HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya: Gelar Sinode Distrik Ke-II Tahun 2018 Mendengar Berich (Laporan Pelayanan) Praeses dan Laporan Keuangan

BOGOR, DNT News – Sinode Distrik HKBP Distrik VIII DKI Jakarta ini merupakan Sinode Distrik yang ke-II pada tahun 2018 ini. Dimana Sinode Distrik pertama, Selasa-Rabu 28-29 Agustus 2018 lalu, kita menggumuli Draf Amandemen II Aturan dan Peraturan HKBP 2002 setelah Amandemen kedua.

Hal ini dikatakan Pdt Midian KH Sirait MTh, Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya, pada pembukaan Sinode Distrik yang digelar, Selasa-Kamis 27-29 November 2018, di 3 G Resort, Jln Cikopo Selatan Km 3, Gadog Bogor, Jawa Barat. “Hasil keputusan Sinode Distrik pertama tersebut telah kami kirim ke seluruh ressort HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya dan kepada Ompui Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing,” katanya.

Sinode Distrik ke-II yang diikuti 53 ressort meliputi Pendeta Ressort, Utusan Sinode Godang, Utusan Ressort dari Sintua, dan Utusan Ressort dari Anggota Jemaat ini mengambil tema “Patupa Ulaon Parasinirohaon tu Angka na Pogos” (Lukas 4:16-21) dan sub-thema “HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya Gabe Lokomotif Patupahon Ulaon Parasinirohaon Parbue ni Pamaritahonon di Hata ni Debata.”

Pdt Midian KH Sirait MTh bersama utusan HKBP Sola Gratia Ressort Kayu Mas Jakarta Timur yakni St Ny Sidabutar br Napitupulu, Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM, Pdt Agustinus Nainggolan STh, dan St B Siadari SPd

Pdt Midian KH Sirait MTh mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi jemaat semakin kompleks. Berbagai kekerasan dan kesadisan disaksikan umat, persoalan ekonomi, dan ketidakharmonisan keluarga. Namun bukan hanya umat yang terbeban berat, para pelayan juga diijinkan Tuhan memikul salibnya masing-masing setiap hari.

“Karena itu gereja diundang datang kepada Tuhan Yesus dan ditantang untuk memkirkan ulang aksi gereja sebagai tubuh Kristus yang diutus ke tengah dunia dengan tetap mempertahankan identitas dan integritasnya sebagai domba yang selalu bergantung kepada Sang Gembala,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018

Praeses memohon agar Roh Tuhan menuntun dan memampukan peserta mengikuti Sinode Distrik, sehingga menghasilkan keputusan berharga dalam menyikapi berbagai tantangan di tengah kehidupan jemaat dan masyarakat.

Dalam Berich (laporan pelayanan) Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya, Pdt Midian KH Sirait MTh menyampaikan Menatap tahun 2019: Tahun Diakonia HKBP dan 100 Tahun Peringatan Pekabaran injil di Jakarta dengan Pesta Puncak 22 Septemer 2019 di HKBP Kernolong. Laporan Pelayanan 2017-2018. Orientasi Pelayanan 2018: Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup. Pelayanan Bina Persekutuan. Organisasi dan Kepersonaliaan, dan lainnya.


Kemudian Laporan Keuangan Distrik disampaikan St Jhon Natigor Silitonga SE MM (Bendahara Distrik) yang merupakan Rekapitulasi Penerimaan dan Pengeluaran periode Oktober 2017 sampai dengan Oktober 2018. Laporan keuangan ini telah diaudit oleh Badan Audit HKBP Distrik VIII DKI Jakarta dari 01-05 November 2018. Laporan Keuangan yang merupakan Realisasi Pemasukan dan Pengeluaran Januari-Desember 2018 dibandingkan dengan Anggaran Pemasukan dan Pengeluaran 2018 dan sudah diaudit.

Bendahara Distrik juga menyampaikan beberapa catatan meliputi Tunggakan Kontribusi berbagai Ressort ke Distrik, Diversion Pengiriman Uang, Rekening Bank, Pelehan II/Namarboho, Anggaran Pemasukan dan Pengeluaran 2019, dan Kendala Cash Flow Keuangan tahun 2018.


Selain itu disajikan laporan hasil audit atas laporan keuangan untuk periode 13 bulan sejak 01 Oktober 2017 sampai dengan 31 Desember 2018. Badan audit terdiri dari Notaris Bernat P Silitonga SH, Sairun Simanullang SE MM, dan Drs Antonius Simanjuntak. Badan ini berhasil mendapatkan 11 temuan dan menyampaikan 11 saran untuk perbaikan.

Sinode Distrik ini dipanitiai Pdt Manuasa Sidabutar (Ketua), Pdt Japati Napitupulu (Wakil Ketua), Pdt Ridoi Batubara (Wakil Ketua). Pdt Hardy Lumbantobing (Sekretaris), Sylvia Sirait (Wakil Sekretaris). Sandra Sidautar (Bendahara), St JN Silitonga (Wakil Bendahara). Kepanitiaan ini juga dilengkapi berbagai seksi. (DN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel