Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (FE-UNITA): Gelar Seminar Metodologi Penelitian

SIBORONGBORONG, DNT News – Untuk menyambut semester genap tahun akademi 2018/2019 bagi mahasiswa semester akhir, Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (FE-UNITA) menggelar “Seminar Metodologi Penelitian”. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen yang akan mengerjakan skripsi.

Seminar yang dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian ini diadakan, Sabtu 23 Februari 2019, di Ruang Auditorium Kampus UNITA, Bumi Silangit, Tapanuli Utara. Seminar ini diadakan dalam rangka membantu mahasiswa melakukan penelitian guna kepentingan skripsi maupun menambah pengetahuan mengenai metodologi penelitian.

Dalam seminar kali ini dihadirkan pembicara Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM (Ketua DPW Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia Sumut), Joan Berlin Damanik SSi MM (Dekan FE-UNITA), dan Roslinda Sitompul SE MM (Ketua Prodi Manajemen FE-UNITA). Seminar tersebut turut dihadiri Ester Mawar Siagian SE MM (Pembantu Rektor I) dan Hotlin Siregar SE MM (Pembantu Rektor III).

Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM (Pakai Jas), Joan Berlin Damanik SSi MM, Rosalinda Sitompul SE MM, Ester Mawar Siagian SE MM, Hotlin Siregar SE MM, dan para peserta seminar
Joan Berlin Damanik SSi MM menyerahkan cinderamata kepada narasumber Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM didamping para fungsionaris FE-UNITA

Pada sesi pertama, materi seminar disampaikan Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM. Dia menjelaskan mengenai cara membuat latar belakang masalah dan isi yang harus dimuat dalamnya. Setelah menyampaikan mengenai penulisan latar belakang masalah, dia mulai menjelaskan mengenai penentuan permasalahan, tujuan, dan manfaat penelitian. Selanjutnya landasan teori yang dipergunakan di dalam penulisan skripsi.

Sekitar tiga jam Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM membawakan materi dengan sangat baik. Setelah penyampaian materi selesai, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Para peserta pun mengajukan beberapa pertanyaan mengenai materi seminar. Semua pertanyaan yang diajukan para peserta dapat dijawab dengan baik oleh Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 142/Maret 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 142/Maret 2019

Pada sesi kedua dibawakan Joan Berlin Damanik SSi MM menyampaikan materi dengan judul “Penelitian Kualitatif”. Dilanjutkan sesi ketiga oleh Roslinda Sitompul SE MM dengan materi “Panduan Penulisan Tugas Akhir”. Kegiatan tersebut berlangsung hingga sore hari.

Di sela seminar Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM juga mengatakan, ISRI Sumut akan menjalin kerjasama dengan FE-UNITA untuk meningkatkan mutu terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian mahasiswa dan dosen.

Mengingat bahwa Prodi Manajemen FE-UNITA telah terakreditasi “B” dan Akreditasi Institusi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli telah mendapat Nilai “B” dengan No SK: 4043/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 sehingga tinggal berupaya untuk mempertahankan dan meningkat kualitas agar nanti kelak alumninya akan memiliki kemampuan analisis dan research yang dapat diterapkan di dunia usaha maupun dunia kerja.


Pada kegiatan tersebut Joan Berlin Damanik SSi MM mengucapkan terima kasih kepada Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM yang telah bersedia menjadi narasumber dalam seminar metodologi penelitian, kepada para dosen, dan para peserta seminar tersebut.

“Kita berharap agar ilmu dan pengetahuan yang disampaikan oleh pembicara ini dapat bermanfaat bagi para peserta seminar khususnya di dalam penyusunan penelitian skripsi,” katanya.

Di akhir kegiatan, Joan Berlin Damanik SSi MM didampingi oleh para fungsionaris memberikan cinderamata berupa plakat kepada Dr Nikous Soter Sihombing ST SKom MM. (MAR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel