Dr. B.F. Sihombing, S.H., M.H.: EVOLUSI KEBIJAKAN PERTANAHAN DALAM HUKUM TANAH INDONESIA

JAKARTA, DNT News – Seringkali dalam kasus pertanahan, ketidakadilan menjadi suatu hal yang yang biasa. Apalagi menyangkut masalah perizinan, banyak yang melihatnya sebagai momok menakutkan sehingga segala daya upaya dan segala cara ditempuh agar bisa segera mendapatkannya.

Hal inilah yang mendasari Dr BF Sihombing SH MH menulis buku EVOLUSI KEBIJAKAN PERTANAHAN DALAM HUKUM TANAH INDONESIA. Buku ini sebagai salah satu kontribusi untuk dapat menjelaskan kebijakan pertanahan di Indonesia khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

Buku yang semula merupakan disertasi ini menganalisa masalah pertanahan dengan mengacu kepada teori Legal System dari Lawrence M Friedmann (1975) dengan segala keunggulan dan kelemahannya. Dalam konteks inilah penulis dengan rasa tanggungjawab atas panggilan suara hati melakukan penelitian ini dimana studi kasus di DKI Jakarta.

Penulisan buku yang dilakukan lulusan Doktor Ilmu Hukum (S3) Universitas Indonesia (UI) Jakarta ini menekankan kepada makna pengaturan kepemilikan dan pengadaan tanah selama ini kurun waktu zaman pemerintahan Hindia Belanda, Jepang, dan setelah Indonesia merdeka.


Fokus penelitian buku ini adalah masalah ketimpangan kepemilikan dan penguasaan tanah di kawasan perkotaan. Budaya hukum yang terbangun antara pemerintah, penguasa, dan masyarakat mengenai ganti kerugian dalam hal pengadaan tanah atau pembebasan tanah yang belum memenuhi rasa keadilan. Pembahasan mengenai birokrasi pengurusan perizinan di Indonesia yang masih berbelit-belit, biaya tinggi, dan tidak transparan.

Buku EVOLUSI KEBIJAKAN PERTANAHAN DALAM HUKUM TANAH INDONESIA yang dicetak pertama sekali Desember 2004 dan sudah memasuki cetakan kelima November 2016 ini berisikan 5 (lima) bab. Bab I: PENDAHULUAN. Bab II: HUKUM TANAH DI INDONESIA. Bab III: KEBIJAKAN PERTANAHAN DALAM PENGATURAN PENGUASAAN TANAH. Bab IV: PERKEMBANGAN DAN PERGESERAN KEBIJAKSANAAN PERTANAHAN DI WILAYAH PROVINSI DKI JAKARTA. Bab V: KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.


Buku ini mengkombinasikan dua konsep yang berbeda yakni Hukum Administrasi Negara dan Hukum Agraria yang dijembatani dengan pendekatan sosiologis dalam ilmu hukum. Hasilnya menarik karena penulis mengenali secara komprehensif permasalahan mendasar dalam kebijakan pertanahan nasional. Praktis buku ini berhasil memecahkan kebuntuan dalam kajian agraria konvensional.

Dr BF Sihombing SH MH yang saat ini berprofesi sebagai Dosen dan Konsultan Hukum ini memiliki visi: memberi solusi pelayanan kepada masyarakat mengenai Hukum Pertanahan Indonesia, dan misi: menyalurkan pemikiran agar Undang-undang dan Hukum Pertanahan Indonesia sejalan dengan problematika tanah yang ada saat ini.


Dalam buku ini berkenan memberikan sambutan Prof Lutfi I Nasoetion MSc PhD (Kepala Badan Pertanahan Nasional), Sutiyoso (Gubernur Provinsi DKI Jakarta), Prof Dr Arifin P Soeria Atmadja SH (Promotor), Prof Dr Valerine JL Kriekhoff SH MA (Ko-Promotor), dan Prof Dr Wahono Sumaryono Apt (Rektor Universitas Pancasila).

Buku ini sangat berguna bagi akademisi, peneliti, praktisi seperti Advokat, Notaris, Pengacara, Konsultan, dan profesi lainnya yang berhubungan dengan bidang pertanahan serta masyarakat luas yang senang dan merasa penting mempelajari hukum tanah di Indonesia khususnya di Provinsi DKI Jakarta. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel