Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing: Mengunjungi dan Mendoakan dengan Mangupa-upa dan Mangulosi Kapolres Labuhanbatu

LABUHANBATU, DNT News – Mangupa-upa merupakan tradisi khusus dalam masyarakat Batak kalau ada seseorang yang semangat hidupnya lemah, karena sesuatu hal berupa terlepas dari bahaya maut dalam kecelakaan yang dianggap suatu keajaiban atau baru sembuh dari penyakit parah.

Hal inilah yang dilakukan Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Jumat 11 Mei 2018 pagi, ketika menyempatkan memberikan semangat mengunjungi dan mendoakan (Bahasa Batak: Mangupa-upa dan Mangulosi) Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang dan 4 orang polisi lainnya yang selamat dari karamnya Speed Boat beberapa waktu lalu.

Pada kejadian itu, Kapolres bersama rombongan hendak menghadiri undangan pesta pernikahan anak dari Bupati Labuhanbatu di Panei Hilir dengan menggunakan penyeberangan Speed Boat. Namun ketika berada di Speed Boat, tiba-tiba oleng dan terhempas terjun ke sungai. Salah seorang rombongan yakni Wakapolres Kompol Andi Chandra terperangkap di ruang kemudi dan meninggal dunia, di Perairan Desa Sei Lumut.

Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyempatkan waktu mengunjungi Kapolres Labuhanbatu di kantornya, sekaligus mendoakan Kapolres bersama rombongan yang menjadi korban dan seluruh anggota Kepolisian Labuhanbatu, agar kiranya Tuhan menguatkan mereka kembali dengan tetap melakukan tugas mulia di wilayah Labuhanbatu.

Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing dan Ompu Boru Mantasia br Siahaan didampingi Pdt Binsar Siahaan STh MM, Pdt Melki Purba (Diakones), Pdt Alter Pernando Siahaan, dan lainnya diabadikan dengan jajaran Polres Labuhanbatu

Kehadiran Ompu i Ephorus bersama Ompung Boru Mantasia br Siahaan di Labuhanbatu adalah dalam rangkaian kegiatan HKBP Distrik XXVI Labuhanbatu, Kunjungan Pastoral ke HKBP Panei Hilir, Pembinaan Pelayan Se-Distrik di Lobusona, Penanaman Pohon di HKBP Janji, dan Seminar tentang kesehatan.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang dalam sambutannya menyampaikan kronologi kejadian itu sekaligus mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan perhatian Ompu i Ephorus yang didampingi Praeses Pdt Binsar Siahaan STh MM dan para Pendeta serta jemaat HKBP lainnya.

“Kunjungan ini membuat kami merasa bangga dan hangat atas doa dalam suasana berduka ini. Kami memohon doa kiranya Tuhan menguatkan kami semua yang sedang bertugas di wilayah ini,” ujarnya.


Pada kesempatan itu, teman sejawat kepolisian mengadakan acara singkat berupa pemberian Ulos serta mendoakan Kapolres dan jajarannya. Mereka sekaligus memberikan sosial sebagai perantara menguatkan sesama mereka.

Pada acara itu terlihat hadir mendampingi Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing antara lain Pdt Melki Purba (Diakones), Pdt Alter Pernando Siahaan (Sekhus Ephorus), Ny Hutauruk br Siahaan (Bibelvrouw), dan staf. (BK)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel