Dra. Ida Manur Simanjuntak: Panduan Implementasi Senam “Mens Sana In Corpore Sano”

JAKARTA, DNT News – Sejak dulu sangat tertarik dengan hal yang menyangkut olahraga terlebih senam, karena tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk. Ada empat hal yang penting dilakukan saat senam agar tubuh selalu sehat yakni peregangan, persendian, otot, dan pernafasan.

Hal inilah yang mendasari Dra Ida Manur Simanjuntak menulis buku berjudul Panduan Implementasi Senam Mens Sana In Corpore Sano “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”. Buku ini berisikan 49 halaman dengan ukuran 21 x 15 cm.

Pengalaman mengajar senam di beberapa tempat juga mendorongnya menulis buku ini. Sejak tahun 2008, dia sudah ingin menulis buku tetapi selalu tertunda. Awalnya menulis di Majalah Charis HKBP Kebayoran Baru setiap terbit sejak Januari 2006 hingga tahun 2017 tetapi tidak selengkap yang ada di buku. Baru setelah HUT ke-12 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan melihat Museum Olahraga kembali tergugah menulis buku ini.

Di dalam buku ini juga dibahas masalah pentingnya kesehatan dari pola makan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna dengan menitik beratkan bentuk dan jenis senam serta cara menggerakkannya. Juga diuraikan bagaimana supaya senam tidak membosankan peserta dengan berbagai musik atau melodi yang disesuaikan dengan berbagai gerak senam.

Dra Ida Manur Simanjuntak didampingi Ir Parlin Sianipar MM menyerahkan buku kepada Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian


Menurut penulis, tujuan penerbitan buku ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat berolahraga melalui senam. Mengenalkan lebih jauh tentang senam kepada masyarakat luas yang tahu dan supaya lebih sadar akan kesehatannya. Kemudian membiasakan diri untuk mengikuti pola hidup yang sehat.

Buku ini memuat 5 (lima) bagian. Bagian I: Mens Sana In Corpore Sano meliputi Hidup Sehat dan Seimbang, serta Senam Perawatan Kesehatan. Bagian II: Membangun Hidup Sehat meliputi Membangun Keluarga sehat, dan Membangun Masyarakat Sehat. Bagian III: Senam KSS (Kelompok Senam Sehat). Bagian IV: Senam Mens Sana meliputi Senam Peregangan, Senam Persendian, Senam Otot/Pokok, dan Senam Pernapasan. Bagian V: Penutup dan Kesimpulan.

Bagi Dra Ida Manur Simanjuntak kelahiran Balige 03 Februari 1948 dan lulusan Sarjana Paedagogik Umum UKI ini, kesehatan adalah sesuatu yang berharga karena tidak ada orang yang ingin dirinya sakit. Pengobatan kadang kala membutuhkan biaya yang sangat besar, namun di sisi lain masih sedikit orang yang sadar akan kesehatan. Pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati” akhirnya menjadi pepatah tanpa makna.


Seperti diketahui, senam adalah salah satu upaya untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan badan. Tentu dengan melakukan senam yang teratur dan baik serta ditunjang pola makan dan pola hidup yang teratur.

Di dalam buku ini setiap penjelasan tentang senam dilengkapi dengan gambar. Selain itu dilampirkan juga berbagai “Semarak Kumpulan Foto KSS” dan “Kumpulan Foto Sektor Marsada” dalam kegiatan di berbagai tempat.

Berkenan memberikan kata sambutan Dr Agung Laksono (Mantan Ketua DPR-RI), Dr Ir Mombang Sihite MM (President Director PT Azbil Berca Indonesia), Purnamawati Muki Reksoprodjo (Ketua YPAC Jakarta), dan Rizky Iswana (Kabag Prioritas BCA Santa).

Buku ini sangat penting, bermanfaat, layak layak dibaca, serta dipraktekkan. Bagi yang ingin memiliki dapat memesan langsung ke penulis, Dra Ida Manur Simanjuntak dengan HP 0812-9588813. (HTS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel