Keturunan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan: Gelar Syukuran Nasional 50 Tahun Tugu Sejak Diresmikan Tahun 1969

JAKARTA, DNT News – Suatu kesempatan tidak ternilai dan pengukur waktu yang harus disyukuri. Bukan semata-mata karena kekuatan atau kepintaran pikiran. Namun dengan mengandalkan kasih karunia dari Tuhan Yesus Kristus, para anggota punguan yang ada di bona pasogit dan perantauan selalu dalam penyertaan dan lindunganNya.

Atas dasar inilah Keturunan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan akan menggelar acara “Syukuran Nasional 50 Tahun Tugu Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan”, pada Jumat-Sabtu, 27-28 Desember 2019, di Lapangan Gedung Sekolah SD HKBP Pakpahan, Desa  Pakpahan, Kecamata Pangaribuan, Tapanuli Utara. Tugu ini diresmikan (dihorjahon) pada tahun 1969 silam.

Hal ini disampaikan Bendahara Punguan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan Se-Jabodetabek, Mantun S Pakpahan SE MM kepada dalihannatolunews.com, Sabtu 14 Desember 2019 siang, di Jakarta. Dia bersama para Penasihat, Robet Pakpahan SH (Ketua), Drs Timbul H Pakpahan (Wakil Ketua), Manahan Laut Pakpahan SE (Sekretaris), dan pengurus lainnya telah beberapa kali melakukan rapat persiapan dan penggalangan dana di Jakarta.

Dikatakannya, bulan sudah berganti, tahun sudah berganti, dan para generasi pun juga sudah berganti. Namun tidak semua dapat bergembira melaksanakan Syukuran Nasional 50 Tahun tugu tersebut bersama para pendiri yang telah memberikan hati dan pikiran untuk mendirikan persatuan (hasadaon) di tengah punguan.

Rapat persiapan penasihat dan pengurus Punguan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan Se-Jabodetabek, Jumat 18 Oktober 2019, di Green Terrace, TMII, Jakarta Timur
Rapat persiapan pengurus Punguan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan Se-Jabodetabek dihadiri Robet Pakpahan SH, Drs Timbul H Pakpahan, Manahan Laut Pakpahan SE, dan Mantun S Pakpahan SE MM, Selasa 29 Oktober 2019, di Lapo Codian, Cawang, Jakarta Timur
Rapat persiapan penasihat dan pengurus Punguan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan Se-Jabodetabek, Kamis 05 Desember 2019, di Lapo Codian, Cawang, Jakarta Timur

“Kitalah para keturunan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan yang ada saat ini dapat menikmati sukacita sebagai parbue ni tangan dari para orang tua terdahulu yang mengasihi kita di punguan ini,” katanya.

Mantun S Pakpahan SE MM yang juga Penasihat Majalah DALIHAN NA TOLU ini menyampaikan susunan kegiatan acara dimana pada hari pertama akan diadakan seminar tentang “Sejarah dan Tarombo Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan” dengan pembicara Jonson Pakpahan dan Parlin Pakpahan, penyempurnaan sejarah dan tarombo, pembahasan rencana pendirian “Yayasan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan”, dan Hiburan.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 151/Desember 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 151/Desember 2019

Sementara pada hari kedua akan dilakukan Kebaktian Ucapan Syukur, Meninjau Lokasi Tugu Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan, Makan Itak Gurgur, Pelantikan pengurus Punguan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan Nasional oleh Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Penasihat Punguan, Laporan Panitia, dan Hiburan.

Acara ini menelan biaya sebesar Rp 135.449.600,- dengan rencana pemasukan berasal dari penjualan kaos, penjualan buku tarombo, lelang Ulos berlogo 50 Tahun, pemasangan iklan, dan donator atau sumbangan tidak mengikat.



Seperti diketahui Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan memiliki 4 (empat) anak yakni Ompu Bait Silindung, Ompu Diharaja, Ompu Raja Moma, dan Ompu Martulingaji. Kegiatan ini  diperkirakan akan dihadiri ribuan keturunan Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Syukuran Nasional Ompu Datu Ronggur Diaji Pakpahan dipanitiai St Saut Pakpahan ST MM (Ketua Umum), SP Pakpahan (Ketua I), Maradong Pakpahan (Ketua II), Holong Pakpahan (Ketua III), Herbin Pakpahan (Ketua IV), Paskana Pakpahan (Ketua V), Better Pakpahan (Ketua VI), Saut PA Pakpahan (Sekretaris Umum), Esron Pakpahan (Sekretaris), dan St I Sihombing (Bendahara). Mereka dibantu beberapa Koordinator dan Seksi. (MAR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel