Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia: Gelar Musyawarah Nasional IV dan Perayaan Hari Ulang Tahun Ke-19

JAKARTA, DNT News – Musyawarah Nasional (Munas) merupakan forum tertinggi organisasi tingkat nasional sebagai perwujudan kedaulatan anggota yang diadakan sekali dalam lima tahun. Penyelenggaraannya berpedoman pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta peraturan organisasi.

Hal inilah yang mendasari Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) menggelar Munas IV, Sabtu-Minggu 27-28 Oktober 2018, di Grand Cempaka Hotel, Jln Letjen Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Munas tersebut mengambil tema “Siap menjadi garda terdepan dalam menyajikan informasi skala nasional yang akurat, terukur, dan terarah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Munas IPJI ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Selanjutnya laporan panitia pelaksana disampaikan Harun ST. Kemudian ditampilkan visualisasi Derap Langkah IPJI yang dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum IPJI Taufiq Rachman SH SSos masa bhakti 2014-2018. Pada saat itu juga dilakukan Penadatanganan Nota Kesepakatan (MoU) antara IPJI dengan BPJS.

Munas itu dibagi dalam 12 Sidang Paripurna dengan puncak acara pemilihan Ketua Umum yang dilanjutkan dengan pelantikan DPP IPJI masa bhakti 2018-2023. Rapat Komisi dibagi dalam tiga bagian. Komisi A membahas Penyempurnaan AD/ART, Komisi B membahas Program Umum, dan Komisi C membahas Rekomendasi Organisasi dan Umum.

Lasman Siahaan SH MH menyatakan kesediaannya dipilih menjadi Ketua Umum DPP IPJI masa bhakti 2018-2023

Keputusan Munas merupakan pedoman DPP IPJI dalam melaksanakan kegiatan 5 (lima) tahun ke depan. Pelaksanaan hasil sidang komisi menjadi pedoman bagi IPJI di setiap tingkatan.

Pada pemilihan Ketua Umum IPJI yang baru, Taufiq Rachman SH SSos menyampaikan telah menjaring calon dengan kriteria meliputi dedikasi, senioritas, dan loyalitas. Sebagai pemimpin yang baik, dia pun mempersiapkan penggantinya. “Calon Ketua Umum DPP IPJI masa bhakti 2018-2023 adalah Lasman Siahaan SH MH. Oleh karena itu, kita wajib meminta kesediaan beliau,” katanya.

Lasman Siahaan SH MH (Ketua Umum) didampingi Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM (Wakil Sekretaris Jenderal), Yunius Lasse SH (Bendahara Umum), dan lainnya menerima palu dari pimpinan sidang
DPP IPJI masa bhakti 2018-2023 dengan Ketua Umum Lasman Siahaan SH MH diabadikan dengan Taufiq Rachman SH SSos (Ketua Umum masa bhakti 2014-2018)

Semua peserta Munas yang terdiri dari 31 DPW se-Indonesia secara aklamasi menyetujuinya. Lasman Siahaan SH MH pun mengatakan “Ini adalah perhelatan kita. Di sini kita bersama-sama memperjuangkan IPJI ke depan. Karena IPJI bagian dari kita bersama, maka saya menyatakan bersedia. Mari bergandengan tangan memajukan IPJI baik secara pribadi maupun organisasi.”

Setelah itu dipilih formatur untuk membentuk Komposisi dan Personalia DPP IPJI masa bhakti 2018-2023 yang terdiri dari Taufiq Rachman SH SSos (Mantan Ketua Umum), Lasman Siahaan SH MH (Ketua Umum Terpilih), Heri Soelaeman (DKI Jakarta), Timerasi Labat (Kalimantan Tengah), dan Yappy Abdullah (NTT).

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 138/November 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 138/November 2018

Munas ini dirangkai dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) IPJI ke-19 tepat 28 Oktober 2018 dengan tema “IPJI siap menyongsong penggabungan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber dalam industri pers”.

Di halaman gedung terlihat sejumlah karangan bunga papan di antaranya dari Prof Dr Bahrullah Akbar MBA (Wakil Ketua BPK RI), Mayjen TINI (Purn) Drs Hendardji Soepandji SH (Ketua Dewan Pembina IPJI), Mayjen TNI (Purn) H Nachrowi Ramli SE, Hj Yusriah Dzinnun SPd (Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS), DPP-HIPSI (Himpunan Insan Pers Seluruh Indonesia), Presidium FPII (Forum Pers Independent Indonesia), dan Perumda Pasar Jaya. (TR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel