Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (FE-UNITA): Gelar Pameran dan Bazar Produk Andaliman dan UKM Geopark Kaldera Toba di Balige

BALIGE, DNT News – Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian MM beserta Ibu Brenda Ritawati Aruan mengunjungi pameran produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Jumat 17 Mei 2019, di kompleks Hotel Marsaringar, Balige, Tobasa. Bupati berkeliling dan memperhatikan seraya berbincang dengan para pelaku UMKM itu.

Bupati beserta rombongan juga meminta untuk menikmati kopi dari Stand Fakutas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (FE-UNITA). Dia memberikan apresiasi dan mendukung agar lebih giat meningkatkan pembinaan kreatifitas kewirausahaan bagi mahasiswa agar nanti setelah tamat dari UNITA bisa menjadi wirausahaan yang handal.

Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Tobasa, Harapan Napitupulu SH yang juga merupakan alumni dari UNITA mengatakan sangat surprize pelaksanaan pameran itu. Dia berharap pelaku UMKM yang lain juga diajak untuk bekerjasama memasarkan produk-produk dari kabupaten Tobasa. Untuk itu dia mendorong pihak penyelenggara agar lebih giat mengajak yang lain memasarkan produknya untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Pada kegiatan ini pimpinan penyelenggara atau panitia pelaksana Komunitas UMKM Danau Toba, Marandus Sirait mengatakan bahwa pameran ini terselenggara berkat kegigihan para pelaku UMKM yang berjumlah 25 orang. Seiring dengan perkembangan pariwisata Danau Toba yang sedang digalakkan pemerintah dengan harapan bahwa Tobasa memiliki oleh-oleh yang bisa dinikmati wisatawan dan bisa dijumpai di lokasi wisata di Kabupaten Tobasa.

Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian MM beserta ibu Brenda Ritawati Aruan saat mengunjungi Stand FE-UNITA
Dari (ki-ka) Sahat M Manullang SP (Kadis Pertanian), Marsarasi Simanjuntak SP (Kadis Koperindag), Ir Darwin Siagian MM (Bupati Tobasa), Marandus Sirait, Brenda Ritawati Aruan (Istri Bupati), beserta rombongan

Berbagai produk makanan yang dipamerkan adalah bakso, kripik, sasagun, kopi, bandrek dimana semuanya bercitarasa Andaliman sebagai tanaman khas Tobasa. Disamping kopi, madu, kopi bermerek hutanta, dan ulos kerajinan dimana 60 persen berasal dari Tobasa dan 40 persen berasal dari sekitar kawasan Danau Toba yakni dari Taput, Humbahas, dan Simalungun.

Rektor UNITA Ir Adriani Siahaan MP mengatakan bahwa UNITA salah satu peserta dari pameran itu, sangat berperan aktif untuk memasarkan produk yang dihasilkan oleh para mahasiswa yang dibina langsung Fakultas Ekonomi melalui kegiatan Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) Kewirausahaan.

Joan Berlin Damanik SSi MM selaku Dekan FE-UNITA mengatakan bahwa Fakultas Ekonomi yang telah membina UKM Kewirausahaan berupaya agar mahasiswa Fakultas Ekonomi setelah tamat menjadi sarana memliki kemampuan lebih. Sehingga lulusannya tidak bergantung untuk menjadi pegawai tetapi harus memliki skill yang bisa menjadi wirausaha handal. Dia juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini seharusnya mendapat dukungan dari masyarakat perantau Tapanuli untuk memberikan kontribusi sehingga masyarakat yang tinggal di Tapanuli Raya semakin maju.

Rektor UNITA Ir Adriani Siahaan MP dan Dekan FE-UNITA Joan Berlin Damanik SSi MM bersama Tim Pameran FE-UNITA
Dari (ki-ka) Hotlan Purba SE MM, Leonard Sinaga SE MM (Pudek-3), Joan Berlin Damanik SSi MM (Dekan FE-UNITA), Harapan Napitupulu SH (Plt Sekda Tobasa), dan Marandus Sirait (Panitia Pelaksana)
Dari (ki-ka): Ir Adriani Siahaan MP, Joan Berlin Damanik SSi MM, Merdi Sihombing (Desainer), Niel F Sigalingging (Pelukis), Leonard Sinaga SE MM (Pudek-3), dan Ester Mawar Siagian SE MM (Purek-1)

Adapun UKM Kewirausahaan FE-UNITA mempromosikan hasil karya mahasiswa berupa tas bermotif ulos Batak, topi dari bahan rotan, sarung tumtuman pakai benang seratus, lukisan, sarung togu-togu, kopi racikan, dan berbagai produk lainnya.

Desainer Merdi Sihombing memberikan banyak masukan kepada peserta pameran dalam upaya meningkatkan kreatifitas kearifan lokal. Dia berharap kegiatan ini harus mampu meningkat kesejahteraan masyarakat Tapanuli Raya, karena wilayah ini memiliki banyak potensi yang bisa digali untuk dapat meningkatkan kesejahteraan terutama dalam mendukung peningkatan pariwisata Geopark Kaldera Toba.


Pada kesempatan ini juga Merdi langsung menawarkan kepada pelukis Niel F Galingging (mahasiswa FE-UNITA) untuk bergabung bersamanya berkiprah dalam Go Nasional. Merdi melihat kemampuan melukis dari Niel F Galingging akan mampu membawa kesuksesan.

Pada kegiatan ini turut serta hadir dosen UNITA yakni Leonard Sinaga SE MM, Rosalinda Sitompul SE MM, Herta Manurung SE MM, Deviana RW Sihombing SE MM, Nurlinawaty Simanjuntak SE MM, Hotlan Purba SE MM, Ester Mawar Siagian, Hotlin Siregar MM, dan Melda Purba.

Penjaga Stand pameran terdiri dari Devisa Hutasoit (tenunan tangan), Rosa D Siagian (kerajinan tangan), Santa M Hutabarat (Coffe V60), Lestari Pardosi (pembuat tas dari barang bekas minuman), Niel F Galingging (pelukis), dan Benaria Simanulang (bidang kecantikan). (AAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel