Ir. Darwin Siagian, Bupati Toba Samosir: Harganas sebagai Motivasi Membangun Bangsa Menuju Indonesia Sejahtera Melalui Peranan Keluarga

PORSEA, DNT News – Dalam menentukan juara lomba Petugas Lapangan Keluarga Berencana atau Penyuluh KB, Kader Bina Keluarga Balita Percontohan, Lansia, Remaja, Keluarga Harmonis Sejahtera, harus diuraikan.

Hal ini dikatakan Ir Darwin Siagian, Bupati Toba Samosir, pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tingkat Kabupaten Toba Samosir Tahun 2017 yang digelar Senin 30 Oktober 2017, di Pantai Pasifik, Desa Patane IV, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

“Ke depan itu kriteria untuk menjadi pemenang diperhatian dan diuraikan, agar kami tahu dan bisa disosialisasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, Harganas merupakan hari istimewa dalam mengingatkan masyarakat akan pentingnya peran keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu melalui thema “Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan” dijadikan sebagai motivasi membangun bangsa menuju Indonesia Sejahtera melalui peranan keluarga.

“Maksud peran keluarga adalah orangtua memperbaiki pola pengasuhan anak agar memiliki karakter baik, menjaga kualitas hidup, mendidik, menjaga, dan memelihara kesehatan yang dilandasi kasih sayang. Artinya masyarakat harus terus berupaya mewujudkan keluarga kecil, sehat, bahagia, dan sejahtera,” urainya.

Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian memberikan sambutan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tingkat Kabupaten Tobasa
Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tingkat Kabupaten Tobasa, Senin 30 Oktober 2017, di Pantai Pasifik, Kecamatan Porsea

Ir Darwin Siagian juga menghimbau masyarakat agar menerapkan program KB dalam keluarga masing-masing untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta mengurangi tingkat kematian ibu, bayi, dan balita.

Sementara Wakil Ketua TP PKK Ny Iin Ruinah Hulman Sitorus menyampaikan bahwa maksud dan tujuan peringatan Harganas adalah mengingatkan masyarakat kembali tentang makna dan peran keluarga bagi kehidupan masing-masing. “Peringatan ini diharapkan menjadi momentum strategis dalam memasyarakatkan program kependudukan dan KB serta pembangunan keluarga sejahtera di Tobasa,” ujarnya.

Presiden EMC Edison Manurung SH MM di Pantai Pasifik, Kecamatan Porsea menikmati keindahan panorama Danau Toba

Sebelumnya, Camat Porsea Robert Manurung SH dalam laporannya mengatakan warga sekitar Pantai Pasific Desa Patane IV ini telah sepakat menyerahkan lahan untuk pantai bebas dengan 50 Meter dari bibir pantai sejauh 800 Meter. ”Desa Patane IV mayoritas adalah petani tetapi tidak tertutup kemungkinan menambah penghasilan melalui pengembangan objek pariwisata di daerah ini,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ir Darwin Siagian dan Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM menyerahkan hadiah kepada para juara lomba Petugas Lapangan Keluarga Berencana/Penyuluh KB, Kader Bina Keluarga Balita Percontohan, Lansia, Remaja, Keluarga Harmonis Sejahtera, Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera dan Pasangan peserta KB Lestari.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kapolsek Porsea, sejumlah Kepala Dinas Pemkab Tobasa, Camat se-Kabupatean Tobasa, PNS Lingkup Kecamatan Porsea, PKK se-Kabupaten Tobasa, tokoh agama, tokoh adat, LSM, dan masyarakat setempat. (DNC)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel