Irjen. Pol. (Purn) Drs. Erwin T.P. Lumbantobing: Himbauan Pemerintah Terkait Virus Corona COVID-19 Sebaiknya Diikuti Demi Keselamatan Seluruh Bangsa

JAKARTA, DNT News – Sesuai himbauan pemerintah, PGI, dan WHO untuk menyediakan disinfektan, hand sanitizer, tidak bersalaman, dan jarak tempat duduk satu sama lain harus 1 m. Dari berbagai informasi sudah 32 orang meninggal dunia di Indonesia, dan dari berita medsos sebanyak 7 di antaranya adalah orang Batak.

Hal ini dikatakan anggota jemaat HKBP Ressort Slipi Jakarta Barat, Irjen Pol (Purn) Drs Erwin TP Lumbantobing menyikapi merebaknya wabah penyakit Virus Corona COVID-19 yang melanda masyarakat di berbagai belahan dunia. “Gereja sebaiknya mengikuti himbauan pemeritah terkait Virus Corona COVID-19 demi keselamatan seluruh bangsa,” katanya.

Menurutnya, kalau gereja tetap melayani umat untuk beribadah harus disambut dengan baik dan positif. Tapi sebagai wujud pelayanan kepada umat agar tetap terjaga dan terlindungi dari COVID 19, sebaiknya gereja menyediakan disinfektan dan mengatur jarak tempat duduk tiap orang 1 meter, serta hand sanitizer di tiap pintu dan di titik berkumpul jemaat. “Sehingga sebelum dan sesudah beribadah, jemaat bisa membersihkan tangan,” ujarnya.

Dia mengusulkan seperti beberapa gereja dan tempat ibadah lainnya untuk meminta ke Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah membantu menyemprot seluruh ruangan dan wilayah sekitar gereja, agar semua jemaat yang beribadah bisa tenang dan dalam keadaan sehat. “Namun sebaiknya ibadah dilakukan di rumah saja, dan pihak gereja bisa membagikan tata ibadah atau membuat video streaming untuk diedarkan kepada seluruh jemaat,” sebutnya.

Irjen Pol (Purn) Drs Erwin TP Lumbantobing bersama Presiden Jokowi ketika menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019
Irjen Pol (Purn) Drs Erwin TP Lumbantobing bersama Presiden Jokowi, Dr Oesman Sapta Odang dalam kegiatan HKTI

Irjen Pol (Purn) Drs Erwin TP Lumbantobing yang merupakan Kapolda Kalimantan Barat periode 2009-2010 ini mengingatkan agar semua jemaat harus mengerti mencegah penyebaran COVID-19 yang cepat menular dari sentuhan dan bisa mematikan, “Jadi himbauan pemerintah sebaiknya diikuti, dijalankan, namun kalau pun Gereja HKBP atau gereja lainnya tetap melayani ibadah, ketentuan social distancing harus benar-benar diikuti dan diterapkan,” tandasnya.

Dia menyarakan agar pihak gereja mengumumkan kepada jemaat untuk tidak melakukan sentuhan berupa bersalaman. Sementara ditiadakan acara perjamuan kudus, pembaptisan (tardidi), dan juga paduan suara. “Betul kita punya Tuhan sebagai pelindung, tapi kita juga harus berikhtiar dan berbuat. Jadi kita jangan hanya bersandar kepada-Nya, tanpa berbuat dan tidak melakukan upaya pencegahan. Surrender but Never Give Up. Berserah tapi tidak pernah menyerah,” ucapnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 155/April 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 155/April 2020

Irjen Pol (Purn) Drs Erwin TP Lumbantobing yang merupakan anggota DPR-RI periode 2014-2019 ini mengapresiasi beberapa punguan marga yang menunda perayaan pesta bona taon, membatalkan acara kelompok, menunda perayaan ucapan syukur, menghindari keramaian, menutup ruang publik, dan lainnya.

“Inilah social distancing, praktik kesehatan masyarakat yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dekat dengan orang sehat untuk mengurangi peluang penularan penyakit. Social distancing seringkali sulit dilakukan, karena kebanyakan dari manusia adalah makhluk sosial,” urainya.

Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 154/Maret 2020


Dia juga mengusulkan agar acara-acara pesta adat sebaiknya ditunda. Pihak ketiga seperti, gedung, konsumsi, EO, dan lainnya pasti akan memakluminya karena ini force majeure. Mungkin pemberkatan tidak bisa ditunda, tapi kalau pesta adat dan resepsi sebaiknya ditunda. “Inilah namanya masyarakat yang peduli akan lingkungannya dan masyarakat yang memenuhi anjuran pemerintah,” serunya.

“Saya sangat memberi apresiasi terhadap himbauan Ephorus Emeritus HKBP Pdt Dr SAE Nababan LID agar menunjukkan solidaritas dan ikut aktif menghambat merebaknya pandemi Corona dan himbauan Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom MTh tentang sikap menghadapi COVID-19,” pungkasnya. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel