Ir. Nurdin Tampubolon, MM: Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Bukan Mengalahkan Rival Tetapi Menciptakan Nilai Unggul

JAKARTA, DNT News – Industri kelapa sawit di Indonesia belum mencapai daya saing berkelanjutan di pasar internasional. Keadaan ini dipengaruhi daya saing internasional yang dimoderasi kesempatan dan kejadian, efisiensi, serta bisnis proses di pasar internasional dalam mencapai daya saing berkelanjutan.

Hal inilah yang diangkat Ir Nurdin Tampubolon MM dalam disertasinya berjudul “Membangun Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Melalui Daya Saing Internasional dan Efisiensi” (Studi Empiris pada Industri Kelapa Sawit Indonesia) yang dipertahankannya dalam “Ujian Promosi Doktor Ilmu Manajemen” Program Doctor of Research Management (DRM), Sabtu 09 Februari 2019, di Kampus Anggrek, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Dia mempertahankan disertasinya di hadapan Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM (Chairman/Ketua Sidang), Tim Promotor terdiri dari Prof Dr Ir Edi Abdurachman MS MSc (Promotor), Dr Dyah Budiasti (Ko-Promotor 1), Agustinus Bandur PhD (Ko-Promotor 2), serta Tim Penguji terdiri dari Prof Dr Mts Arief MM MBA CPM (Penguji-1), Dr Ir Manerep Pasaribu MM (Penguji-2), dan Prof Dr Adler Haymans Manurung ME MCom (Penguji-3).

Sang Promovendus Ir Nurdin Tampubolon MM mempertahankan disertasinya di hadapan ketua sidang, tim promotor, dan tim penguji
Nara Sumber Ahli Prof Dr KH Ma’ruf Amin dan Sang Promovendus diabadikan bersama ketua sidang, tim promotor, dan tim penguji

Sang Promovendus yang merupakan pemilik dan founder sekaligus Presiden Komisaris NT Corp mengangkat ini untuk tujuan menguji pengaruh daya saing internasional terhadap pencapaian keunggulan daya saing berkelanjutan, serta menganalisa pengaruh dan efisiensi terhadap pembentukan daya saing internasional di industri kelapa sawit di Indonesia.

“Keunggulan daya saing berkelanjutan, bukanlah tentang bagaimana mengalahkan rival tetapi bagaimana menciptakan nilai unggul. Pada industri kelapa sawit Indonesia, keunggulan daya saing tidak hanya dalam lingkungan domestik tetapi telah berkembang menjadi lingkungan global,” katanya.

Dr Ir Nurdin Tampubolon MM diabadikan setelah dinyatakan berhasil ujian promosi Doktor dengan Tim Promotor dan Tim Penguji
Dr Ir Nurdin Tampubolon MM, Ibu, putera-puteri, dan menantu diabadikan dengan Tim Promotor dan Tim Penguji

Diuraikannya bahwa daya saing internasional dipengaruhi oleh sumberdaya, lingkungan bisnis, industri terkait dan pendukung, serta efisiensi. “Untuk menghasilkan keunggulan daya saing berkelanjutan maka harus didukung daya saing internasional, kesempatan dan kejadian, serta efisiensi,” ujarnya.

Sang Promovendus melakukan penelitian dengan pendekatan explanatory mixed-method. Pendekatan kuantitatif menggunakan descriptive survey dan pendekatan kualitatif menggunakan verificative survey. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan rentang waktu one shoot-cross sectional sekaligus pada satu waktu.

“Untuk membangun keunggulan daya saing berkelanjutan perlu ditetapkan rencana aksi dalam tiga jangka waktu yakni jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Rencana atau program aksi ini melibatkan empat komponen yang saling bersinergi yaitu pemerintah, korporasi, akademisi, dan masyarakat,” ujarnya.


Setelah mempresentasikan disertasi serta menyampaikan kesimpulan dan saran, Sang Promovendus dihujani pertanyaan dari Chairman/Ketua Sidang, Team Promotor, dan Tim Penguji. Dia mampu menjawab semua pertanyaan dengan baik, serta mampu meyakinkan bahwa hasil penelitiannya dapat bermanfaat bagi industri kelapa sawit di Indonesia.

Seusai ketua sidang, tim promotor, dan tim penguji berunding, Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM yang juga merupakan Rektor Universitas Bina Nusantara ini mengumumkan bahwa Ir Nurdin Tampubolon MM berhasil dalam ujian promosi Doktor dengan nilai A, predikat cum laude, IPK 3,78.

Keberhasilan politisi sejati dan entrepreneur yang berjuang untuk rakyat ini lulus dengan angka gemilang menjadikannya Doktor ke-68 dari program DRM, Binus Business School, Universitas Bina Nusantara. (AAN)

Komentar (1)

One Comment on “Ir. Nurdin Tampubolon, MM: Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Bukan Mengalahkan Rival Tetapi Menciptakan Nilai Unggul”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (1)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel