Edison “Lawak Batak Ok Punya” Sibuea: Musisi, Pelawak, dan Pencipta Lagu

Edison Sibuea

JAKARTA, DNT News — Suatu hal yang sangat disyukuri kepada Tuhan, ketika seseorang memiliki tiga talenta dalam bidang seni musik. Walau dengan tingkat pendidikan yang rendah namun motivasi menjalani kehidupan dengan berkarya melalui talenta yang ada tidak pernah surut.

Hal inilah yang terus dialami Edison Sibuea seorang musisi, pelawak, dan pencipta lagu. Label “Lawak Batak Ok Punya” melekat pada dirinya berkat banyaknya lawak Batak yang dibawakan dalam berbagai acara dan ditampilkan di youtube yang dapat diakses setiap orang.

Edison Sibuea
Edison Sibuea dan istri tercinta Nurhaida br Nainggolan bersama putera/i menantu Tiodoro Natalia br Sibuea/Donny Darmawan, Jerry Wilson Sibuea, dan cucu Jonathan Alberto.

Dalam bincang-bincang dengan dalihannatolunews.com, pria kelahiran 09 Januari 1954 di Pematangsiantar ini bercerita tentang lika-liku kehidupannya dalam berkarier. Dalam bidang pendidikan, dia termasuk orang yang kurang beruntung karena hanya mengenyam hingga kelas V SD. “Yang jelas pendidikan saya sangat rendah. Saya tidak tamat SD. Hanya sampai kelas V SD saja,” katanya.

Dalam jiwa raganya dari sejak kecil yang muncul hanya bidang seni khususnya seni melawak. “Cita-citaku sian dakdanak holan sada do, ima boi mambahen mengkel jolma. Molo boi hubahen mengkel jolma, nga tung mansai las rohangku,” katanya.

Dalam perjalanan karier yang dimulai sejak 1985, dia telah menciptakan lagu di antaranya “Sudahlah Ito”, “Didia Ho Nuaeng”, “Sapata Ni Ilukki”, “Arga Do Ho di Ahu”, “Debata Na Ni Ida”, dan lainnya. Ciptaannya yang dekat di hati masyarakat adalah lagu “Pegang Gonting Abang” dan “Ho Do Bintanghu”.

Walau Edison Sibuea berprofesi sebagai musisi dan pencipta lagu namun dalam perjalanan waktu lebih banyak dikenal sebagai pelawak. Berbagai album lawak Bataknya dalam bentuk situasi komedi (Sitkom) antara lain album lawak “Sibarbar Losung”, “Lawak Meja”, “Andaliman Group”, “Obama Group”, dan “Lawak Batak Ok Punya”.

Lawak Batak yang paling berkesan dihasilkannya adalah lawak “Apa katanya, Apa kau bilang”. Lewat lawak Sitkom yang sangat digemari masyarakat ini telah melambungkan namanya dalam dunia lawak.

Edison Sibuea
Edison Sibuea bersama anak Jerry Wilson Sibuea dan cucu Jonathan Alberto.

Dalam Pilpres dia juga menciptakan lagu kampanye “Jokowi-JK”, lagu kampanye Pilkada DKI Jakarta “Ahok-Djarot”, serta lagu kampanye Pilkada Tobasa “Darwin Siagian-Hulman Sitorus”.

Edison Sibuea memiliki motto hidup “Jangan pernah menyerah. Baik atau pun buruk datangnya dari diri kita sendiri.” Dia selalu bersemangat berjuang menjalani kehidupan dalam bidang seni musik. “Semua itu saya dapatkan tak lain dan tak bukan adalah karena kasih karunia Tuhan. Apalagi melihat latar belakang pendidikan saya yang hanya sampai kelas V SD,” pungkasnya. (Fanda Grace)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel