Ir. Sanggam Hutapea, MM: Memajukan Pariwisata dengan Gagasan Paket Wisata Tapanuli Nias Adventure

JAKARTA, DNT News – Banyak traveller yang berjiwa adventure dengan berpetualang sebagai pengalaman menarik dalam perjalanan yang menantang, sesuatu yang hebat, sesuatu yang mengejutkan, dan di luar perkiraan yang dilakoni serta terjadi pada suatu kesempatan tertentu.

Hal ini dikatakan Ir Sanggam Hutapea MM, Pemerhati dan Pengusaha Pariwisata, dalam bincang-bincang dengan dalihannatolunews.com, Selasa 16 Oktober 2018 sore, di Pendopo Lounge, Hotel Borobudur, Jln Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat. “Adventure atau berpetualang merupakan suatu rasa luar biasa yang tidak tergambarkan dan hanya dapat dirasakan. Jadi semua berpetualang sangat memiliki arti walau dilalui dengan sesingkat atau semudah apa pun,” katanya.

Diibaratkannya kalau melakukan perjalanan secara rombongan dari Jakarta ke Eropa dengan turun di Amsterdam Belanda. Besoknya, perjalanan menuju Belgia, setelah itu ke Jerman, dan melanjutkan perjalanan ke Paris. Kemudian ke London langsung ke Roma dan pulang ke Jakarta. “Mengendarai kendaraan bus yang sama selama 5-7 hari (tergantung pilihan) dengan menginap masing-masing satu malam, kita sudah dapat menikmati dan menjalani berbagai destinasi wisata di Eropa,” katanya.

Ketika ditanyakan kepadanya kaitannya dengan bona pasogit, Ir Sanggam Hutapea MM yang merupakan Calon Anggota DPR-RI Partai NasDem Dapil Sumut II Nomor Urut 8 pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang ini, mengatakan dapat dilakukan dengan membuat paket wisata “Tapanuli Nias Adventure” untuk dinikmati wisatawan domestik maupun mancanegara. “Karena Tapanuli Nias Adventure ini menjadi satu konsep yang menyatukan berbagai destinasi wisata sebagai suatu paket yang bisa menjadi pilihan wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Ir Sanggam Hutapea MM mengunjungi Windsor Castle dekat London ketika melakukan pengembangan bisnis perusahaan ke Eropa

Dicontohkannya, paket wisata dari Silangit naik bus ke Muara melihat Huta Ginjang dan langsung ke Balige dengan menginap satu malam. Besoknya pergi ke Samosir lewat Tele dan sore hari keluar ke Parapat untuk menginap satu malam. Kemudian ke Simalungun untuk menikmati bukit indah Simarjarunnjung. Dari situ ke Tarutung menginap satu malam. Besoknya ke Sibolga menikmati wisata laut menginap satu malam.

“Dari Sibolga ada pilihan, apakah ke Tapanuli Bagian Selatan melihat Candi Portibi atau menikmati wisata pantai ke Kepulauan Nias. Lalu kalau mau kembali ke Jakarta dapat melalui bandara udara Dr Ferdinand Lumban Tobing di Sibolga,” urainya.

Menurutnya, paket wisata “Tapanuli Nias Adventure” ini memiliki kelebihan karena dapat menikmati danau, laut, budaya beragam, candi, pantai, dan lainnya. “Kalau ini dikemas menjadi satu kesatuan, akan menghasilkan paket wisata yang menjanjikan,” tukasnya.

Ir Sanggam Hutapea MM berada di lampu merah Oxford Street London ketika melakukan pengembangan bisnis perusahaan ke Eropa

Dia juga menyarankan alternatif lain, mulai dari Silangit menuju Balige dan ke Parapat menginap satu malam. Besoknya menyeberang ke Samosir dan menginap satu malam. Keluar dari Tele menuju Humbahas melihat Bakkara dan Sipinsur menginap satu malam. Setelah itu menikmati pantai di Kepulauan Nias dan menginap satu malam. Kemudian baru ke Muara dan menginap satu malam. Besoknya kembali ke Jakarta melalui bandara udara Silangit. “Inilah berbagai alternatif paket wisata yang dapat dikembangkan di Tapanuli dan Nias seperti paket wisata yang berlaku di Eropa. Jadi kehidupan masyarakat di Tano Batak dan Nias akan dapat lebih meningkat,” serunya.

Untuk itu, Ir Sanggam Hutapea MM yang merupakan Tokoh Masyarakat Sumatera Utara ini mengusulkan agar dibuatkan penginapan semi camping. Dibuatkan rumah marbara mutlak bersih dengan dirancang tanpa AC agar alami dan natural. Di dataran berbukit bisa dibuatkan bungalow dengan menyiapkan sarapan pagi bahan organik. “Pasarnya tidak hanya domestik tetapi juga luar negeri. Dengan penyediaan bus yang baik, maka kelak multiflier effect-nya bukan hanya Danau Toba tetapi tanah Batak dan Nias secara keseluruhan,” imbuhnya.

Ir Sanggam Hutapea MM (kedua kanan) beserta rekan-rekan ketika melakukan pengembangan bisnis perusahaan ke Eropa

Kalau ini bisa dijalankan, dia ingin agar dijadikan sebagai paket wisata yang tersedia sepanjang tahun. Berorientasi pasar yang tidak hanya diketahui masyarakat Sumatera Utara, tetapi harus dipublikasikan ke publik di luar kawasan seperti Jakarta, Riau, Lampung, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, hingga ke luar negeri.

“Ini semua harus digaungkan secara terencana dan terstruktur. Jadi paket wisata Tapanuli Nias Adventure harus berjalan sebagaimana paket-paket wisata luar negeri yang ditawarkan seperti ke Jerusalem, Turkey, Australia, New Zeland, Bangkok, Tokyo, Beijing, dan lainnya,” pungkasnya. (TR)

Komentar (1)

One Comment on “Ir. Sanggam Hutapea, MM: Memajukan Pariwisata dengan Gagasan Paket Wisata Tapanuli Nias Adventure”

  1. Ini benar2 suatu tantangan besar khususnya bagi orang Batak Toba, Nias dan Selatan termasuk Karo, Pakpak n Simalungun, ini akan mendongkrak devisa serta pertumbuhan ekonomi, semoga mimpi pak Sanggama bisa terwujud n be success

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (1)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel