Komite Danau Toba: Menerima Kunjungan Audiensi Pengurus Horas Bangso Batak dari Sumatera Utara

JAKARTA, DNT News – Kami sangat mengapresiasi kepedulian Komite Danau Toba membangun Bona Pasogit dan mempercepat wisata Danau Toba menjadi wisata dunia di era Presiden Jokowi. Kami bangga dengan komite ini yang akan mengadakan Seminar Nasional bertema “Danau Toba: Zona Wisata Dunia”.

Hal ini dikatakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Horas Bangso Batak (DPP-HBB) Lamsiang Sitompul SH MH ketika berkunjung dan ber-audiensi dengan Komite Danau Toba beberapa hari lalu di kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jln Mayjen Sutoyo No 2, Cawang, Jakarta Timur.

Dalam rombongan HBB itu hadir Sekretaris Jenderal Luhut Situmorang SH, Bendahara DPC Pematangsiantar Oktaviany Sianipar, Ketua DPC Humbang Hasunsutan Jamilin Purba, dan lainnya. “Kami bangga dengan Komite Danau Toba yang akan menggelar Seminar Nasional di Gedung Nusantara DPD-RI Senayan Jakarta dengan mengundang menteri terkait, Gubernur Sumatera Utara, para Bupati se-kawasan Danau Toba untuk menindaklanjuti kunker Presiden Jokowi ke kawasan Danau Toba akhir Juli 2019 lalu,” katanya.

Kedatangan pengurus HBB dari Medan ini disambut baik Ketua Umum Komite Danau Toba Edison Manurung SH MM bersama Sekretaris Jenderal Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM, Bendahara Umum Marthin Hutabarat SE MM, dan Pembina Darsono Manurung. Dalam pertemuan itu hadir juga Steering Committee seminar yakni Ketua Prof Dr Gimbal Doloksaribu, Wakil Ketua Hulman Panjaitan SH MH, Sekretaris Dr Wilson Rajagukguk MSi MA Ministry, dan anggota Omas Bulan Samosir PhD, L Elly AM Pandiangan SH MH, Poltak Siringoringo SH MH, dan lainnya.

Dari ka-ki: Ketua Umum DPP HBB Lamsiung Sitompul SH MH, Sekretaris Jenderal Luhut Situmorang SH, Bendahara DPC Pematangsiantar Oktaviany Sianipar, dan Ketua DPC Humbang Hasundutan Jamilin Purba
Para pengurus Komite Danau Toba dengan Ketum Edison Manurung SH MM, panitia Seminar Nasional dengan Ketua Prof Dr Gimbal Doloksaribu, dan Horas Bangso Batak dengan Ketum Lamsiang Sitompul SH MH

Dalam pertemuan itu Komite Danau Toba dan HBB membahas keberadaan KJA (keramba jaring apung) di kawasan Danau Toba. Edison Manurung SH MM mengatakan sepakat agar pemerintah segera menutup semua perusahaan yang terindikasi merusak lingkungan Danau Toba.

“Kami mengharapkan hasil rekomondasi Seminar Nasional yang akan digelar Komite Danau Toba jadi salah satu acuan untuk mengevaluasi perusahaan yang mengganggu keindahan dan kebersihan Danau Toba,” katanya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 147/Agustus 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 147/Agustus 2019

Untuk itu dia mengharapkan kepada seluruh pengurus punguan marga Batak yang ada di kawasan Danau Toba agar menyuarakan hal ini ke anggota masing-masing. Demikian juga gereja kepada jemaatnya, tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh masyarakat yang ada di kawasan Danau Toba dan di seluruh dunia.

“Danau Toba itu adalah milik kita bersama yang wajib dilestarikan keindahan dan kebersihannya. Maka kita semua harus merespon dengan kepedulian agar terwujud program pemerintahan Presiden Jokowi sebagai momen memakmurkan masyarakat di sekitar Danau Toba,” serunya.


“Kita semua para pejuang Danau Toba, sementara yang menikmati hasilnya nanti adalah anak dan cucu kita para generasi penerus anak bangsa. Karena toh juga kita akan meninggal kelak. Jadi pada waktu hidup ini, marilah kita berkarya berbuat yang terbaik untuk kepentingan kampung halaman masing-masing,” sambungnya.

Pada saat kunjungan Presiden Jokowi selama tiga hari ke kawasan Danau Toba terlihat sambutan masyarakat yang sungguh luar biasa penuh pengharapan. “Kita harapkan di era Presiden Jokowi ini dapat semuanya terwujud. Kami juga mengajak kepada seluruh pihak yang peduli Danau Toba untuk bergandengan tangan membangun Bona Pasogit bersama pemerintahan Presiden Jokowi,” pungkasnya. (YAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel