Majalah DALIHAN NA TOLU Edisi 151/Desember 2019: Menyajikan Berita Kegiatan Komunitas, Warisan Budaya, Pariwisata, Wisatawan, Pendidikan, Rohani, Bona Pasogit, dan Lainnya

JAKARTA, DNT News – Majalah DALIHAN NA TOLU edisi 151/Desember 2019 sudah memasuki proses pencetakan. Media yang terbit 60 halaman secara bulanan ini bakal menemui pembaca dengan berbagai berita kegiatan komunitas, warisan budaya, pariwisata, wisatawan, pendidikan, rohani, bona pasogit, dan lainnya.

Hal ini dikatakan Pemimpin Redaksi Majalah DALIHAN NA TOLU, Hita’an Leonard Junior, Jumat 22 November 2019 malam, di Jakarta. “Untuk edisi bulan Desember 2019 mendatang, kami menyajikan berita tentang Ulos Fest dan seminar nasional, ulos di balik pesona Danau Toba, pariwisata, wisatawan asing, pendidikan, rohani, bona pasogit, dan lainnya.

Untuk laporan utama, pembaca disapa dengan BATAK CENTER dengan Ketua Umum Ir Sintong M Tampubolon dan Sekjen Drs Jerry R Sirait menggelar ULOS FEST 2019 dan SEMINAR NASIONAL “Mengantar Ulos Sebagai Warisan Dunia” Ulos sebagai UNESCO World Intangible Cultural Heritage dengan Ketua Panitia Jhohannes Marbun SS MA, Selasa-Minggu 12-17 November 2019, di Museum Nasional Indonesia, Jln Medan Merdeka Barat No 12, Jakarta Pusat.

“Sekaitan dengan itu, kami sajikan Ulos di balik pesona Danau Toba. Di balik warna dan gambar yang tercipta pada Ulos, tersimpan makna dan filosofi kehidupan. Secara umum terdapat 16 jenis Ulos yang meski terlihat sama tapi semua ‘perkawinan’ benangnya menyimpan simbol luar biasa yakni simbol kehidupan mulai kelahiran hingga kematian,” katanya.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 151/Desember 2019
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 151/Desember 2019

Pada laporan khusus, tersaji berita Rapat Pendeta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dengan tema “Aku Mendoakanmu agar Imanmu Tidak Jatuh (Lukas 22:32) yang menyuarakan tujuh pesan penting bagi seluruh pelayan dan jemaat. Pendeta menjadi motor menyikapi perkembangan Revolusi Industri 4.0.

“Kami juga menyajikan berita Komite Danau Toba dengan Ketua Umum Edison Manurung SH MM mengajukan tiga permintaan krusial membangun Danau Toba. KLHK mengapresiasi dan menilai sebagai ide brilian yang diharapkan segera direalisasikan mengingat program Presiden Jokowi untuk membangun Danau Toba menjadi destinasi wisata mendunia,” ujarnya.



Pada edisi ini terdapat berita Kaneson Panielselvam, Wisatawan Malaysia yang mengatakan Danau Toba menyuguhkan panorama alam indah nan eksotis. Dia datang berwisata ke Kawasan Danau Toba selama 6 hari Kamis-Selasa 24-29 Oktober 2019 bersama istri Meera Kumar serta kedua anaknya Narmatha Kaneson dan Abhishek Kaneson.

Hita’an Leonard Junior juga menyampaikan berbagai berita lainnya. Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing melantik Pdt Dr Hulman Sinaga menjadi Ketua STT HKBP Pematangsiantar. Festival Solo Lagu Karo Antar Pelajar memeriahkan Hari Sumpah Pemuda. Irjen Pol (Purn) Drs M Wagner Damanik MAP siap maju menjadi calon Bupati Simalungun lewat jalur independen. Kecamatan Sipahutar temu pisah jabatan Kapolsek.


Pada edisi ini pun tersaji tulisan rohani Pdt Dr Luhut P Hutajulu MTh “Apa Arti dan Makna Mengenang Mereka Yang Meninggal?”. Cerpen karya Rosdiana Hutapea SPd “Pertemuan dan Perpisahan”. Pesan etos Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM “Pekerjaanmu Rahmat Bagimu Tenangkanlah Jiwamu Dalam Bekerja”. Tulisan Drs Jerry R Sirait “Mengantar Ulos Sebagai Warisan Budaya Bangsa: Perjalanan Panjang dan Beban Berat”.

“Nantikanlah Majalah DALIHAN NA TOLU edisi 151/Desember 2019 yang akan terbit Minggu 01 Desember 2019. Semoga dapat menyenangkan hati para pembaca sekalian. Bagi yang ingin berlangganan hubungi kami segera. Kasih Tuhan selalu menyertai kita. Selamat Menyongsong Natal 2019. Salam sukses dan terima kasih,” pungkasnya. (HTN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel