Edison Manurung, S.H., M.M.: Salah Satu Visi Misi KMDT “Percepatan Wisata Danau Toba Mendunia di Era Presiden Jokowi”

JAKARTA, DNT News – KMDT dideklarasikan Minggu 29 September 2019 di Jakarta yang dihadiri para tokoh masyarakat Batak dan ketua marga dengan ditandai pembubuhan tanda tangan. Setelah semua yang hadir menyatakan kebulatan tekad maka sepakat mendirikan KMDT sebagai wadah berhimpun orang yang peduli kepada Bona Pasogit dan percepatan wisata Danau Toba mendunia di era Presiden Jokowi.

Hal ini dikatakan Ketua Umum KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba) Edison Manurung SH MM kepada dalihannatolunews.com, Rabu 22 Januari 2020 siang, di Jakarta sekaitan dengan telah terbitnya Akta Pendirian dan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Komite Masyarakat Danau Toba.

Disampaikannya, pada deklarasi itu hadir Dr Nani Hendiarti (Asisten Deputi Iptek mewakili Menko Bidang Kemaritiman), Basar Simanjuntak (Direktur Pemasaran BPODT mewakili Menteri Pariwisata), Drs Jumsadi Damanik SH MHum (Asisten Pemerintahan mewakili Gubernur Sumut), Ir Hulman Sitorus MM (Wakil Bupati Tobasa), Sarlandy Hutabarat SH (Wakil Bupati Taput), Panda Nababan (Tokoh Masyarakat), dan lainnya.

Dia berharap melalui komunitas KMDT bisa menjembatani masyarakat dengan pemerintah pusat untuk menindaklanjuti pembangunan infrastruktur dan lainnya agar dapat dirasakan masyarakat sekitar Danau Toba. Sehingga julukan Tapanuli sebagai peta kemiskinan dihapus menjadi peta kemakmuran. “Inilah salah satu Visi Misi KMDT untuk mempercepat wisata Danau Toba mendunia di era Presiden Jokowi agar kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat,” katanya.

Ketua Umum KMDT Edison Manurung SH MM bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo SE MBA
Deklarasi Komite Masyarakat Danau Toba bersama Ketua Umum Edison Manurung SH MM, Pembina Ir Sintong M Tampubolon, Ketua Dewan Pakar Prof Dr Gimbal Doloksaribu, Panda Nababan, dan lainnya
Ketua Umum KMDT Edison Manurung SH MM bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi serta Pembina KMDT Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM dan Marthin Hutabarat SE MM

Edison Manurung SH MM yang merupakan mantan Ketua DPP KNPI ini menyampaikan setelah deklarasi tersebut pihaknya langsung melakukan kunjungan ke Danau Toba dengan menemui para bupati se-kawasan Danau Toba dan Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing untuk menginformasikan Visi Misi dan Program Kerja KMDT demi pembangunan Bona Pasogit dan wisata Danau Toba.

“Kita menginginkan Danau Toba seperti Bali dengan wisata Nusa Dua. Kita langsung turun melakukan edukasi ke masyarakat di kawasan Danau Toba, bertemu dengan Dirut BPODT di Kaldera Sibisa, berdiskusi dengan masyarakat di Sibisa dan Sigapiton dengan meminta masyarakat agar dapat menerima program Presiden Jokowi dan pemerintah untuk percepatan wisata Danau Toba mendunia demi kemakmuran masyarakat,” urainya.

Ketua Umum KMDT Edison Manurung SH MM bersama pengurus lainnya dalam rapat DPP KMDT di FX Sudirman Jakarta Pusat


Perkumpulan Komite Masyarakat Danau Toba ditetapkan sebagai sebuah badan hukum dengan Akta pendirian No. 01 tanggal 09 Desember 2019 oleh Notaris Albert Richi Aruan, S.H., LL.M., M.Kn., berkedudukan di Jakarta Selatan, yang disahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, No. AHU-0000366.AH.01.07 Tahun 2020 tanggal 20 Januari 2020 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Komite Masyarakat Danau Toba.

Edison Manurung SH MM mengutarakan sesuai AD/ART dan deklarasi, DPP KMDT akan membentuk DPD dan DPC di provinsi, kabupaten/kota di Indonesia, dan luar negeri agar sarana wadah berhimpun putra-putri anak rantau yang peduli Bona Pasogit dan Danau Toba dapat terwujud. Mereka dapat menyalurkan aspirasi, pokok pikiran, dan bantuan demi kemajuan Danau Toba pada tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba.


DPP KMDT sudah mengeluarkan mandat pembentukan KMDT dan kepengurusan seperti di Taput, Tobasa, Humbahas, Samosir, Sumut, Riau, Kepri, Jabar, Kalbar, dan lainnya. Target tahun 2020 ini sudah harus dilantik semua demi tercapainya Visi Misi dan Program Kerja KMDT.

“Kami dengan Ketua MPR RI akan keliling Danau Toba melihat langsung sekaligus mengadakan acara sosialisasi Empat Pilar MPR. Pada saat itu juga akan dilakukan pelantikan pengurus DPC KMDT di kawasan Danau Toba. Mohon doa agar semua berjalan lancar,” pungkasnya. (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel