Mentoring Kick Off/Workshop & 5th Project Meeting di Universitas Andalas: Perserta dari Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Mendapat Apresiasi dari Mentor

PADANG, DNT News – Ini adalah sebuah event besar dan luar biasa karena menghadirkan para narasumber dari beberapa kampus Uni Eropa. Banyak ide, ilmu, dan wawasan yang bisa diserap para peserta dari pemaparannya. Semoga dengan mengikuti kegiatan ini seluruh peserta dapat meningkatkan minat untuk menjadi pelaku sosial bisnis yang mampu mendukung pendapatan masyarakat dan memperluas jaringan kerjasama internasional.

Hal ini dikatakan Project Manajer INSPIRE-USU dan Koordinator INSPIRE di Indonesia, Dr Esther Sorta Mauli Nababan kepada seluruh peserta event Workshop Business Plan Social Entreprise dari Erasmus+INSPIRE pada “Mentoring Kick  Off/Workshop & 5th Project Meeting” yang digelar Selasa-Kamis 19-21 November 2019, di Ruang Seminar Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (UNAND) Padang. Hadir Tim Pemenang seleksi Sosial Enterprise Businiess Plan Competition KUI USU.

Sebanyak 56 peserta yang ikut pada kegiatan ini. TIM USU 1: Muthia Rachma Afifah dan Novika Zuya dengan topik “Dot Keren” (Donat Karakter Isi Duren). TIM USU 2: Ita Fitriyani Lubis, Astuti Lubis, dan Rico Kumala dengan proposal “Organic Liquid Fertilizer”. TIM USU 3: M Rafli Maharaja dengan proposal “Brick Layer” (Shange Plastic Waste as an Alternative). TIM UMI 1: Stenardi dan Jowel Fernando dengan proposal “MPAH (Aplikasi Jemput Sampah Jadi Manfaat”). TIM UMI 2: Ovi Sitepu, Marcelina Panjaitan, Lala Monica Silalahi, dan Putri YE Simatupang dengan proposal “Bank Sampah and Bio Activator”.

TIM POLMED: Asri Silvia Sari, Dhana Amanda, Isa Kristina Situmorang, Dos Lasria Siagian, dan Hedona Tampubolon dengan proposal “Digital MICE Tourism”. TIM UNITA: Jenny Putri Sion Nainggolan dan Rosa Delima Siahaan dengan proposal “Creative Household Needs From Left Over Cloth and Patchwork” (Kreativitas rumah tangga yang terbuat dari kain sisa jahitan/kain perca). Peserta lain dari Universitas Andalas, Universitas Parahyangan, Universitas Pajajaran, Universitas Udayana, dan Bali Tangi.

Dr Esther Sorta Mauli Nababan sebagai Project Manajer INSPIRE-USU dan Koordinator Nasional INSPIRE (ketiga dari kiri-bawah) bersama Komisi Eropa pada “Mentoring Kick Off/Workshop & 5th Project Meeting” di FE-UNAND Padang
Dosen pendamping dan peserta dari UNITA Tapanuli Utara (ki-ka) Joan Berlin Damanik SSi MM, peserta Rosa Delima Siahaan dan Jenni Putri Sion Nainggolan, Rosalinda Sitompul SE MM serta Leonard Sinaga SE MM
Aditya ST sebagai Mentor Tim INSPIRE-USU menyampaikan paparan pada peserta Mentoring Kick Off/Workshop & 5th Project Meeting di Aula Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang

Komisi Eropa memberikan arahan bagi setiap tim untuk dapat mengembangkan ide bisnisnya agar berdampak bagi lingkungan dan masyarakat. Setiap tim akan memiliki mentor yang telah sukses menjadi seorang enterpreneur. Mentor tersebut akan memberikan masukan dan arahan yang berguna untuk menjalankan ide bisnis peserta.

Feedback selama Mentoring Kick Off/Workshop & 5th Project Meeting bahwa setiap peserta mendapatkan masukan yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan ide bisnisnya. Prospek selanjutnya, setiap tim diharapkan untuk merealisasikan ide bisnis dan pelatihan berikutnya akan diadakan di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung pada tahun 2020.

Aditya ST sebagai mentor yang mendampingi peserta dari Sumut juga mendapat kesempatan untuk berbagi di atas panggung workshop kepada para peserta yang hadir dari 4 kota besar di Indonesia yakni dari Medan, Padang, Bandung, dan Bali tentang pengalaman bisnis yang telah dijalaninya selama 18 tahun. Peserta terinspirasi, bersemangat, dan antusias mengikutinya.

“Begitupun team dari UNITA Tapanuli Utara. Saya apresiasi. Mereka sangat bersemangat. Bahkan ketika saya minta untuk berdialog sambil mengenalkan produk bisnis sosialnya kepada para narasumber dari Uni Eropa, mereka berani menerima tantangan. Semoga semua team dari Sumut mendapatkan banyak ilmu bagus dan bermanfaat yang bisa diterapkan dalam bisnis sosial yang mereka rintis,” katanya.


Sementara Dekan FE-UNITA Joan Berlin Damanik SSi MM mengucapkan terima kasih kepada Tim INSPIRE-USU yang telah membuka kesempatan bagi PTS untuk mengikuti kegiatan itu. Dia meyakini bila kegiatan seperti itu dilakukan secara berkala akan mampu memunculkan pengusaha muda berjiwa sosial yang memiliki wawasan link secara internasional dan mendukung perekonomian masyarakat. “Secara khusus mahasiswa UNITA akan termotivasi membuka usaha kreatif yang berbasis sosial-bisnis,” katanya.

Pada kegiatan itu terlihat hadir mentoring dari komisi Eropa yakni Lisa Mahajan (FH Joanneum University of Applied Sciences), Maria Urbaniec (Krakow University of Economics), Agnez Zur (Krakow University of Economics), dan Victor Climent (University of Alicante). Dari Tim Pemenang INSPIRE-USU hadir Dr Safrizal Helmi Situmorang, Drs Agus Salim Harahap MSc, Yasmin Chairunisa SP MBA, Rosalinda Sitompul SE MM, dan Leonard Sinaga SE MM. (FAN)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel