Korps Ulubalang Garda Wisata Danau Toba: Melakukan Aksi Peduli Pemeliharaan Kebersihan di Pinggiran Danau Toba

BALIGE, DNT News – Menjaga kebersihan, kerapian, dan keindahan sebuah pantai harus dilakukan secara berkala dengan melakukan gotong royong. Sehingga pantai yang menjadi tempat destinasi liburan itu, tidak saja menawarkan panorama yang indah tetapi juga value.

Hal inilah yang dilakukan Korps Ulubalang Garda Wisata Danau Toba Wilayah Kecamatan Balige, Selasa 29 Mei 2018, dengan melakukan aksi peduli pemeliharaan kebersihan di pinggiran Danau Toba (lokasi wisata).

Aksi peduli tersebut dilakukan berupa gotong royong pembersihan dan perapian Pantai Bulbul 2, Desa Sibolahotang, Kecamatan Balige, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara.

Kegiatan itu berlangsung di bawah Nikson Tambunan (Komando) dan John Erik Munthe (Wakil Komando). Mereka didampingi Marimbun Marpaung (Wakil Panglima Komando Operasi) dan Andi Yahputra Sihombing (Wakil Panglima Pasukan Khusus).

Korps Ulubalang Garda Wisata Danau Toba Wilayah Kecamatan Balige melakukan aksi peduli pemeliharaan kebersihan di pinggiran Danau Toba

Aksi peduli yang dilakukan secara mandiri tanpa melibatkan masyarakat dan pihak lain ini bertujuan untuk memberikan teladan dalam menanamkan pemahaman sadar wisata kepada masyarakat dan terlebih kesadaran kepada Pemkab agar lebih sungguh-sungguh memperhatikan kondisi pantai yang kurang bersih dan rapi.

Menurut mereka bahwa pembangunan fisik maupun infrastruktur lainnya akan percuma jika kondisi lingkungan pantai tidak tertata dengan baik.

Korps Ulubalang Garda Wisata Danau Toba Wilayah Kecamatan Balige melakukan gotong royong pembersihan dan perapian Pantai Bulbul 2

Seperti dikatakan Panglima Utama Korps Ulubalang Garda Wisata Danau Toba, Santho Aldrin Silalahi SSos, kepada dalihannatolunews.com, Korps Ulubalang memiliki visi dan misi.

VISI: Menjadikan komunitas Ulubalang sebagai mitra pengamanan swakarsa yang mampu berkontribusi membantu tugas pihak kepolisian sebagai institusi keamanan serta menjadi komunitas penjaga keamanan dan ketenteraman yang mumpuni, disegani, ditakuti oleh para pelaku kejahatan dan para pengganggu ketenteraman masyarakat, terlebih pengganggu kenyamanan semua wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

MISI: Membantu Badan Otorita Danau Toba di dalam menciptakan suasana aman dan tenteram di seluruh kawasan Danau Toba, agar para wisatawan merasa nyaman dan betah berlibur di Danau Toba, serta membantu masyarakat, para calon investor, dan pengusaha yang sudah berinvestasi di dalam menjalankan usaha di bidang kepariwisataan dengan aman dan tenteram di seluruh kawasan Danau Toba.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 133/Jui 2018
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 133/Juni 2018

Korps Ulubalang yang memiliki motto: “Santun, Beradat, Berani, Tegas, dan Berwibawa” dan take line: “Making Toba Like In Paradise” (Membuat Danau Toba seperti di Surga) ini memiliki maksud dan tujuan.

Pertama, mewadahi anggota masyarakat yang memiki keberanian, kemampuan beladiri, dan memiliki keterpanggilan jiwa untuk memelihara keamanan dan ketenteraman di kawasan Danau Toba.


Kedua, Membantu pihak kepolisian sebagai otoritas keamanan di dalam menciptakan situasi kamtibnas yang kondusif terutama di titik-titik lokasi favorit wisatawan di seluruh kawasan Danau Toba.

Ketiga, Membantu mensukseskan semua program pemerintah untuk menjadikan Danau Toba menjadi destinasi wisata bertaraf internasional. (Fantoro)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel