Majalah DALIHAN NA TOLU edisi 130/Maret 2018: Memuat Berbagai Berita Tekait Kegiatan Masyarakat Batak

JAKARTA, DNT News – Majalah DALIHAN NA TOLU edisi 130/Maret 2018 segera terbit. Media yang terbit bulanan ini akan menemui pembaca yang budiman dengan berbagai berita terkait kegiatan masyarakat Batak di berbagai daerah di Indonesia.

Hal ini dikatakan Pemimpin Redaksi Majalah DALIHAN NA TOLU, Hita’an Leonard Junior, Jumat 23 Februari 2018, di Jakarta. “Untuk edisi terbaru ini, kita memuat berbagai berita aktivitas masyarakat Batak seperti bona taon, peresmian tugu, kegiatan seminar, dan lainnya di beberapa daerah di Indonesia,” katanya.

Dalam laporan utama, pembaca disapa dengan berita Pesta Bona Taon Punguan Raja Pasaribu Se-Kota Jambi, perbedaan itu indah jika disatukan “Banyak Anggota Tapi Satu Tubuh” tingkatkan kepekaan dan kepedulian sosial terhadap sesama dengan Ketua Panitia Robert Pasaribu AMd yang digelar di Gedung “Asi Ni Roha”, Jln Bruri Mansyur No 25, Paal Lima, Kota Baru, Kota Jambi.

Dalam laporan khusus, disajikan peresmian Tugu Paromasan Ompu Marjobu Situngkir dengan Panitia Pelaksana Drs Martua Situngkir Ak (Ketua), Drs Apul Situngkir MSi (Sekretaris), Ompu Novlin Simarmata (Bendahara), Drs Luhut Situngkir (Seksi Adat), Dra Rosnauli Simanihuruk MTh (Seksi Kerohanian) yang digelar di Desa Huta Bolon, Parbaba, Kecamatan Pangururan, Samosir, Sumatera Utara.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 130/Maret 2018

“Sekaitan dengan itu, kami tampilkan pemikiran Dr Sumihar Petrus Tambunan SE Ak MA yang mengatakan Tugu Paromasan Ompu Marjobu Situngkir memiliki daya tarik wisatawan ke Danau Toba,” katanya.

Pada edisi ini disajikan Sinergi Pemerintah, Gereja dan Komunitas terkait pengembangan pariwisata dan pertanian di kawasan Danau Toba yang diprakarsai KPPS HKBP dan H3 dengan menghadirkan pembicara Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PPN/Bappenas Prof Dr Bambang Brojonegoro MA SE, dan Menteri Pertanian Dr Ir Amran Sulaiman.

Ada lagi berita Forum Dialog Budaya Dalihan Natolu untuk menyederhanakan adat budaya masyarakat Batak agar sesuai esensi yang digelar di Universitas Mpu Tantular Jakarta dengan pembicara Prof Dr Payaman J Simanjuntak (Ketum Partukkoan Dalihan Natolu), Dr HP Panggabean SH MS (Ketum Kerukunan Masyarakat Batak), R Hutagalung (PLD VIII HKBP DKI Jakarta), dan Drs Togarma Naibaho MPd (Budayawan Batak).

“Sekaitan dengan itu, kami sajikan juga pemikiran Dr Joonner Rambe SE MM Gelar Ompu Sri Paduka Daulat Raja Agung Panuturi Hasadaon yang mengatakan adat merupakan agama orang Batak pada zaman dahulu kala,” ujarnya.

Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 130/Maret 2018

Hita’an Leonard Junior juga menguraikan berbagai berita lainnya. Launching Paskah Nasional. Drs Nikson Nababan MSi terkait pendirian UNITAR. Penetapan nomor urut Pilkada di Sumut. Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing surat penggembalaan suara dan sikap HKBP terkait Pilkada. Ir Sanggam Hutapea MM, Pilkada Sumut harus pemersatu multi-etnis hidup rukun dan damai. Punguan Borsak Mangatasi Nababan Medan memberangkatkan Djarot-Sihar. Pelantikan Dr Hinca Panjaitan SH MH menjadi PAW anggota DPR-RI. JS Simatupang SH MH, kepengurusan Partai Golkar harus dirombak.

“Masih banyak berita lainnya seperti tulisan kolom rohani Pdt Dr Luhut P Hutajulu MTh, cerpen Rosdiana Hutapea SPd, pesan etos Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, resensi buku Prof Dr PTD Sihombing MSc SPd, dan lainnya. Nantikanlah Majalah DALIHAN NA TOLU edisi 130/Maret 2018 yang akan terbit, Kamis 01 Maret 2018. Semoga dapat menyenangkan hati para pembaca. Salam sukses dan Tuhan Yesus memberkati,” pungkasnya. (HT)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel