Edison Manurung, SH, MM, Caleg Partai Hanura Dapil Sumut II Nomor Urut 2: Pimpin Rapat Terbatas Menyongsong Pendirian Propinsi Danau Toba

JAKARTA, DNT News – Pada era Presiden BJ Habibie, Yayasan Danau Toba dengan Ketua Umum Prof Dr Midian Sirait berjuang melestarikan Danau Toba. Saat ini di era Presiden Jokowi muncul kerinduan masyarakat di sekitar Kawasan Danau Toba (KDT) untuk membentuk Propinsi Danau Toba.

Hal ini dikatakan Edison Manurung SH MM, Caleg Partai Hanura Dapil Sumut II Nomor urut 2, pada Rapat Terbatas menyongsong pendirian Propinsi Danau Toba yang digelar, Rabu 15 Agustus 2018, di Restoran Dunkin Donuts, Arion Mall, Jln Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur.

“Kerinduan masyarakat inilah yang ditindaklanjuti, sehingga kami menggaungkan pemekaran Propinsi Sumatera Utara dengan mendirikan Propinsi Danau Toba yang terdiri dari tujuh kabupaten yakni Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Samosir, Dairi, Simalungun, dan Karo,” ujar Mantan Ketua KNPI ini.

Edison Manurung SH MM mengatakan, aspirasi masyarakat sekitar KDT di era Presiden Jokowi terkait pemekaran Sumatera Utara dengan membentuk Propinsi Danau Toba, sekaligus untuk menghilangkan stigma Tapanuli Peta Kemiskinan. “Kemunculan aspirasi mendirikan Propinsi Danau Toba, membuka peluang lebar untuk diwujudkan dengan memperjuangkan di DPR-RI setelah melakukan berbagai diskusi terkait persyaratan,” katanya.

Ketika Staf Khusus Ketua DPD-RI ini pergi ke Medan beberapa waktu lalu, dia bertemu dengan para pejuang Propinsi Tapanuli yang dulu pernah dihukum. Mereka sangat mendukung dan mengapresiasi rencana pembentukan Propinsi Danau Toba. “Untuk itulah saya mengundang kita semua. Ini masih Rapat Terbatas yang akan kita kembangkan lagi. Sehingga kita harapkan, guliran rencana ini mendapat dukungan masyarakat sekitar Danau Toba di mana pun berada,” imbuhnya.

Rapat Terbatas menyongsong pendirian Propinsi Danau Toba dihadiri Edison Manurung SH MM, Jansen Sinamo, Ir SM Tampubolon, Drs Reinhard Manurung MM, dan lainnya
Para peserta Rapat Terbatas dipimpin Edison Manurung SH MM membulatkan tekad dengan mendukung pembentukan Propinsi Danau Toba

Jansen Sinamo mengatakan penggaungan mendirikan Propinsi Danau Toba sangat tepat setelah Propinsi Tapanuli sudah “abortus” tahun 2009 silam di Medan. Gagasan ini sangat bernilai tinggi secara politik dan secara hakiki untuk daerah itu sendiri. “Hanya Edison Manurung Caleg DPR-RI ke Senayan yang mendukung pembentukan Propinsi Danau Toba,” katanya.

Guru Etos Indonesia ini sangat menghargai kerinduan besar masyarakat yang menyentuh kembali cerita akan kehadiran Propinsi Tapanuli dulu. “Inilah tema yang harus dikampanyekan secara terus menerus agar bisa mengantarkan ke Senayan. Ingat Edison Manurung, ingat Provinsi Danau Toba,” serunya.

Dikatakannya, di era pemerintahan Presiden Jokowi keberadaan Danau Toba sudah menjadi otorita. BPODT pun sudah banyak berbuat, namun masyarakat masih belum puas. “Jadi kalau Provinsi Danau Toba sudah terbentuk, maka akan bisa bersinergi untuk meningkatkan pariwisata Danau Toba,” imbuhnya.

Dari ki-ka: Marthin Hutabarat SE, Ir SM Tampubolon, Drs Reinhard Manurung MM pada Rapat Terbatas menyongsong pendirian Propinsi Danau Toba
Suasana Rapat Terbatas menyongsong pendirian Propinsi Danau Toba, Rabu 15 Agustus 2018, di Restoran Dunkin Donuts, Arion Mall, Jakarta Timur

Ir SM Tampubolon mengatakan sangat mendukung terbentunya Propinsi Danau Toba. Sebelumnya ketika hendak mendirikan Propinsi Tapanuli, dia tidak setuju karena Tapanuli identik dengan peta kemiskinan. “Abortus Propinsi Tapanuli menjadi membuat lebih bagus terhadap pembentukan Propinsi Danau Toba,” katanya.

Disampaikannya, keinginan mendirikan Propinsi Danau Toba bisa menarik perhatian banyak orang apalagi dengan adanya BPODT. Keberadaan BPODT bisa mendorong berdirinya Propinsi Danau Toba. “Kita pun mendukung, karena akan ada keseimbangan ekonomi. Konkritnya, dengan sudah digulirkan pendirian Propinsi Danau Toba, maka harus melibatkan banyak pihak agar prosesnya lebih cepat, mudah, dan lancar,” ujarnya.

Ketua Umum Forum Peduli Bona Pasogit (FPBP) ini mengapresiasi Edison Manurung SH MM yang memanfatkan start. Karena sebelum orang mewacanakan, dia sudah terlebih dulu menggaungkan dan menggulirkannya. “Karena sudah ada yang memulai, perwakilan puak di KDT pun sudah ada yang mendukung, kita harapkan proses pembentukan Propinsi Danau Toba segera dapat dimulai,” imbuhnya.


Drs Reinhard Manurung MM mengatakan sangat mengapresiasi keinginan membentuk Propinsi Danau Toba. Dia berharap penggaungnya harus duduk di Senayan. “Harus ada yang menyuarakan di Senayan. Karena sudah digulirkan maka penggaungnya harus diperjuangkan duduk di Senayan. Propinsi Tapanuli yang dulu gagal diperjuangkan menjadi embrio pendirian Propinsi Danau Toba,” katanya.

Para peserta Rapat Terbatas sepakat membuat seminar lintas daerah KDT dalam watu dekat dan segera menyurati Ketua DPD-RI Dr H Oesman Sapta Odang. Selain itu berbagai usaha tetap dilakukan dengan membuat Focus Group Discussion yang hasilnya dipublikasikan.

Rapat Terbatas itu dihadiri Edison Manurung SH MM, Jansen Sinamo, Ir SM Tampubolon, Drs Reinhard Manurung MM, Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM, Drs Roy Monang Manurung, Jamida Pasaribu, Edison Sibuea, Drs Yansen Manurung, Ir Darsono Manurung, Listen Manurung SH, Sahala Manurung SE, Marthin Hutabarat SE, Drs Richardo Siahaan Ak, dan lainnya. (TAN)

======================================
PANITIA SEMINAR LINTAS DAERAH
KAWASAN DANAU TOBA
======================================
Pembina:
Edison Manurung, SH, MM

Penasihat:
Ir. S.M. Tampubolon
Drs. Reinhard Manurung, MM
Drs. Renalmon Hutahaean, MM

Ketua:
Jansen Sinamo
Wakil Ketua:
Drs. Roy Monang Manurung
Sekretaris:
Drs. Tonny Rons Hasibuan, SH, MM
Wakil Sekretaris:
Sahala Manurung, SE
Bendahara:
Marthin Hutabarat, SE
Wakil Bendahara:
Drs. Richardo Siahaan, Ak

Humas:
Jamida Pasaribu
Edison Sibuea
======================================

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel