Gerakan Batak Bersatu: Deklarasi Mendukung Pemerintah Republik Indonesia Dibawah Kepemimpinan Presiden Jokowi Hingga Tahun 2024 Mendatang

JAKARTA, DNT News – Organisasi Gerakan Batak Bersatu sepakat mendukung Jokowi di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Kami sangat menghargai kinerja yang telah dilakukan Jokowi di Sumatera Utara secara khusus dan Indonesia secara umum.

Hal ini dikatakan Ketua Umum DPP GBB (Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Batak Bersatu) Capt Dr Anthon Sihombing MM, pada Pengukuhan DPP GBB periode 2018-2023 yang dirangkai dengan deklarasi mendukung Pemerintah Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi hingga tahun 2024 mendatang.

Pengukuhan dan deklarasi yang dipanitiai Muara Karta Simatupang SH MM (Ketua) dan Anton Sihite SE (Sekretaris) ini digelar, Sabtu 05 Mei 2018 malam, di Swiss Bellin Hotel, Komplek Springhill, Jln Benyamin Sueb, Blok D6, Kemayoran, Jakarta.

Pengukuhan DPP GBB periode 2018-2023 dengan Ketua Umum Capt Dr Anthon Sihombing MM

Capt Dr Anthon Sihombing MM mengatakan kinerja Presiden Jokowi selama 3,5 tahun pemerintahannya cukup baik. Ketulusan Jokowi dalam membangun bangsa ini tak perlu diragukan lagi. “Dukungan ini dilakukan demi menyukseskan pembangunan menuju tercapainya kejayaan bangsa. Karena Presiden Jokowi telah banyak berbuat untuk Indonesia dan khususnya Sumatera Utara,” katanya.

Disampaikannya, pertumbuhan populasi masyarakat Batak di Indonesia sangat pesat. Sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010 mencatat, jumlah orang Batak di Indonesia 8.466.969 jiwa atau 3,58 persen dari seluruh populasi Indonesia. Diperkirakan pada tahun 2020 populasi orang Batak akan mencapai 12 juta jiwa.

Seiring perkembangan situasi kebangsaan dewasa ini, nilai-nilai kebangsaan mulai tergerus dan cenderung membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. “Sikap intoleran dan pemaksaan kehendak oleh kelompok tertentu kerap terjadi. Di sisi lain, peran serta atau keterlibatan tokoh-tokoh Batak dalam menentukan arah kebijakan bangsa, baik di legislatif, eksekutif, judikatif, militer, dan lainnya turut mengalami kemunduran,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 132/Mei 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 132/Mei 2018

Capt Dr Anthon Sihombing MM yang merupakan anggota DPR-RI dari Partai Golkar ini juga menyampaikan tantangan yang dihadapi orang Batak yakni kebanggaan sebagai orang Batak di kalangan generasi muda yang cenderung memudar.

“Generasi muda Batak tidak lagi mengerti dan cenderung tak peduli tentang adat istiadatnya dan kebanggaan menjadi orang Batak juga turut memudar. Bahkan mencantumkan marga di belakang namanya pun seolah menjadi aib,” sesalnya.

Untuk itulah dia berharap melalui kehadiran GBB yang terdiri dari 6 puak (sub-etnis) Batak yakni Batak Toba, Karo, Mandailing, Simalungun, Dairi/Pakpak dan Angkola ini sangat vital untuk meneruskan dan membangkitkan semangat, harkat, dan martabat orang Batak sebagai penjaga marga dan budaya Batak.


“Kehadiran GBB, bersama bergandengan tangan dengan seluruh suku atau komponen anak bangsa akan terus menjaga, mengawal, dan mempertahankan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI,” imbuhnya.

Acara ini semakin meriah berkat kehadiran Laspados Band beserta artis Batak di antaranya Trio New Ambisi, Hilman Padang, Yanci Sinaga, Tarian 6 Puak, dan Gondang Batak. (HTN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel