Warga Desa Tambunan Lumbangaol: Serahkan Lahan Kepada Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk Dijadikan Daerah Kawasan Wisata

kawasan wisata

BALIGE, DNT News – Hasil kesepakatan seluruh warga dengan ikhlas dan tulus. Tanah ini kami serahkan kepada Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk dijadikan kawasan wisata. Kami harapkan penyerahan tanah lahan yang sudah mulai ditata warga dan pemerintah ini tidak diubah fungsinya.

Hal ini dikatakan Kepala Desa Edward Tambunan, ketika masyarakat Desa Tambunan Lumbangaol menyerahkan sebidang lahan berupa pantai pasir putih kepada Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk dikelola dan dikembangkan menjadi daerah pariwisata, Selasa 29 Agustus 2017, di Desa Tambunan Lumbangaol.

“Harapan kami para warga dan pemerintah desa, penyerahan lahan ini tidak diubah tujuannya sebagai tempat wisata,” katanya.

Penyerahan lahan itu dilakukan pada acara pengumuman penilaian lomba desa terbersih se-pinggiran Danau Toba meliputi 7 kabupaten yakni Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Samosir, Dairi, Simalungun, dan Karo. Dalam penilaian tersebut, Desa Tambunan Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, meraih Peringkat I.

Surat lahan diserahkan Edward Tambunan kepada Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian disaksikan Brigjen (Purn) TNI Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH (Wakil Gubernur Sumut), Ir Hulman Sitorus MM (Wakil Bupati Toba Samosir), Dr RE Nainggolan (Tokoh masyarakat), Sabaruddin Tambunan (Anggota DPRD Toba Samosir), dan lainnya.

Sabaruddin Tambunan mengatakan sebagai anggota DPRD sekaligus warga setempat, dia turut mendukung kemajuan daerah itu. Dia berharap masyarakat dapat mempertahankan kebersihan dan keramahan agar area itu disukai pengunjung. “Mari kita bahu-membahu menjadikan daerah ini menjadi daerah wisata yang berwibawa,” ujarnya.

Seusai serah terima, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pemberian nama pantai “Tambunan Sunset Beach oleh Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian. Dia menyambut baik dan menyetujui harapan warga. “Kami sampaikan jadilah warga yang mau menerima pembangunan dan juga sebagai pendukung otorita Danau Toba,” katanya. (Fantoro)

Majalah Bulanan DALIHAN NA TOLU edisi 124/September 2017 yang segera terbit. Mau berlangganan??? Hubungi kami.

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel