Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing: Menitipkan Jemaat HKBP Memperoleh Kesempatan Kepada Gubernur dan Ketua DPRD Sumatera Barat

PADANG, DNT News – Saya menitipkan kepada Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar supaya jemaat HKBP juga memperoleh kesempatan untuk diperhatikan sebagaimana masyarakat umat beragama lainnya. Saya yakin itu sudah dilakukan, tetapi sangatlah berharga ketika kami berkunjung bisa bertemu secara pribadi dan sebagai Gubernur serta Ketua DPRD Sumbar.

Hal ini dikatakan Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing ketika bersilaturahmi, Jumat 24 Agustus 2018, dengan Ketua DPRD Sumbar di Kantor DPRD Sumbar dan dengan Gubernur Sumbar di kediamannya, Padang.

“Atas nama HKBP, kami mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat DPRD Sumbar. Di waktu lain hubungan dan kerjasama bisa ditindaklanjuti kembali. Kami mensyukuri kepada Tuhan atas pertemuan ini, karena terlaksana dengan baik dan sukacita. Kami juga berterimakasih kepada semua yang turut mendukung pertemuan ini termasuk juga para insan pers,” katanya.

Di Sumatera Barat, terdapat HKBP dikarenakan ada orang Batak yang merantau ke daerah ini. HKBP merupakan tempat dimana ia berasal dan menerima pembinaan iman maupun berkomunitas dengan sesama dari kampung halamannya. “Kami yakin dan percaya, di dunia ini selalu dibarengi dua hal yaitu jasmani dan rohani. Di dalamnya pasti dibutuhkan silaturahmi, persaudaraan, dan persekutuan,” ujarnya.

Ephorus menyampaikan, di dunia ini tidak ada negara yang terdiri dari satu suku bangsa, satu adat, satu bahasa, dan satu kepercayaan. Untuk itu Ephorus selalu memesankan kepada warga jemaat, kalau hidup di dalam masyarakat harus menjalin hubungan dengan baik, sopan, santun, ramah, serta menjalin persaudaraan kepada orang lain yang berbeda. “Sekalipun berbeda, tetapi kami pahami itu bukanlah ancaman tetapi bisa menjadi kekuataan bagi kita untuk saling mendukung dan saling melengkapi. Pastilah kita membutuhkan orang lain dan orang lain juga membutuhkan kita,” urainya.

Dalam umat beragama juga begitu, termasuk dalam hal kehidupan di NKRI. Pemerintah sangat membutuhkan kerjasama dan dukungan gereja dan agama lainnya. Demikian juga gereja membutuhkan kerjasama dengan Pemerintah. “Kita saling membutuhkan karena perbedaan itu sudah ada sejak kita ada di dunia ini. Ada banyak suku di NKRI ini yang tentu menjadi kekayaan NKRI sebagai bangsa yang besar. Kehidupan sosial membuktikan kita harus saling menopang satu sama lain,” sebutnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 136/September 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 136/September 2018

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar menjelaskan perkembangan dan kondisi terkini Sumbar yang bisa dikatakan damai dan tetap berupaya supaya terpelihara toleransi umat beragama. Hal senada juga dikatakan oleh Ketua DPRD, dimana Sumbar mayoritas agama Islam namun tetap mengupayakan situasi aman dan damai.

“Semua perwakilan rakyat siap memperjuangkan aspirasi masyarakat dan sepanjang pengamatan kami di Sumbar tidak ada masalah gangguan beribadah, saling menghargai satu sama lain, dan kami juga siap membantu gereja HKBP. Yah… bisa saja kami suatu saat akan berkunjung ke Kantor Pusat HKBP,” katanya yang langsung disambut Ephorus HKBP dengan jawaban siap dan sangat senang untuk rencana itu.

Gubernur Sumbar menyampaikan perhatian pemerintah terhadap Masyarakat Kristen termasuk yang ada di Padang, Mentawai, dan sekitarnya. “Di sini bukan hanya HKBP. Ada juga Khatolik, ada Gereja Mentawai, Gereja-gereja lainnya. Mungkin kita akan upayakan memberikan perhatian maksimal,” katanya.


Dia mengakui sebagai Pemerintah Sumbar membutuhkan dukungan masyarakat, tokoh agama memberikan pikiran dan masukan membangun, serta pihak lainnya untuk memajukan Provinsi Sumbar. “Ada banyak contoh nyata kebersamaan kita sebagai sebangsa Indonesia. Kita setuju pernyataan Ephorus HKBP yang mengatakan kalau dalam konteks berbangsa dan bernegara, perbedaan bukanlah ancaman tetapi kekayaan dan kekuatan bersama untuk saling menopang,” katanya.

Gubernur dan Ketua DPRD mengucapkan terimakasih atas kunjungan Pucuk Pimpinan HKBP dan menitipkan salam kepada seluruh jemaat HKBP dari Pemerintah Provinsi Sumbar. “Ini menjadi kebanggaan buat kami karena mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktu untuk mengunjungi kami di Sumatera Barat ini,” tutur Gubernur.

Silaturahmi ini diakhiri dengan foto bersama serta memberi dan menerima Plakat sebagai tanda kasih dan kenang-kenangan atas kunjungan Pucuk Pimpinan HKBP. (Mar)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel