Drs. Budi Setiyadi, SH, MSi, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI: Luncurkan Kapal KMP Ihan Batak di Pantai Parparean Porsea

PORSEA, DNT News – Presiden Jokowi berkomitmen mengembangkan wilayah Danau Toba dengan menetapkannya sebagai 10 kawasan Strategis Pariwisata Nasional dan bahkan menetapkan sebagai 4 daerah Superprioritas Pariwisata Nasional. Ini salah satu wujud komitmen Pak Jokowi dengan pembangunan kapal penyeberangan di Danau Toba.

Hal ini dikatakan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Drs Budi Setiyadi SH MSi, ketika pemerintah meluncurkan kapal KMP Ihan Batak, Sabtu 01 September 2018, di Pantai Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir.

Peluncuran KMP Ihan Batak yang pertama sekali pembuatannya dilakukan di Danau Toba ini, kondisi pengerjaannya masih 90 persen. “Kapal ini akan siap beroperasi pada November 2018. Sampai tahun 2020 akan diluncurkan empat unit kapal yang dibuat Kementerian Perhubungan untuk melayani penyeberangan di Danau Toba,” katanya.

“Semua ini bentuk komitmen pemerintah pusat yang menetapkan Danau Toba sebagai kawasan strategis nasional,” sambungnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 136/September 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 136/September 2018

Selain komitmen membuat kapal di Danau Toba, Kementerian Perhubungan juga akan membangun 5 (lima) dermaga di kawasan Danau Toba yang akan selesai tahun 2019 mendatang dengan total anggaran sebesar Rp 300 milyar.

Dia juga menyampaikan melalui peluncuran KMP Ihan Batak ini, sistem keselamatan pelayaran kapal di Danau Toba akan semakin baik. “Mudah-mudahan akan memberikan manfaat yang besar dan baik kepada kita semua,” harapnya.

KMP Ihan Batak ini rencananya akan melayani trayek Ajibata (Kabupaten Toba Samosir) ke Ambarita (Kabupaten Samosir). Kapal ini bertonase 300 Ton GW dikerjakan PT Dok Bahari Nusantara dengan besaran anggaran Rp 32 miliar. Kapal ini merupakan sejenis kapal laut, sehingga dalam pelayarannya di Danau Toba nyaman dan aman.


Pada peluncuran tersebut terlihat hadir Ir Darwin Siagian (Bupati Toba Samosir), Ir Juang Sinaga (Wakil Bupati Samosir), Arie Prasetyo (Kepala Badan Otorita Danau Toba), Sophan Sofyan (Direktur PT Doc Bahari Nusantara), dan lainnya.

Bupati Toba Samosir, Ir Darwin Siagian menyampaikan apresiasi atas peluncuran KMP Ihan Batak. Melalui peluncuran ini, pada bulan Desember 2018 mendatang akan bisa mendukung arus mudik di kawasan Danau Toba. “Dengan pembuatan kapal ini, kita siap menerima kunjungan satu juta wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Danau Toba,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Samosir, Ir Juang Sinaga menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Pusat yang sudah membangun kapal di wilayah Danau Toba. “Bukan hanya satu tetapi empat yang akan memberi kemudahan kepada para wisatawan dan masyarakat yang menyeberangi Danau Toba. Ini akan mengurangi antrean panjang pada saat-saat tertentu seperti liburan Natal dan Hari Raya,” ujarnya. (KB)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel