Drs. Jerry Rudolf Sirait: Ajakan Mendirikan Yayasan Pendidikan di Kawasan Danau Toba

JAKARTA, DNT News – Saya bersama kawan praktisi pendidikan berencana mendirikan yayasan yang diarahkan mengambil bagian dalam pembangunan pendidikan di Kawasan Danau Toba (KDT). Peringkat nasional kualitas pendidikan di KDT terbilang “memprihatinkan”. Untung ada beberapa dikategorikan “baik”, negeri mau pun swasta. Sehingga keterpurukan kualitasnya seakan-akan “tersembunyi”.

Hal ini disampaikan Drs Jerry Rudolf Sirait, Ketua Pengawas Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Pusat kepada dalihannatolunews.com, Kamis 09 Januari 2019 malam, di Jakarta. “Maka oleh sebab itu, saya dan beberapa kawan berketetapan hati mendirikan yayasan pendidikan yang dimaksud pada tahun 2019-2020,” ujarnya.

Dia menyadari sudah banyak masyarakat dari KDT yang di diaspora/parserakan yang terpanggil mengambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas pendidik itu. Salah-satu di antaranya adalah Alumni SMA Negeri Narumonda yang secara rutin memberikan dukungan kepada sekolah ini, termasuk menyediakan beasiswa bagi alumni yang melanjutkan studi di beberapa perguruan tinggi.

Dikatakannya, kerinduan mendirikan yayasan pendidikan ini didorong pengalaman beberapa tahun lalu dengan turut serta menggagas dan mendirikan “Yayasan Pendidikan Indonesia Cerdas” yang hingga kini aktif meningkatkan kualitas pendidikan di sebagian Indonesia bagian timur (Papua, Papua Barat, dan lainnya).

“Pengalaman itu menginspirasi saya dan kawan mendirikan yayasan pendidikan sebagaimana saya ungkapkan. Katanlah ‘Yayasan Pendidikan KDT Cerdas’ atau ‘Yayasan Pendidikan ABC’ (Anak Batak Cerdas) atau…,” sebutnya.


Ditambahkannya, walau pihaknya sebagai penggagas awal tetapi yang menjadi pendiri mengharapkan perhatian dan kesediaan kawan lainnya yang berimpati dan menaruh peduli pada keadaan riel KDT sekarang ini. Selanjutnya para pendirilah yang memilih dan menetapkan Pengawas dan Pengurus Yayasan tersebut.

“Kami berharap bahwa Pengurus Yayasan yang dibentuk itu sungguh-sungguh terpercaya, berwibawa, dan admired agar mampu turut aktif menyiapkan peserta didik yang berkualitas, berintegritas, dan transformatoris,” imbuhnya.

Untuk itu dia memohon perhatian semua pihak agar menyebarkan ajakan ini. “Jika kelak terbentuk, sekretariat yayasan ini sudah tersedia di Jakarta. Beberapa orang generasi muda yang terpelajar pun sudah bersedia mengambil bagian di dalamnya,” katanya.


Drs Jerry Rudolf Sirait yang juga Sekretaris Pengawas Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) ini memberikan kilas balik. Pada periode sejak kekristenan ada sampai awal kemerdekaan RI, KDT terbilang masyhur di bidang pendidikan. Bahkan dari kawasan KDT sudah ada yang studi lanjut di Solo sewaktu ada MULO.

Gereja di KDT melalui warganya turut mendirikan Perguruan Tinggi Keguruan di Salatiga yang berkembang menjadi UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana). Sinode HKBP turut mendirikannya tahun 1956. “Disayangkan, setelah mendirikan Universitas HKBP Nommensen, Sinode HKBP menarik diri sebagai salah satu sinode pendiri. Itu info yang pernah saya dapat dari salah seorang tokoh di balik pendirian dan perkembangan UKSW,” katanya.

Sebelumnya, adalah tokoh masyarakat Batak (Puak Angkola) yang atas nama DGI (Dewan Gereja-gereja di Indonesia) mendirikan UKI (Universitas Kristen Indonesia) tahun 1953 yaitu Prof Dr Sutan Gunung Mulia Harahap. Dari kota kecil Porsea, hasil dan pendidikan masa lalu itu banyak yang berprestasi dan berprestise, banyak pendeta (pernah Ephorus HKBP), banyak guru dan  guru besar, banyak polisi dan tentara sampai berbintang, banyak pengusaha, serta ada diplomat dan dutabesar.

“Ada banyak contoh kepeloporan masyarakat KDT, katakanlah Batak Raya di bidang pendidikan. Saya katakan Batak Raya oleh karena bias/dampak dari gerakan yang saya sebut di atas menciptakan banyak cerdik cendekia dari KDT dan sekitarnya,” pungkasnya. (HT)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel