HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya: Melalui Program dan Kegiatan Bertekad Menjadi Lokomotif bagi Seluruh Distrik yang ada di HKBP

BOGOR, DNT News – Sinode Distrik ke-II HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya yang digelar Selasa-Kamis 27-29 November 2018, di 3 G Resort, Jln Cikopo Selatan Km 3, Gadog Bogor, Jawa Barat, pada hari kedua Rabu 28 November 2018 dilakukan Sidang Kelompok dalam tiga bagian.

Sidang kelompok dilakukan setelah Praeses Pdt Midian KH Sirait MTh menyampaikan Pengantar Program dan Anggaran 2019. Selain Berich (laporan pelayanan) Praeses, peserta juga membahas program kerja dan anggaran HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya tahun 2019.

Kelompok I membahas tentang Laporan Pelayanan (Berich) Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya tahun 2018. Kelompok II membahas tentang Program Pelayanan HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya tahun 2019. Kelompok III membahas tentang Anggaran HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya tahun 2019.

Sidang Kelompok berjalan hangat namun demokratis. Berbagai pertanyaan, pendapat, dan masukan terlontar dari para peserta yang pada akhirnya diperoleh kata sepakat untuk tujuan agar kinerja HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya semakin baik pada tahun 2019 mendatang.

Utusan HKBP Sola Gratia Ressort Kayu Mas Jakarta Timur (Dari ki-ka) Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM, Pdt Agustinus Nainggolan STh, St B Siadari SPd, dan St Ny Sidabutar br Napitupulu
(Dari ki-ka) Pdt Agustinus Nainggolan STh, Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM, dan St B Siadari SPd pada pembukaan Sinode Distrik 2018 HKBP DistrikVIII DKI Jakarta Raya

Pada hari ketiga Kamis 29 November 2018, Praeses memimpin Sidang Pleno atas hasil Sidang Kelompok sehari sebelumnya. Secara bergantian pimpinan kelompok menyampaikan hasil Sidang Kelompok masing-masing.

Hasil Kelompok I disampaikan Pdt Hardy Lumbantobing (Ketua) dan Pdt Chrisvandoli Harahap (Sekretaris). Hasil Kelompok II disampaikan Pdt Rich Janzoon Simamora (Ketua) dan Pdt Sabam Sirait (Sekretaris). Hasil Kelompok III disampaikan Pdt Japati Napitupulu (Ketua) dan Pdt Ronald Manalu (Sekretaris).

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 139/Desember 2018

Pada Sidang Pleno berbagai tanggapan, masukan, dan pandangan silih berganti diberikan para peserta. Peserta Sinode sepakat agar Dana Pensiun HKBP dilunasi tahun 2019. Rumah Duka yang merupakan kebutuhan mutlak di DKI Jakarta menjadi perhatian peserta. Pembinaan keluarga muda berbasis komunitas (non kategorial). Menyatukan pendidikan pekabaran injil dan sekolah pekabaran injil melalui pelayanan Marturia untuk melayani masyarakat marginal dan pembukaan Sekolah Evangelis.

Pada kontribusi setiap Ressort ke Distrik dengan perbandingan tahun 2017 dan 2018 sesuai hasil Rapat MPSD, Rabu 14 November 2018, disepakati untuk seluruh klasifikasi Ressort pada tahun 2019 terdapat kenaikan sekitar 11 persen.


Para peserta sangat mengapresiasi kinerja Praeses mengembalikan aset Distrik di Jonggol dan di Duren Sawit (Jalan Selat Bali) yang kini telah menjadi aset Distrik sepenuhnya. Untuk itu akan dibentuk Panitia Pembangunan Distrik Center dengan tahap awal membalik nama lahan di Jonggol dan membangun pagar.

Rapat pleno tersebut berjalan demokratis. Satu yang membanggakan dan membuat peserta bahagia adalah adanya keterbukaan Bendahara Distrik atas pengeluaran yang dilakukan Praeses sebelumnya yang seharusnya bukan merupakan kewajiban Distrik VIII DKI Jakarta Raya.


Kemudian dilakukan pleno atas Tona Sinode Godang. Mereka mengharapkan agar melalui program dan kegiatan menjadi nyata keberadaan HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya menjadi lokomotif bagi seluruh Distrik yang ada di HKBP. Serta agar setiap keputusan yang telah ditetapkan dapat membawa kemajuan kepada seluruh huria dan semakin nyata jalinan kekerabatan dan pelayanan di dalam penyertaan Tuhan.

Setelah itu dilakukan Ibadah Penutupan dipimpin Pdt RJ Simamora STh sebagai pengkotbah dengan liturgis diperankan Pdt Henry Manalu dan doa syafaat dipanjatkan Pdt Adian Pasaribu STh. Perjamuan kudus dilayani Pdt Saur Simanjuntak STh. (DN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel