Hatopan Raja Toga Sitompul dohot Boruna Se-Jabodetabek Banten: Usulan Rundown Pesta Adat Pangoli Anak/Pamuli Boru di Masa Pandemi COVID-19

JAKARTA, DNT News – Acara pemberkatan Pengantin di gereja selama satu jam dari mulai pukul 09.00-10.00 WIB mengikuti Protokol Kesehatan yang ditetapkan pihak Gereja. Setelah itu satu jam perjalanan dari Gereja menuju Gedung dimana Penerima Tamu sudah mulai melakukan registrasi kepada hadirin yang sudah tiba di Gedung.

Hal inilah yang ditetapkan Hatopan Raja Toga Sitompul dohot Boruna (HRTSB) Se-Jabodetabek Banten dalam Surat Edaran No: 006/BPH-HRTSB/SE/VI/2020 tentang Pelaksanaan Pesta Adat di Masa Pandemi COVID-19, Selasa 16 Juni 2020, di Jakarta yang ditandatangani Ketua Umum Jansen Sitompul SE SH dan Sekretaris Umum Ir Sarda Sitompul dengan lampiran-2 terkait Usulan Rundown Pesta Adat Pangoli Anak/Pamuli Boru.

“Pada pukul 11.00-11.30 WIB persiapan Pengantin, Hulahula, dan Tulang di Gedung dengan semua hadirin diwajibkan mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizier. Hadirin juga diwajibkan melakukan registrasi di Buku Tamu menuliskan nama dan nomor HP. Hingga pukul 12.00 WIB manomu Hulahula dan Tulang dengan jumlah tiap kelompok maksimal 5 (lima) orang dan tetap menjaga jarak saat memasuki gedung,” katanya.

Selanjutnya selama 30 menit hingga pukul 12.30 WIB marsipanganon (makan siang bersama) dengan sebaiknya memakai nasi kotak. Selama 45 menit hingga pukul 13.15 WIB menyerahkan tumpak (sumbangan kasih) dengan memasukkan ke tempat yang telah disediakan di bawah panggung dan tidak perlu bersalaman dengan Suhut.

Simulasi pelaksanaan Pesta Adat menuju transisi New Normal dihadiri Dinas Pariwisata DKI Jakarta dan perwakilan berbagai Punguan Marga Batak, Sabtu 20 Juni 2020, di Gedung Grand Mangaradja, Jakarta Timur

Disampaikan bahwa marhata dilakukan hingga pukul 13.30 WIB dengan tidak perlu lagi marsitariparan hata tu hahadoli/anggidoli dan Parhata sudah ditetapkan saat tonggo raja/ria raja. Dilanjutkan menyerahkan panandaion hingga pukul 13.45 WIB dimana namanjalo dohot napasahathon rap jongjong ma sude di jolo ni parhata (di bawah panggung) supaya sekali menyerahkan meliputi Sijalo Bara, Simolohon, Upa Pariban, Upa Tulang, Todoan, Parorot, Punguan, dan Pinggan Panganan.

“Penyerahan Ulos Adat dilakukan hingga pukul 14.00 WIB dimana hanya Ulos Passamot dan Ulos Hela dipasahat pulik sadasada. Ulos Pamarai, Simandokhon, Sihunti Ampang, Todoan, Parorot, Punguan, dan Ulos Tinonun Sadari rap jongjong ma sude di jolo ni parhata (di bawah panggung) supaya sekali menyerahkan,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 156/Juli 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 156/Juli 2020

Kemudian, selama 15 menit ke depan hingga pukul 14.15 WIB menyerahkan Ulos Holong kepada Pengantin dari suhut parboru sebanyak hanya 7 (tujuh) lembar dan 2 (dua) lembar dari Punguan. Ulos dari natorop (hadirin) diganti bentuk uang dalam amplop. Kemudian hingga pukul 14.30 WIB menyerahkan Ulos Holong kepada Pengantin dari Hulahula dohot Tulang dimana Hulahula parsiat, horong tulang hingga hulahula sisada hata jala sisada gondang.

Selanjutnya selama 30 menit dari pukul 14.30-15.00 WIB Mangampu, Olopolop, dan Ulaon Sadari. Hanya hasuhuton saja yang mangampu (mengucapkan terima kasih), sedangkan pengantin tidak perlu mangampu.


“Terkait kegiatan sebelum Pelaksanaan Pesta Adat yakni Marhusip, Martumpol, dan Tonggo Raja sebisa mungkin dilakukan di satu tempat dengan durasi masing-masing 30 menit dan jumlah peserta maksimum 50 persen dari kapasitas gedung,” ucapnya.

Pada akhir lampiran itu, HRTSB juga membuat catatan. Pertama, rundown hanya sebagai acuan. Kedua, harus disetujui kedua belah pihak (Paranak dan Parboru). Ketiga, pihak yang menjadi “bolahan amak” harap menghubungi pihak Gedung untuk memperoleh rekomendasi dari Tim Gugus Tugas COVID-19 setempat. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel