Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing: Bertemu dengan Bank BNI di RS HKBP Balige Hasilkan Kesepakatan Kalau RS akan Menerima Haknya

BALIGE DNT News – Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing mengunjungi Rumah Sakit (RS) HKBP Balige, Rabu 27 Februari 2019, didampingi Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt Donda Simanjuntak STh, Kepala Biro Hukum Pdt Betty Sihombing STh SH, Majelis Pekerja Sinode Distrik XI Toba Hasundutan Balige Pdt Herbet Hutagalung STh, St Mangapul Siahaan, Pdt Miduk Sirait MTh, serta staf dan pegawai.

Kunjungan dadakan Ephorus HKBP ini dalam rangka meninjau RS HKBP Balige, bertemu dengan Pelaksana Direktur RS HKBP Balige dr Nelson Siburian beserta para staf dan pegawai kantor Yayasan Kesehatan HKBP sekaligus bertempat di Kantor Yayasan. Pertemuan singkat dan resmi ini dihadiri perwakilan BNI dalam rangka menindaklanjuti pencairan uang RS HKBP Balige termasuk gaji pegawai.

Kedatangan Ephorus HKBP sudah beberapa kali, termasuk ketika melantik pengurus Yayasan Kesehatan HKBP yang diketuai Dr dr Tahan P Hutapea sekaligus bertemu dengan seluruh team medis dan pegawai di Aula RS HKBP Balige. Namun, kunjungan kali ini khusus untuk meninjau kondisi terkini RS HKBP Balige, sebagai salah satu bentuk respon konkret untuk menjawab pergumulan pegawai dan masyarakat.

Sebelumnya juga, Ketua Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP Dr dr Tahan P Hutapea SpP (K) MARS memberikan informasi kepada Ephorus HKBP kalau pengurus yayasan telah mengunjungi RS HKBP Balige, Akper, dan RS HKBP Nainggolan.

Pertemuan Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing dengan Evelyn Sibarani mewakili Kepala Cabang BNI menghasilkan kesepakatan kalau RS akan menerima haknya di akhir bulan Pebruari 2019

Ephorus HKBP sangat menyayangkan berbagai info simpang siur yang muncul di masyarakat dan media. Ada info karena titipan Ephorus supaya jadi direktur, info karena Ephorus tidak mau mengalah, info karena uang RS dipakai Pimpinan HKBP, dan lainnya yang tidak berdasar sama sekali.

Padahal yang kami lakukan sejak awal untuk memperbaiki dan membenahi sesuai Akta Pendirian Yayasan Kesehatan HKBP. Kedatangan kami ini untuk meninjau dan mendengar dari rumah sakit dan menjelaskan perkembangan proses pembenahan dari yayasan dan pelaksana direktur sekaligus menjawab pergumulan para pegawai,” katanya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 142/Maret 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 142/Maret 2019

Menurutnya, pelayanan RS HKBP Balige sangat perlu pembenahan secara intensif. Memang sudah ada peningkatan di bidang tertentu, namun belum maksimal dan masih banyak yang perlu diperbaiki guna meningkatkan pelayanan rumah sakit, termasuk akademi keperawatan HKBP, dan rumah sakit HKBP di Nainggolan.

Kehadiran Evelyn Sibarani mewakili Kepala Cabang BNI dalam pertemuan itu untuk menindaklanjuti pertemuan BNI bersama Ephorus HKBP beberapa waktu lalu di Pearaja Tarutung. “Dihasikan kesepakatan kalau RS akan menerima haknya di akhir bulan Pebruari ini. Dimana uang yang tersimpan di BNI selama ini tidak bisa dipakai dikarenakan adanya somasi dari pihak lain kepada Bank BNI,” ujar Ephorus.


Sebelumnya pihak BNI sudah dua kali beraudiensi kepada Ephorus di Pearaja. Terakhir Jumat 15 Februari 2019 yang dengan hati tulus dan terbuka, setelah BNI menceritakan pergumulan dikarenakan adanya somasi kepada mereka, Ephorus pun juga awali dengan meninjau kerjasama yang ada, BPJS bekerjasama dengan RS HKBP Balige dengan jasa BNI.

Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing sempat menayakan. Kalau RS HKBP Balige sudah memberikan pelayanan ke warga, dan BPJS dalam hal uang pun sudah memberikan hak RS HKBP Balige, lalu kenapa pihak Bank yang menahan? Apa haknya Bank menahan uang rumah sakit?

Akhirnya pihak Bank mengerti dan Ephorus HKBP pun berterimakasih atas niat baik BNI datang mengklarifikasi dan konsultasi serta bersedia memberikan hak rumah sakit dengan adanya Surat Penyataan Rekomendasi dari Ketua Pembina Yayasan pencairan uang rumah sakit melalui pengurus Yayasan Kesehatan HKBP saat ini. Kemudian ditindaklanjuti oleh surat kesediaan pengurus yayasan untuk menerima dan mengelola uang rumah sakit. (BK)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel