Mr. Spirit Saut Sitompul, M.Si., CEM: Jadilah Reporter yang Berhikmat dengan Mendekatkan Diri pada Tuhan

JAKARTA, DNT News – Siapa kita? Profesional yang memiliki 3M: Mau (karakter mulia); Mampu (kompetensi unggul); dan Mengabdi (kontribusi tinggi). Semangat! Semangaat! Semangaaat! Sehat dan tangguh. Apa kabar? Dahsyat, Luar biasa. Yes, Yes, Yes… Boom.

Hal ini diserukan Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM, Ethos Master dan Motivator Nasional, sebagai pesan etos terkait menjadi reporter yang berhikmat dengan mendekatkan diri pada Tuhan. “Setiap postingan yang Anda sampaikan kepada pihak mana pun akan bisa membangkitkan kepercayaan namun bisa juga melemahkan semangat yang membaca,” katanya.

Diuraikannya, ada 3 (tiga) tipe reporter medsos dan online:
Pertama, Penulis di Bawah Standar dimana dia menulis berita yang tidak benar secara nyata (hoax). Sifat orang ini tak peduli dampak tulisannya terhadap yang membaca.

Kedua, Penulis Standar dimana dia menyampaikan berita bersumber dari data sekunder alias katanya. Apa yang ditulis orang lain, hal itu diteruskan tanpa meneliti kebenaran objek tulisannya. Dia pun tak sampai pada nilai moral, artinya tak dipikirkan dampak negatifnya bagi pembaca.

Cover Depan Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 156/Juli 2020
Cover Belakang Majalah DALIHAN NA TOLU
Edisi 156/Juli 2020

Ketiga, Penulis Plus dimana dia menulis berita tidak sembarangan menyampaikan postingannya melalui medsos. Suatu peristiwa yang terjadi, akan dia gunakan kecerdasan rohaninya dalam menimbang pemberitaan yang akan disampaikan.

“Jika postingan itu dapat meningkatkan kepercayaan (optimisme) para pembaca, silahkan diteruskan. Sebaliknya jika postingan itu malah menambah ketakutan para pembaca, lebih baik diurungkan sekalipun faktanya benar. Setiap tulisan yang disampaikan, secara moral dipertanggung jawabkan kepada masyarakat dan secara spiritual dipertanggung jawabkan kepada Tuhan,” ujarnya.

Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM yang merupakan Ketua Dewan Pendiri “International Motivator Association Indonesia” (IMAS) ini menyampaikan agar jadilah penulis atau penyebar berita yang membangkitkan iman dan semangat para pembaca. Hendaklah menahan diri meneruskan postingan yang menambah kekhawatiran orang lain.


“Manfaat pertama yang diperoleh ketika menulis berita yang membangkitkan semangat adalah Anda sebagai penulis terlatih memiliki sikap mental positif dan pembaca tercerahkan dengan mendapat penguatan mental semangat,” tegasnya.

Untuk itu Mr Spirit Saut Sitompul MSi CEM yang merupakan Pendiri dan Ketua “Arete Event Organizer” ini mengajak agar jadilah reporter yang berhikmat dengan semakin mendekatkan diri pada Tuhan serta tetap taat mengikuti petunjuk pemerintah dan institusi yang berkompeten dalam menghadapi masalah kekinian.

“Selamat menjalani hidup ini dengan menjadi reporter yang berhikmat dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Selamat menyambut bulan Juli 2020 dengan SOS (Semangat, Optimis, dan Sukacita). Salam Etos: BHB (Bigger, Higher, Better) Semakin Besar, Semakin Tinggi, dan Semakin Baik,” pungkasnya. (MAR)

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments (0)

Disqus Comments (0)

Specify a Disqus shortname at Social Comments options page in admin panel