Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA): Gelar Seminar Sehari Pembekalan Dalam Penyusunan Tugas Akhir

SILANGIT, DNT News – Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) melaksanakan seminar Metode Penelitian, Sabtu 19 Mei 2018, pukul 10.00-17.00 WIB, di Aula Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, Silangit, Siborongborong.

Seminar penulisan tugas akhir ini dibuka Joan Berlin Damanik SSi MM selaku Dekan FE-UNITA. Dalam sambutannya dia mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan seminar penulisan tugas akhir ini adalah untuk dapat memberikan pemahaman yang lebih, mulai dari penentuan metode penulisan, dan sistematis dari penulisan skripsi atau tugas akhir bagi mahasiswa.

Disampaikannya, dengan Program Studi Manajemen yang telah terakreditasi “B” dan akreditasi AIPT UNITA dengan peringkat “B”, maka selain perkuliahan yang rutin dilakukan, perlu dilakukan tambahan berupa seminar untuk menambah kemampuan para mahasiswa menghadapi persaingan dunia kerja maupun dunia usaha yang semakin ketat. “Jadi nanti setelah tamat dari  Fakultas Ekonomi UNITA diharapkan mampu bersaingan dengan alumni Perguruan Tinggi lainnya,” katanya.

Seminar Metodologi Penelitian yang diikuti sebanyak 28 mahasiswa ini berlangsung selama satu hari  yang dibagi dalam 3 (tiga) sessions dengan masing-masing narasumber DR Nikous Soter Sihombing MM, Leonard Sinaga SE MM, dan Hotlan Purba SE MM.

Pada session pertama peserta mendapatkan penjelasan tentang “Metode Penelitian Sosial dan Bisnis”  dari DR Nikous Soter Sihombing MM yang merupakan alumni Universitas Sisingamangaraja XII Medan dan saat ini menjadi Dosen Kopertis Wilayah I.

Para peserta “Seminar Metode Penelitian” dengan serius menyimak pemaparan dari para narasumber
Joan Berlin Damanik SSi MM memberikan cinderamata kepada narasumber DR Nikous Soter Sihombing MM didampingi Roslinda Sitompul SE MM, dan Herta Manurung SE MM

Dijelaskannya, bahwa dalam penyusunan tugas akhir hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan permasalahan penelitian yang dapat dilakukan dengan mengamati lingkungan dan fenomena yang ada di sekitar. Dia juga menjelaskan tentang perbedaan antara metode penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kualitatif.

Dengan pemaparan yang serius dan penuh canda, dia mampu mencairkan suasana seminar. Para peserta terlihat antusias dalam mendengarkan penjelasan dari DR Nikous. Para peserta pun mengajukan pertanyaan terkait dengan penulisan tugas akhir.


Pada sessions kedua materi yang diberikan kepada peserta yaitu “Metode Pengolahan Data” yang disampaikan Leonard Sinaga SE MM dan dilanjutkan dengan membahas  “Teknik Penyusunan Proposal Tugas Akhir” yang dibawakan Hotlan Purba SE MM. Kedua nara sumber ini merupakan Dosen Program Studi Manajemen FE-UNITA.

Pada Kegiatan ini turut hadir Ester Mawar Siagian SE MM (Purek I), Rosalinda Sitompul SE MM (Ketua Prodi Manajemen), Nurlinawaty Simanjuntak SE MM (Sekretaris Prodi Manajemen), Herta Manurung SE MM (Pudek I Ekonomi), Delviana Sihombing SE MM (Pudek II), dan Hotlin Siregar SE MM. (BK)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel