak sejak dahulu kala. Manortor menjadi suatu ritual dalam berbagai perayaan dan pesta pernikahan, kematian, dan hari besar tentang kehidupan pribadi, keluarga, dan lembaga terkait Batak dan Habatahon.

Hal inilah yang mendasari DPP KERABAT (Kerukunan Masyarakat Batak) dengan Ketua Umum Dr HP Panggabean SH MS akan menggelar Gerakan Sosial Budaya (GSB) berupa “Pagelaran Jabodetatek Manortor”. Kegiatan ini dipanitiai Sabar Martin Sirait (Ketua), Tonny Rons Hasibuan (Sekretaris), dan Salmon Bangun Siagian (Bendahara).

Pada rapat Kamis 17 Januari 2019 siang, di Resto Golf Rawamangun, Jakarta Timur, dia mengatakan pagelaran tersebut akan dilaksanakan di Jakarta pada akhir bulan Februari 2019. “Selain untuk melestarikan budaya suku-suku nusantara, pada kesempatan itu juga akan kita perkenalkan para calon legislatif (Caleg) Jabodetabek dari aspek budaya,” katanya.

Para peserta rapat DPP KERABAT dengan Ketua Umum Dr HP Panggabean SH MS, Kamis 17 Januari 2019 di Resto Golf Rawamangun, Jakarta Timur
Dari ki-ka: Tonny Rons Hasibuan, Dr HP Panggabean SH MS (Ketua umum DPP KERABAT), Sabar Martin Sirait, dan Mika Lumban Tobing

Ketua Panitia, Sabar Martin Sirait mengatakan manortor juga merupakan suatu kegiatan yang sangat positif bagi segala umur untuk bakat bawaan keterampilan gerak atau tari dan kombinasi antara tampilan seni gerak keseluruhan tubuh pikiran dan penghayatan.

“Pagelaran Jabodetabek Manortor ini kiranya dapat menjadi momentum awal yang dapat membangun jejaring solidaritas dan pemersatu secara sosio antropologis di kalangan suku-suku dan masyarakat Batak di Jabodetabek secara khusus dan di seluruh nusantara secara umum,” katanya.

Menurutnya, peran dan tanggung jawab masyarakat Batak Jabodetabek sebagai pionir pelembagaan dan kelembagaan, serta penguatan kultur khas Batak tidaklah berlebihan untuk diemban sekaligus menjadi pionir bagi masyarakat Batak nusantara bahkan bagi masyarakat Batak yang sudah mendunia.

“Karena manortor yang akan diselenggarakan ini adalah merupakan ekspresi kegembiraan, kita juga berupaya untuk berjejaring sekaligus mengajak para Caleg untuk turut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan Pesta Demokrasi yang puncaknya akan berlangsung Rabu 17 April 2019 mendatang,” ujar Sabar Martin Sirait.


Pada rapat itu Sekretaris Panita, Tonny Rons Hasibuan membacakan nama para Caleg berdarah Batak di Jabodetabek meliputi Caleg DPR-RI Dapil DKI Jakarta I, II, dan III; Dapil Cianjur dan Kota Bogor; Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok; serta Dapil Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Selain itu dibacakan juga Caleg DPRD Dapil DKI Jakarta 1 hingga 10.

“Kita akan menghubungi para Caleg ini untuk mengajak ikut-serta memeriahkan kegiatan ini. Beberapa Caleg sudah mengatakan bersedia dan memberikan partisipasinya untuk pembiayaan acara ini,” katanya.

Pada rapat tersebut terlihat hadir Mika Lumban Tobing, Santiamer Haloho, Ika Effendy Sinaga, Bertha Purba, Jesman Gultom, Jabatur Purba, Rosmanian Siahaan, Tigor Naibaho, Hotman Lumbangaol, Arys K Sinambela. (TN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel