Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA): Gelar Seminar Wisata Edukatif Diikuti 390 Mahasiswa ke Pandan Tapanuli Tengah

SIBOLGA, DNT News – Wisata edukatif dilakukan setiap tahun dan merupakan kegiatan akademik Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara (FE-UNITA) yang bertujuan menambah wawasan mahasiswa di bidang pariwisata.

Hal ini dikatakan Dekan FE-UNITA, Joan Berlin Damanik SSi MM dalam laporannya terkait penyelenggaraan Seminar Wisata Edukatif dengan topik “Peran Pemerintah Untuk Pengembangan UMKM”, Sabtu-Minggu 21-22 Juli 2018, di Hotel Pia Pandan, Jln Pandan-Sidempuan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Melalui kegiatan itu mahasiswa melihat langsung objek wisata, perkembangan dan faktor yang mempengaruhinya terutama dalam bidang ekonomi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), serta aplikasinya,” katanya seraya menambahkan Wisata Edukatif juga diisi dengan pelaksanaan senam pagi, kebaktian di gereja, dan rekreasi di tepi pantai.

Disampaikannya, ada 390 peserta seminar seluruhnya mahasiswa FE-UNITA. Mereka didampingi para fungsionaris di antaranya Ester M Siagian SE MM (Pembantu Rektor I), Herta Manurung SE MM (Pembantu Dekan I), Delviana RW Sihombing SE MSi (Pembantu Dekan II), Leonard R Sinaga SE MM (Pembantu Dekan III), Rosalinda S Sitompul SE MM (Ketua Prodi Manajemen), Nurlinawati SE MM (Sekretaris Prodi Manajemen), Hotlin Siregar SE MM, Hotlan Purba SE MM, Ronal Sihaloho SE MSi, dan Rina Handayani SP MM.

Setibanya di Tapteng, Sabtu 21 Juli 2018 siang, rombongan mahasiswa disambut Bupati Tapteng Baktiar Ahmad Sibarani yang diwakili Kadis Pendidikan Pemkab Tapteng Sehat Munthe SPd MM.

Sehat Munthe SPd MM, Joan Berlin Damanik SSi MM, dan fungsionaris lainnya diabadikan dengan para mahasiswa
Dekan FE-UNITA Joan Berlin Damanik SSi MM memberikan cendramata berupa Ulos Batak kepada Sehat Munthe SPd MM
Sehat Munthe SPd MM Kepala Diknas Tapteng diabadikan dengan fungsionaris UNITA dan para mahasiswa peserta seminar

Sementara itu, Kadis Pendidikan Pemkab Tapteng saat menjadi pembicara pada pelaksanaan seminar menyampaikan visi Pemkab Tapteng periode 2017-2022 yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Tapteng yang berkarakter, mandiri, beraklak, dan berkeadilan sejahtera.

Dikatakannya, Bupati Tapteng dalam mencapai visi tersebut menyusun misi di antaranya menyediakan pendidikan gratis 12 tahun untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berdaya saing. “Termasuk program pengembangan potensi wisata secara serius menuju peningkatan ekonomi rakyat,” ujarnya.

Ia juga memotivasi para mahasiswa untuk tekun belajar dalam menimbah ilmu selama di bangku perkuliahan, agar setelah lulus dan meraih gelar sarjana lebih mengarah untuk membuka usaha dan membuka lowongan kerja di tengah masyarakat.

Acara seminar ini kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata berupa Ulos Batak kepada Kadis Pendidikan Pemkab Tapteng oleh Dekan FE-UNITA disaksikan seluruh peserta seminar.


Dari selebaran brosur UNITA yang diterima wartawan di lokasi seminar disebutkan, tahun ajaran 2018/2019 ini UNITA membuka penerimaan mahasiswa baru lulusan SMA, SMK, pindahan dan transfer.

UNITA memiliki visi menjadi suatu lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan yang unggul dan berwawasan global, beretika, dan berkarakter dengan misi memiliki kecerdasan, berbudi luhur, patriotik sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pelatihan untuk mengembangankan keterampilan masyarakat.

Di UNITA terdapat 5 fakultas program S-1 meliputi Teknik program studi teknik industri, Pertanian program studi agroteknologi, Hukum program studi ilmu hukum, Ekonomi program studi manajemen, dan KIP (Keguruan dan Ilmu Pendidikan) program studi pendidikan matematika, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dan pendidikan PKN. (BK)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel