KAMUS BAHASA: BATAK TOBA-INDONESIA INDONESIA-BATAK TOBA

JAKARTA, DNT News – Kehadiran Kamus Bahasa Batak Toba-Indonesia dan Indonesia-Batak Toba menjadi jawaban atas kebutuhan bagi masyarakat Batak Toba dan juga masyarakat luas. Kamajemukan suku di Indonesia yang memiliki perbedaan bahasa, adat dan budaya akan tetap membangun persatuan bangsa apabila saling mengenal budaya suku lainnya.

Hal inilah yang diungkapkan Tigor Naibaho dari Penerbit “Jala Permata Aksara” terkait dengan diterbitkannya KAMUS BAHASA BATAK TOBA-INDONESIA INDONESIA-BATAK TOBA. Dikatakannya, salah satu bagian penting dari budaya adalah pengenalan akan bahasa. Maka keberadaan Kamus Bahasa ini diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk pencapaian hal tersebut.

Kamus Bahasa yang disusun DR Bernhard Limbong SSos SH MH, Gr Maringan Naibaho (Ompu Daniel) dan Ir Jesman Gultom ini sangat mengagumkan dan membanggakan. Penampilannya pun sangat menarik untuk dibaca dan tidak kalah dengan kamus lainnya. Kamus Bahasa berisikan 790 halaman ini disajikan berdasarkan urutan alphabet dan dilengkapi dengan petunjuk penggunaannya.


Harus diakui, kamus seperti ini menjadi sangat penting bagi masyarakat Batak Toba karena saat ini sebagian besar warga masyarakat kurang menguasai dan tidak lagi mempergunakan bahasa Batak Toba dengan benar dan tepat sesuai arti serta makna dari perbendaharaan kata bahasanya sendiri.

Penyusunan dan penerbitan Kamus Bahasa ini terdorong oleh niat dan semangat untuk ikut serta melestarikan bahasa Batak Toba, agar keberadaannya tetap terjaga jangan sampai punah. Karena bahasa Batak Toba merupakan bagian budaya yang tidak terpisahkan.

Kamus ini disusun berdasarkan kajian empirik teoritis yang bermuara kepada pendekatan budaya dan semangat partisipatif selaku putra Batak Toba, yang tentu saja dirangkaikan dengan penelitian kepustakaan serta mencari data dan informasi dari berbagai sumber yang relevan dan aktual.

Majalah Bulanan DALIHAN NA TOLU edisi 127/Desember 2017

Kamus ini memuat beberapa himbauan terkait dengan keberadaan bahasa Batak Toba. “Mari… lestarikan bahasa Batak Toba, kalau bukan kita siapa lagi!!!” (Tapature-ture ma hata Batak Toba i, molo so hita ise be!!!). “Budayakan bahasa Batak Toba yang tepat dan benar” (Tapature-ture ma hata Batak Toba i, asa denggan jala tingkos). “Pergunakanlah bahasa Batak Toba sebagai alat komunikasi dengan baik dan benar” (Tabahen ma hata Batak Toba i gabe hata na raja jala tama). “Ajarkanlah bahasa Batak Toba kepada anak-anak kita” (Ajarhon ma hata Batak Toba i tu angka ianakhonta). “Bahasa Batak Toba adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan” (Hata Batak Toba na pinungka ni Ompunta Sijolo-jolo tubu naingkon do sipature-tureonta).

Kamus Bahasa ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan kerinduan masyarakat Batak Toba pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya untuk mengetahui lebih banyak perbendaharaan kosa kata bahasa Batak Toba sesuai arti, makna, nilai dan filosofinya, agar tidak terjadi salah pengertian dan salah tafsir.

Sehingga proses berkomunikasi menggunakan bahasa Batak Toba akan mudah, lancar, tepat dan benar. Percayalah, Kamus Bahasa ini layak dimiliki seluruh masyarakat Batak di mana pun berada. (Leonard)

Komentar (2)

2 Comments on “KAMUS BAHASA: BATAK TOBA-INDONESIA INDONESIA-BATAK TOBA”

  1. Yth Redaksi DNT,

    Tks pemberitaan adanya Kamus BATAK-Indonesia dan Indonesia-BATAK.
    Bagus adanya Kamus tsb, dgn adanya Kamus ini akan MEMBUKA
    Pintu&Jendela utk mengetahui sesuatu.
    Pengetahuan Reading, Mathematic dan Science sbg DASAR utk Maju.

    Tks&God Bless kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (2)

G+ Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel