Lomba Cipta Lagu Batak HKBP: Dalam Rangka Menyambut Orientasi Pendidikan dan Pemberdayaan Untuk Menghasilkan Lagu Berkarakter Kristiani

JAKARTA, DNT News – Lomba Cipta Lagu Batak HKBP berhadiah ratusan juta rupiah akan digelar di Jakarta. Babak semi final digelar, Jumat 03 Nopember 2017, di Sopo Marpingkir. Sementara Babak Final digelar, Jumat 17 November 2017, di The Rizt Carlton.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Orientasi Pendidikan dan Pemberdayaan ini mengambil tema “Holong Mar-Tuhan/Marhuria, Holong Marnatuatua, Holong Mariananghon, Holong Marhahamaranggi, Holong Mardongan Jolma, Holong di Habatakhon“.

Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing ketika melantik panitia beberapa waktu lalu mengatakan, musik lagu baik berupa intonasi, ritme, melodi, dan syair bisa membangun karakter. “Oleh karena itu, tidak heran jika penyanyi sekaligus pencipta lagu acapkali disebut pengkotbah yang bisa mengubah karakter manusia melalui lagu-lagu ciptaannya,” katanya.

Namun dia menyayangkan masih banyak syair lagu terlebih khusus lagu Batak yang justru tidak membangun karakter. “Padahal syair lagu itu sangat menentukan dalam membangun karakter. Begitu syair lagu diciptakan dan dinyanyikan maka syair itu menjadi milik publik, bukan si pencipta lagu itu lagi,” ujarnya.

Ketua Umum Panitia Lomba Cipta Lagu Batak HKBP, Sukur H Nababan ST mengatakan, ide lomba ini merupakan hasil bincang-bincang dirinya dengan Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing dalam sebuah pertemuan. Kala itu dia menyampaikan terkadang penyanyi lebih jago mengubah karakter manusia melalui lagu-lagu ciptaannya. “Melalui perbincangan dengan Ephorus, muncullah inspirasi untuk membuat Lomba Cipta Lagu Batak dimana HKBP sebagai penyelenggara,” katanya.

Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan HKBP ini berharap, melalui lomba yang diadakan pada Tahun Pendidikan dan Pemberdayaan HKBP ini bisa dihasilkan lagu-lagu yang mengandung poda positif bagi semua orang Batak terlebih khusus bagi warga HKBP.

Lomba ini bebas diikuti oleh pencipta lagu dari segala daerah dan umur serta berstatus WNI. Semua syair lagu harus menggunakan bahasa Batak. Tidak boleh dicampur bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Peserta lomba hanya bisa menyerahkan maksimal tiga lagu serta dapat mengirimkan hasil karya dalam bentuk CD, Flash Disk, WhatsApp, maupun E-mail. Penerimaan materi lagu dimulai tanggal 24 Juli 2017 sampai dengan 30 September 2017.

Sekretariat panitia berada di Crown Palace, Jln Supomo Blok A7-8 Tebet, Jakarta Selatan. Telp: 021-28542857, HP: 081283117901, e-mal artissilangitlclbhkbp@yahoo.com. (Leonard)

Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 124/September 2017

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel