Kabupaten Toba Samosir: Gelar Perayaan Natal Bertajuk Tobasa Holy Christmas Natal Oikumene

PORSEA, DNT News – Dalam rangka meningkatkan kualitas iman kristiani sekaligus untuk memupuk persatuan, kesatuan, kebersamaan, dan persaudaraan antara sesama Umat Kristiani, diwujudkan melalui kegiatan Perayaan Natal Oikumene Pemerintah, Gereja, Masyarakat, dan Anak Rantau Kabupaten Toba Samosir.

Hal inilah yang mendasari Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dengan Bupati Ir Darwin Siagian dan Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM menggelar Perayaan Natal bertajuk “Tobasa Holy Christmas Natal Oikumene”, Jumat 28 Desember 2018, di Komplek Kantor Camat Porsea, Jln Patuan Nagari, Kecamatan Porsea, Kabupaten Tobasa.

Perayaan Natal itu melibatkan Pemerintah, Gereja, Masyarakat, dan Anak Rantau Kabupaten Tobasa. Acara berlangsung khidmat dengan dihadiri seribuan jiwa. Panitia mengambil tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (1 Korintus 1:30a) dan sub-tema “Dengan Hikmat Allah Mari Kita Pelihara dan Lestarikan Danau Toba Sebagai Destinasi Wisata”.

Suasana Perayaan Natal Pemerintah Kabupaten Tobasa melibatkan Pemerintah, Gereja, Masyarakat, dan Anak Rantau berlangsung khidmat
Liturgi dibawakan Bupati Tobasa Tobasa Ir Darwin Siagian dan Ibu, Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM dan Ibu, jajaran SKPD, Uspida, serta lainnya

Kepanitiaan dipimpin Dr Ir Serirama Butarbutar SE SH MSi MH (Ketua Umum), Edison Manurung SH MM (Wakil Ketua Umum), Harapan Napitupulu SH (Ketua Harian), dan Pdt Donda Simanjuntak STh (Wakil Ketua Harian). Ir Jhon Piter Silalahi MT (Sekretaris Umum), Timbul Panjaitan (Wakil Sekretaris I), dan Pdt Hasudungan Siahaan MTh (Wakil Sekretaris II). Binsar Simanjuntak AMd (Bendahara Umum), Rosti Sibarani SE (Wakil Bendahara I), dan Ramses Butarbutar SH MKn (Wakil Bendahara II).

Mereka dibantu berbagai seksi di antaranya Seksi Acara, Ibadah, dan Liturgi; Tempat, Peralatan, dan Dekorasi; Hiburan; Pengerahan Massa; Konsumsi dan Penerima Tamu; Keamanan dan Parkir; Kebersihan; Humas, Publikasi, dan Dokumentasi; Kesehatan; Bakti Sosial; Seminar; dan Staf Sekretariat.

Dari ki-ka: Dr Ir Serirama Butarbutar SE SH MSi MH (Ketua Umum), Harangan Wilmar Hutahaean, Edison Manurung SH MM, dan Arist Merdeka Sirait
Ketua Umum Dr Ir Serirama Butarbutar SE SH MSi MH (kedua kiri) bersama Anak Rantau diabadikan pada Perayaan Natal Pemerintah Kabupaten Toba Samosir

Seremoni perayaan itu diawali dengan kebaktian dipimpin Ephorus HKI Pdt Manjalo Hutabarat STh MM. Pendeta dalam kotbahnya menyampaikan makna Natal yang dirayakan adalah Hikmat Kristus yang menjadi milik manusia dan milik dunia. Natal bukan hura-hura melainkan berkat bagi semua.

Diingatkannya, dalam perayaaan Natal tidak ada perbedaan agama, ras, suku, dan bahasa. Semua itu adalah sama di hadapan Tuhan. “Kesempatan merupakan berkat dari Tuhan bagi kita. Hidup kita adalah milik Tuhan. Kelahiran Yesus Kristus menjadi sebuah perubahan hidup bagi seluruh umat manusia di dunia,” ujarnya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 140/Januari 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 140/Januari 2019

Pada perayaan itu dilakukan pembacaan firman Tuhan melalui liturgi. Dalam liturgi terlihat Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian bersama Ibu, Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM bersama Ibu, jajaran SKPD, Uspida, dan lainnya.

Dari jajaran anak rantau terlihat hadir Harangan Wilmar Hutahaean (Pendiri dan Pemilik Hutahaean Group), Arist Merdeka Sirait (Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia), Dr Arifin Marpaung, SH MHum, Ir Rajumi Sitompul MM MMin, dan lainnya.

Dalam rangka perayaan Natal ini dilaksanakan Seminar Sehari di Gedung Serbaguna Porsea sebagai persembahan anak rantau untuk masyarakat Toba Samosir. Narasumber terdiri dari Ir Rajumi Sitompul MM MMin (Ketua Operasional Yayasan Beritakan Kasih Tuhan), Rosti Sibarani SE (Dirut PT Korrelindo Utama), Arist Merdeka Sirait (Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia), Dr Ir Serirama Butarbutar SE SH MSi MH (Mantan Hakim Pengadilan Pajak), dan Dr Arifin Marpaung SH MHum. (MMS)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel