Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing: Melayani MBO dan Tahbisan HKBP Puteri Deli Ressort Medan Johor Distrik X Medan Aceh

DELISERDANG, DNT News – Peletakan Batu Alas Gereja atau MBO-Mameakhon Batu Ojahan merupakan acara besar bagi gereja. Dua di antaranya pelayan dan seluruh jemaat berjanji kepada Tuhan, serta meletakkan (menanam) dokumen Teologi yang ditetapkan Pusat dengan disusun di dalam sebuah kotak.

Hal inilah yang dilayani Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Minggu 13 Mei 2018, dalam Ibadah Mameakhon Batu Ojahan (MBO) dan Mentahbiskan HKBP Puteri Deli Ressort Medan Johor Distrik X Medan Aceh. Ompu i Ephorus HKBP mengetuk Peti Perjanjian MBO didampingi Wakabiro Jemaat Pdt Daslan Rajagukguk MTh.

“Mengikutkan Agenda HKBP, ibadah ini secara khusus mendoakan Gereja, tempat ibadah yang telah selesai dibangun. Sehingga tempat ini terberkati dan siapa saja yang datang ke gereja ini dengan kerinduannya maka akan terberkati,” katanya.

Dokumen yang ditanam tersebut di antaranya Alkitab, Buku Ende, Katekhismus, Padan Na Robi Pinajempek, Padan Na Imbaru Pinajempek, Kidung Jemaat, Konfessi, RPP, Aturan Peraturan, Juklak, Daftar Jemaat dan pelayan gereja, sejarah gereja, dan lainnya.

Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing mengutip nats firman dari 2 Raja-raja 20:1-7 dengan menekankan ajaran tentang doa yang punya kuasa besar karena Tuhan menjawab doa orang percaya.

“Tidak semua orang Kristen punya kesempatan untuk ikut membangun gereja. Seperti kejadian Daud yang menginginkan membangun Bait Suci, tetapi Tuhan berkenan dibangun justru pada masa Salomo sebagai raja,” jelasnya.

Pdt Martin Manullang (Pendeta Ressort Medan Johor) memimpin Ikrar Perjanjian Seluruh Jemaat HKBP Puteri Deli berhadapan dengan Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing dan Praeses Distrik X Medan Aceh Pdt Sunggul P Sirait
Ompu i Ephorus HKBP bersama Praeses, Pendeta Ressort, dan Panitia MBO, Mangompoi HKBP Puteri Deli

Ketua Pembangunan Chandra Sinaga mengatakan hanya dengan waktu 7 bulan, tanah yang disumbangkan Keluarga Ginting itu langsung dibangun gereja dengan nama HKBP Puteri Deli dalam proses sukacita dan semangat di dalam Iman kepada Yesus Kristus.

“Semua jemaat harus merasakan pelayanan gereja. Tidak boleh ada alasan dikarenakan jauh sehingga tidak bergereja. Itulah kehadiran HKBP Puteri Deli untuk menyentuh setiap jemaat di sekitarnya,” ujarnya.


Gereja yang berlamatkan di Jln Mama Suka Perumnas Deli, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara ini dilayani 5 (lima) orang Sintua yang diawali dengan pemikiran dari Wijk 5 HKBP Namorambe.

Gereja ini telah ditetapkan menjadi jemaat resmi di HKBP, Minggu 22 April 2018 yang dipimpin Praeses Pdt Sunggul P Sirait. Sebelumnya sudah diadakan Natal pertama dengan kondisi bangunan apa adanya pada 16 Desember 2017 lalu.

Saat ini gereja dengan jemaat 53 keluarga (160 jiwa) dipimpin Calon Gr Samuel Simorangkir dan Pdt Martin Manullang (Pendeta Ressort Medan Johor). Turut hadir para undangan dari utusan gereja-gereja, perseorangan, dan para Pendeta di Distrik X Medan Aceh. (AS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel