Drs. Nikson Nababan, MSi: Pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Sejalan Dengan Program Presiden Jokowi yang akan Fokus Membangun Sumber Daya Manusia

TARUTUNG, DNT News – Perubahan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Tapanuli Utara menjadi Universitas Negeri sejalan dengan program Presiden Jokowi yang akan fokus membangun sumber daya manusia (SDM) pada periode kedua kepemimpinannya.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi melalui sambungan telepon kepada dalihannatolunews.com, terkait usulannya meningkatkan status IAKN Tarutung menjadi menjadi Universitas Negeri. “Mumpung kita diberikan Tuhan ada jabatan dan kedudukan, marilah kita bersama-sama memikirkan kemajuan tanah Batak. Mari IAKN memberikan sumbangan untuk anak cucu melalui berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli,” katanya.

Drs Nikson Nababan MSi politisi PDI-Perjuangan yang periode ke-2 memimpin Tapanuli Utara ini menyampaikan, pendirian Universitas Negeri di Tapanuli akan ber-efek domino yang tidak terhindarkan untuk percepatan kemajuan kawasan Tapanuli Raya.

Dengan keberadaan ini tentu SDM masyarakat juga akan lebih maju dan minimal anak-anak tidak susah payah lagi harus kuliah ke luar kota. “Berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli akan memberikan efek domino untuk percepatan kemajuan Tapanuli. Orang akan berdatangan ke Tapanuli, pariwisata akan hidup, dan menyumbang pendapatan daerah. Ekonomi mikro masyarakat, perhotelan, dan restoran akan maju,” katanya.

Drs Nikson Nababan MSi dilantik sebagai Bupati Tapanuli Utara periode 2019-2024 oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi
Drs Nikson Nababan MSi dan Sarlandy Hutabarat SH ketika dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara

Dikatakannya, hal ini telah disampaikan pada acara finalisasi penyusunan Rencana Induk Pengembangan, Rencana Strategis, dan Rencana Operasional IAKN Tarutung 2019, baru-baru ini di Hotel Niagara, Parapat. Pada kegiatan itu hadir mewakili pemerintah daerah kawasan Tapanuli Raya dan juga para pegawai di IAKN Tarutung.

Bupati mencontohkan Yogyakarta dimana salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan dengan peningkatan pendapatan daerah adalah keberadaan universitas seperti UGM dan universitas lainnya. Hal yang sama juga dapat terwujud di Tapanuli Raya dengan berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 144/Mei 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 144/Mei 2019

“Maka itu saya minta, dalam usulan peningkatan menjadi Universitas Negeri, IAKN dapat ikut ambil bagian. Ini menjadi terobosan luar biasa dan sejarah akan mencatat bahwa kita telah meletakkan fondasi membangun SDM dan meningkatkan ekonomi mikro masyarakat,” terangnya.

Pada perjalanan pengajuan IAKN Tarutung menjadi menjadi Universitas Negeri, Drs Nikson Nababan MSi sudah memperhitungkan secara matang melalui analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). Termasuk pengajuan rencana fakultas meliputi Fakultas Keguruan, Ilmu Administrasi, Ekonomi, Pertanian, Kehutanan, Maritim, Teknik, dan Kedokteran dengan berbagai program studi.


Berbagai langkah strategi untuk mewujudkan telah ditempuh. Tahun 2017 berupa sosialisasi dan diskusi publik gagasan pengembangan IAKN menjadi Universitas Negeri kepada stakeholders. Tahun 2018 berupa penyusunan proposal transformasi, pengusulan ke pemerintah pusat, melakukan kajian akademis rencana fakultas dan program studi, serta persiapan teknis tentang pengembangan kelembagaan struktur, SDM, dan anggaran.

Bupati beharap kalau semua ini berjalan dengan baik, direncanakan tahun 2019 operasional Universitas Negeri dapat dimulai dari fakultas dan program studi yang sudah siap. “Rencana pendirian Universitas Negeri ini bukan hanya untuk kepentingan Tapanuli Utara semata tetapi Tapanuli Raya secara keseluruhan. Misalnya membuka Fakultas Maritim di Tapanuli Tengah, Fakultas Kedokteran di Toba Samosir, Fakultas Kehutanan di Humbang Hasunduan, Fakultas Pariwisata di Samosir, Fakultas Pertanian di Karo, dan wilayah lainnya,” pungkasnya. (DN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel