Dr. Jonius Taripar Hutabarat, MSi dan Frengki Simanjuntak, SE, MSi: Ditetapkan Partai Golkar sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Tapanuli Utara 2018

TAPANULI UTARA, DNT News – Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) merupakan satu dari sembilan daerah di Sumatera Utara yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahap ketiga pada Rabu 27 Juni 2018 mendatang.

Salah satu pasangan menempuh jalur partai politik untuk bertarung memperebutkan kursi Taput-1 dan Taput-2 adalah Dr Jonius Taripar Hutabarat MSi dan Frengki Simanjuntak SE MSi. Partai Golkar Taput menetapkan mereka menjadi bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati.

Dr Jonius Taripar Hutabarat MSi merupakan polisi aktif yang  baru saja melakukan serah terima jabatan selaku Kapolres Taput dan kini bertugas di Polda Sumut. Sementara Frengki Simanjuntak SE MSi merupakan anggota DPRD Taput dan pengurus Partai Hanura Taput.

Penetapan pasangan ini diusung pada Pilkada Taput 2018 diperoleh setelah Partai Golkar Taput melakukan rapat pleno, Senin 25 Desember 2017, di Sekretariat Partai Golkar, Jln Raja Johannes Hutabarat, Tarutung. Keduanya hadir dalam rapat pleno tersebut dan menyampaikan permohonan untuk diterima dan diusung Partai Golkar.

Rapat pleno yang dihadiri pengurus harian dan pengurus kecamatan se-Taput itu dipimpin Fernando FL Simanjuntak (Ketua DPD II Partai Golkar Taput) didampingi Reguel Simanjuntak (Ketua Harian) dan Marudut Gultom (Sekretaris).

Majalah Bulanan DALIHAN NA TOLU edisi 128/Januari 2018

Pada pleno penetapan Balon bupati, pimpinan rapat menyampaikan adanya sejumlah nama yang mendaftar pada tim penjaringan. Namun hanya Dr Jonius Taripar Hutabarat MSi yang menyikapi pencalonannya dan mendapat dukungan dominan dari DPD I Sumut dan DPP di Jakarta. Dia pun ditetapkan sebagai balon Bupati Taput dari Partai Golkar melalui kesepakatan seluruh pengurus kecamatan dan pengurus harian.

Sementara pada pleno penetapan Balon wakil bupati dilakukan setelah diskors karena belum adanya kesepakatan satu nama. Para peserta rapat dominan menginginkan calon wakil dari kader partai karena calon bupati tidak dari kader. Ada tiga nama dari kader yang mengemuka yakni Fernando FL Simanjuntak (Ketua DPD II Partai Golkar Taput yang juga anggota DPRD Sumut), Reguel Simanjuntak (Wakil Ketua DPRD Taput), dan Ronal Simanjuntak (anggota DPRD Taput).

Namun ketiganya menyatakan ketidakbersediaan ditetapkan sebagai calon wakil bupati dengan berbagai alasan. Maka sesuai ketentuan, calon bupati diberikan kewenangan untuk mengajukan calon wakilnya untuk ditetapkan melalui pleno. Dr Jonius Taripar Hutabarat MSi pun mengajukan Frengki Simanjuntak SE MSi sebagai wakilnya.

Sebagai informasi, Kabupaten Taput memiliki 35 orang anggota DPRD periode 2014-2019 dimana Partai Golkar memiliki 5 kursi. (Fantoro)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel